Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Kabar Sepekan: Elon Musk Kuasai Twitter, Ekonomi AS & China Tampil 'Better'
shareIcon

Kabar Sepekan: Elon Musk Kuasai Twitter, Ekonomi AS & China Tampil 'Better'

28 Oct 2022, 9:06 AM·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
Kategori
Kabar Sepekan: Elon Musk Kuasai Twitter, Ekonomi AS & China Tampil 'Better'

Selamat akhir pekan, Sobat Cuan! Elon Musk dikabarkan sudah menguasai Twitter, sementara ekonomi AS & China tampil gemilang di triwulan lalu. Berita tersebut, plus kabar ekonomi paling hits lainnya, dapat kamu temukan di Kabar Sepekan berikut!

Kabar Internasional Sepekan

1. Ekonomi China Tumbuh 3,9% di Kuartal III

Biro Statistik China pada Senin (24/10) akhirnya mengumumkan pertumbuhan ekonomi tahunan China sebesar 3,9% di kuartal III, jauh lebih baik dari 0,4% di triwulan sebelumnya.

Pertumbuhan ini terjadi setelah negara tirai bambu itu mengalami pertumbuhan investasi di sektor infrastruktur. Sayangnya, di waktu yang sama, laju pertumbuhan ekonomi China tertahan oleh pelemahan penjualan ritel dan kenaikan tingkat pengangguran.

2. Elon Musk Resmi Miliki Twitter di Akhir Oktober?

Konglomerat sekaligus punggawa Tesla, Elon Musk, dikabarkan telah resmi merampungkan akuisisi Twitter senilai US$44 miliar pada Kamis (27/10). Setelah peristiwa itu berlangsung, Musk diduga langsung memecat jajaran direksi Twitter dan berencana akan menghidupkan lagi akun mantan Presiden AS, Donald Trump, yang sempat dibekukan awal 2021 lalu.

Rencana Musk ini sebenarnya sudah terendus sejak awal pekan. Dalam sebuah video konferensi bersama konsorsium bank yang dipimpin Morgan Stanley pada Senin (24/10), Musk sempat berujar ingin merampungkan transaksi Twitter paling lambat Jumat (28/10).

3. Ekonomi AS Terbang 2,6% di Triwulan III. Gak Jadi Resesi?

AS mencetak pertumbuhan ekonomi 2,6% secara tahunan sepanjang kuartal III 2022. Ternyata, angka tersebut lebih baik dari ekspektasi 2,4% dan terbang dari capaian kuartal II sebesar -0,6%.

Kinclongnya pertumbuhan ekonomi AS ditopang oleh konsumsi masyarakat yang bertumbuh 1,4% di periode yang sama. Di samping itu, pengeluaran pemerintah juga ikut menyokong prestasi ekonomi tersebut.

Baca Juga: Kabar Sepekan: RI Surplus Dagang 29 Bulan, China Lagi Doyan 'Kucing-Kucingan'

Kabar Kripto Sepekan

1. Elon Musk Resmi Kuasai Twitter, DOGE Loncat 26% Sepekan

Nilai Dogecoin (DOGE) tiba-tiba lompat lebih dari 26% pada pekan ini. Diduga, penyebabnya adalah kabar mengenai Elon Musk yang akan merampungkan pembelian Twitter pada akhir Oktober.

Selama ini, Musk dikenal sebagai fans berat koin berlogo anjing tersebut. Tak heran jika kemudian kabar tersebut membuat fans DOGE ikut antusias.

2. Coinbase 'Jaga' Dana MakerDAO Senilai US$1,6 Miliar

Platform exchange Coinbase akan menjadi lembaga kustodian bagi dana milik MakerDAO sebesar US$1,6 miliar dalam bentuk USDC. Hal ini terjadi setelah 75% komunitas DAO menyetujui proposal tersebut dalam pemungutan suara yang berlangsung pada Senin (24/2).

MakerDAO rencananya tidak akan membayar biaya kustodian ke Coinbase. Selain itu, penyimpanan kustodian ini hanyalah bersifat uji coba, sehingga komunitas MakerDAO akan melaksanakan voting lagi untuk menentukan apakah Coinbase akan tetap menjadi lembaga kustodian MakerDAO atau tidak.

3. Reddit Kini Menjelma Jadi Bursa NFT Hits Sejagat!

Forum internet Reddit kini menjadi salah satu sarana jual-beli Non-Fungible Token (NFT) paling hits setelah penggunanya menciptakan 3 juta dompet Polygon dan "membuka lapak" bagi 3 juta NFT avatar.

Selain itu, 17 dari 20 penjualan Reddit Collectible Avatar terjadi pada pekan ini, termasuk avatar Spooky Season yang merupakan buah karya seniman bernama poieeeyeee dengan nilai 18 ETH atau setara US$24.150.

Baca Juga: Pluang Insight: Belanja Bengkak Bikin Laba Meta Platforms Terkoyak

Kabar Domestik Sepekan

1. Investasi Asing ke RI Melesat 63% di Kuartal III

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengatakan bahwa realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) ke Indonesia tercatat Rp168,9 triliun di kuartal III atau tumbuh 63,6% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Saking tingginya angka tersebut, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengklaim bahwa pertumbuhan itu merupakan yang tertinggi dalam sejarah.

Sementara itu, Indonesia juga membukukan realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp138,9 triliun di waktu yang sama atau tumbuh 22,5% dari kuartal III tahun lalu.

2. Cegah Krisis Pangan, Pemerintah ‘Amankan’ 11 Kebutuhan Dapur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (24/10) meneken Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah. Dalam beleid tersebut, Jokowi menegaskan bahwa pemerintah akan menguasai pengadaan, pengelolaan, dan penyaluran 11 bahan pangan demi mengantisipasi krisis dan lonjakan harga pangan.

Adapun 11 bahan pangan tersebut meliputi beras, jagung, kedelai, bawang, cabai, daging unggas, telur unggas, daging ruminansia, gula konsumsi, minyak goreng dan ikan.

3. Investor Reksa Dana RI Tembus 9 Juta!

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menyebut jumlah investor reksa dana tanah air telah menyentuh 9,09 juta investor per September 2022, tumbuh 32,9% dibanding posisi akhir 2021 yakni 6,84 juta investor.

Direktur Utama KSEI Uriep Budhi Prasetyo mengatakan hal ini merupakan bukti bahwa semakin banyak masyarakat yang tertarik dengan produk pasar modal. Ia menambahkan, hal ini juga menandakan bahwa reksa dana adalah pilihan investasi awal yang menarik bagi investor pemula.

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 dan Nasdaq index futuresSaham AS, serta lebih dari 140 aset kripto dan belasan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
weekly news
Pasar Sepekan: Rusia Tabuh Genderang 'Perang', Market Ikut Bergelombang
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1