Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Jangan Bingung, Simak 7 Cara dalam Memilih Aplikasi Trading Terbaik!
shareIcon

Jangan Bingung, Simak 7 Cara dalam Memilih Aplikasi Trading Terbaik!

10 Mar 2023, 7:31 AM·Waktu baca: 6 menit
shareIcon
Kategori
Jangan Bingung, Simak 7 Cara dalam Memilih Aplikasi Trading Terbaik!

Bagi trader pemula, memilih aplikasi trading terbaik bisa menjadi kegiatan yang membingungkan. Tapi, tak perlu khawatir, karena kamu bisa membaca tips memilih aplikasi trading di sini!

 

Trading adalah kegiatan mendulang cuan dari jual-beli aset dalam rentang waktu yang sangat pendek. Belakangan, trading aset menjadi salah satu tren dunia seiring menjamurnya aplikasi trading yang bisa menjangkau trader ritel. Dengan kata lain, aktivitas trading yang tadinya hanya bisa dilakukan segelintir individu kini bisa diakses oleh masyarakat yang lebih luas.

Di Indonesia, kegiatan trading marak dilakukan masyarakat ketika pandemi COVID-19 melanda tiga tahun belakangan. Penyebabnya pun beragam, mulai dari mengisi waktu di tengah kebijakan pembatasan sosial hingga munculnya berbagai aplikasi trading ritel yang menawarkan kegiatan trading untuk beberapa aset.

Selain itu, kegiatan trading di Indonesia kian merebak seiring kondisi pasar aset berisiko yang sempat terlihat menjanjikan. Sebagai gambaran, nilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tumbuh 10,1% sepanjang 2021. Di waktu yang sama, nilai kapitalisasi pasar kripto tumbuh 67,35% dan bahkan sempat melebihi US$2 triliun.

Beragam fakta tersebut tentu membuat masyarakat, termasuk Sobat Cuan, tergiur untuk mendulang cuan dari aktivitas trading. Namun, kamu mungkin kesulitan dalam memilih aplikasi trading terbaik untuk digunakan olehmu lantaran banyaknya platform yang beredar di masyarakat saat ini.

Nah, agar kamu tidak bingung menentukan aplikasi trading terbaik untukmu, Pluang akan membagikan sedikit tips tentang cara dan kriteria memilih aplikasi trading agar pengalaman trading-mu makin seru!

Cara Memilih Aplikasi Trading Terbaik

1. Mudah Dikenali dan Populer

Popularitas sebuah aplikasi trading umumnya mencerminkan kepercayaan penggunanya. Dengan kata lain, semakin banyak masyarakat yang menggunakan aplikasi tersebut maka semakin tinggi pula kepercayaan mereka terhadap platform tersebut.

Untuk mengetahui tingkat popularitas satu aplikasi trading, Sobat Cuan hanya perlu rajin mencari informasi di internet atau bertanya di forum trader. Selain itu, kamu juga bisa membaca ulasan-ulasan pengguna yang telah memanfaatkan aplikasi trading tersebut. Dari sini, kamu bisa menentukan platform apa saja yang sekiranya masuk kriteriamu sebagai aplikasi trading terbaik.

Nah, salah satu aplikasi trading yang populer di Indonesia adalah Pluang. Saat ini, aplikasi Pluang memiliki jutaan pengguna terdaftar dan aktif melakukan trading di dalamnya. Artinya, jutaan pengguna itu membuktikan bahwa Pluang menjadi aplikasi trading andalan bagi mereka!

2. Memiliki Izin dan Berlisensi

Aplikasi trading haruslah memiliki izin operasi dari regulator. Pasalnya, izin tersebut merupakan bukti bahwa segala aktivitas yang terjadi di aplikasi tersebut diawasi oleh pemerintah.

Jika Sobat Cuan melakukan trading di aplikasi yang tak memiliki izin operasi, maka artinya kamu telah menginjakkan kaki di ladang ranjau. Sebab, aspek keamananmu dalam trading menjadi tidak pasti.

Sebagai contoh, bisa saja kamu ternyata menggunakan aplikasi scam atau melakukan jual-beli aset dengan harga aset yang tidak wajar. Karena aplikasi-aplikasi tersebut tak berizin, maka kamu pun akan kesulitan dalam mengeskalasikan masalahmu ke regulator jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Oleh karenanya, pastikan aplikasi trading terbaik pilihanmu memiliki izin yang jelas dari regulator agar kamu makin aman dan nyaman ketika melakukan trading. Adapun aplikasi trading yang baik selalu mencantumkan keterangan mengenai perizinan regulator di aplikasinya.

Untuk itu, kamu bisa melirik Pluang sebagai aplikasi trading yang berizin dan terregulasi pilihanmu! Sebab, seluruh transaksi Pluang diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kamu bisa melihat pernyataan mengenai aspek perizinan aplikasi Pluang di bagian bawah dari setiap halaman aset yang terdapat di aplikasi Pluang.

3. Mudah Digunakan bagi Pemula

Kadang, salah satu hambatan memulai trading bagi trader pemula adalah melakukan trading dengan langkah yang berbelit-belit. Untuk itu, pastikan aplikasi trading terbaik versimu memiliki tampilan yang simpel dan proses trading yang praktis.

Untungnya, kamu bisa menikmati hal tersebut di aplikasi Pluang! Di aplikasi Pluang, kamu bisa memulai transaksi hanya dengan tiga kali klik dan mulai dari Rp5.000 saja.

Selain itu, kamu pun bisa langsung memilih aset yang ingin kamu trading-kan di halaman utama. Sehingga, kamu tak perlu repot-repot klik sana-sini hanya demi memilih aset trading andalanmu saat trading.

4. Memiliki Fitur Bermanfaat, Eksklusif, dan Terus Berkembang

Aplikasi trading terbaik mesti menyediakan fitur-fitur unggulan. Jika fitur-fitur ini tidak tersedia, maka kamu pun akan merasa kesulitan untuk mengeksekusi trading sesuai dengan rencana trading-mu.

Sebagai permulaan, aplikasi trading sepatutnya memiliki fitur dasar seperti market order. Pasalnya, fitur ini bisa memudahkanmu dalam membeli atau menjual aset sesuai harga yang kamu inginkan. Setelah itu, kamu pun bisa memeriksa fitur-fitur lain yang sekiranya bisa membantumu menentukan keputusan trading.

Aplikasi Pluang sendiri memiliki banyak fitur-fitur bermanfaat untuk trading.

Selain market order, kamu juga bisa menikmati trading saham AS sebelum jam perdagangan pasar saham AS melalui fitur pre-market trading. Serunya, fitur ini hanya tersedia eksklusif di aplikasi Pluang!

Di samping itu, aplikasi Pluang pun memiliki rangkuman beberapa analisis teknikal yang tentunya membantumu lebih mudah dalam menentukan keputusan trading.

Namun, inovasi Pluang di fitur-fitur trading tidak hanya berhenti sampai situ saja. Pluang berkomitmen untuk terus mengembangkan fitur-fitur baru yang pastinya bermanfaat untuk menunjang pengalaman trading-mu!

5. Memberikan Akses pada Pasar Global dan Pilihan Aset

Selain memberikan pengalaman trading yang seru, aplikasi trading terbaik harusnya memberikan akses yang luas pada beberapa kelas aset. Pasalnya, hal itu akan memberikan akses bagi trader untuk melakukan diversifikasi aset demi meminimalisasi risiko.

Bahkan, akan lebih baik jika aplikasi trading tersebut juga menyediakan akses kepada pasar global. Di samping mendapatkan kesempatan untuk trading aset-aset unggulan, trading aset di pasar global juga memberikanmu peluang untuk mendulang cuan dengan mata uang lain!

Nah, dalam hal ini, kamu mungkin bisa mempertimbangkan trading di aplikasi Pluang. Pasalnya, Pluang menyediakanmu akses trading terhadap ratusan aset kripto serta puluhan saham AS. Tak cuma membuka kesempatan untuk diversifikasi, Pluang juga menyuguhkanmu akses ke pasar global!

6. Memiliki Layanan Konsumen yang Aktif

Aplikasi trading yang unggul seharusnya mengutamakan pengalaman trading penggunanya. Makanya, aplikasi tersebut pun harus menyediakan kanal layanan konsumen yang tidak hanya beragam namun juga aktif merespons kebutuhan penggunanya.

Jika layanan konsumen adalah faktor utama bagimu dalam memilih aplikasi trading terbaik, maka tidak ada salahnya kamu memilih aplikasi Pluang!

Pluang memiliki layanan 24 jam Pluang Care melalui menu live-chat, email di tanya@pluang.com atau hotline di (021) 8063 0065 yang beroperasi dari Senin hingga Jumat pukul 09.00 - 18.00 WIB.

Selain itu, Pluang pun memastikan akan menindaklanjuti seluruh keluhan yang dialami pengguna. Jika Sobat Cuan mengalami penanganan kasus yang kurang memadai, maka kamu bisa mengirimkan email langsung kepada jajaran direksi Pluang di alamat sos@pluang.com agar penanganan masalah bisa dilakukan lebih cepat.

7. Memiliki Ekosistem yang Komplet

Dalam melakukan trading, trader pemula tentu perlu pembelajaran lebih lanjut mengenai aktivitas tersebut. Mereka tentu membutuhkan tambahan ilmu mengenai trading, baik dari sumber-sumber bacaan yang tersedia maupun dari trader lainnya.

Nah, semua hal itu bahkan bisa kamu dapatkan di aplikasi Pluang!

Selain melakukan trading, kamu juga bisa belajar trading melalui informasi-informasi yang terdapat di Pluang Academy. Seluruh konten yang berada di Pluang Academy dikurasi dan ditulis oleh pihak-pihak yang memiliki kredibilitas untuk memberikan pengetahuan tentang investasi.

Di samping itu, aplikasi Pluang juga memiliki fitur chatroom agar penggunanya bisa saling berbagi ilmu satu sama lain. Menarik bukan?

Kesimpulan

Memilih aplikasi trading andalanmu memang terasa membingungkan mengingat banyaknya pilihan di luar sana. Sehingga, jangan terburu-buru mengambil keputusan agar kamu tidak menyesal di kemudian hari. Tapi, melihat beragam alasan di atas, Pluang bisa menjadi aplikasi trading utamamu bukan?

Yuk, trading di Pluang sekarang!

Download Pluang di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 dan Nasdaq index futuresSaham AS, serta ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
trading
Mengenal Bullish Harami Pattern dan Cara Tradingnya
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1