Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Earnings Call: C3.ai Masih Membukukan Laba Negatif
shareIcon

Earnings Call: C3.ai Masih Membukukan Laba Negatif

30 May 2024, 8:40 AM·Waktu baca: 2 menit
shareIcon
Kategori
Earnings Call: C3.ai Masih Membukukan Laba Negatif

C3.ai (AI) baru saja merilis laba dan pendapatannya di kuartal IV 2024 (April 2024). Lantas, seperti apa hasilnya? Simak selengkapnya di bawah ini!

C3.ai (AI) adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada pengembangan solusi kecerdasan buatan (AI) untuk berbagai industri. Adapun solusi ini disediakan dalam bentuk platform yang memanfaatkan analisis data, machine learning, dan elemen-elemen kecerdasan buatan lainnya untuk membantu pelaku bisnis membuat keputusan yang lebih cerdas dan efisien.

Kinerja Keuangan C3.ai (AI) 

Pada kuartal 4 tahun 2024, C3.ai (AI) berhasil membukukan pendapatan sebesar US$86,6 juta (+19,6%% YoY) atau lebih tinggi 2,6% dibandingkan ekspektasi analis yang berada di level US$84,4 miliar. Perusahaan berhasil membukukan revenue growth tertingginya selama 4 kuartal terakhir. Selanjutnya, perusahaan juga membukukan EPS yang lebih tinggi 63,7% dibandingkan ekspektasi analis, walaupun posisinya masih dalam batas rugi, yakni sebesar US$-0,11. 

Dengan keluarnya laporan keuangan kuartal 4 2024, resmi membuat C3.ai membukukan pendapatan full year sebesar US$310,6 juta atau mengalami pertumbuhan sebesar 16,4% YoY. Pendapatan perusahaan ditopang oleh segmen subscription sebesar US$278,1 juta dan segmen professional services sebesar US$32,5 juta. 

Kemudian dari sisi laba kotor mengalami kontraksi margin dari 67,6% di tahun 2023 menjadi 57,5% di tahun 2024. Secara keseluruhan, perusahaan memiliki operating expenses yang cukup besar, terutama untuk R&D yang memakan 64,8% dari total keseluruhan pendapatan C3.ai. Hal ini membuat C3.ai masih memiliki EBITDA dan net profit yang negatif.  

Proyeksi Masa Depan

Untuk setahun penuh fiskal 2025, AI diproyeksikan akan memiliki pendapatan full year sebesar US$380,4 juta atau dengan pertumbuhan 22,5% YoY dengan EPS sebesar -US$0,45 (masih memiliki kinerja laba negatif). 

Selanjutnya, kedepannya pendapatan AI juga masih akan ditopang oleh segmen subscription dengan mengandalkan akses ke platform analisis data, alat kecerdasan buatan, dan layanan terkait yang membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih cerdas. Hal ini juga sejalan dengan cerahnya masa dengan industri AI, yang membuat perusahaan akan menerima banyak dampak positif kedepannya.

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Marcella Kusuma

Right baner

Marcella Kusuma

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
earning_call
Pendapatan Naik Hampir 11%, Perusahaan Aplikasi AI Generatif C3.ai Lampaui Estimasi Analis
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1