Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Pluang Snapshot: Amazon Hadapi Gugatan, Cardano Perbaiki Jaringan
shareIcon

Pluang Snapshot: Amazon Hadapi Gugatan, Cardano Perbaiki Jaringan

22 Jun 2023, 3:27 AM·Waktu baca: 3 menit
shareIcon
Kategori
Pluang Snapshot

Selamat siang, Sobat Cuan! Amazon hadapi gugatan hingga Cardano perbaiki jaringan, semua terangkum di Pluang Snapshot berikut!

Hal yang Perlu Dipantau Hari Ini

1. AS Gugat Amazon Karena Diduga ‘Tipu’ Pelanggannya

Lembaga persaingan usaha AS (Federal Trade Commission/FTC) menggugat raja belanja daring Amazon.com Inc secara hukum karena disinyalir telah "menipu" dan menjerumuskan konsumennya untuk berlangganan program keanggotaan Prime melalui upaya pemaksaan.

Dalam dokumen gugatan yang diajukannya ke pengadilan federal Washington kemarin, FTC menuduh bahwa situs Amazon sudah dimanipulasi sedemikian rupa sehingga pelanggan yang mengunjunginya mau tak mau akan mendaftarkan diri di program keanggotaan yang dimaksud. Selain itu, FTC juga menemukan bahwa Amazon mempersulit pelanggan yang ingin membatalkan langganannya melalui serangkaian proses yang rumit.

Dengan demikian, FTC menganggap Amazon telah melanggar UU perlindungan konsumen AS yang diterbitkan pada 2010 silam. Sebelumnya, FTC juga pernah menggunakan dasar hukum serupa untuk menuntut perusahaan penyedia jasa internet Vonage karena dianggap "memaksa" pelanggannya untuk memperbarui paket langganannya secara otomatis.

Sekadar informasi, melalui program Prime, pelanggan dapat menikmati pengiriman kilat dan mengakses platform streaming Amazon hanya dengan membayar US$139 per tahun. Belakangan, analis dan lembaga manajemen investasi mendapuk program tersebut sebagai salah satu motor penggerak pendapatan perusahaan di tahun ini.

Transaksi Saham Amazon di Sini!

2. Fed Sebut Perang Lawan Inflasi Belum Selesai

Ketua The Fed Jerome Powell membeberkan alasan mengapa The Fed merasa harus menaikkan lagi suku bunga acuan sebanyak dua kali di tahun ini meski telah memutuskan untuk menahannya pada rapat FOMC bulan ini.

Dalam keterangannya di hadapan komite jasa keuangan dewan legislatif AS kemarin, Powell mengatakan bahwa perang The Fed dalam melawan inflasi masih jauh dari kata usai. Oleh karenanya, ia menganggap bahwa kenaikan suku bunga acuan tambahan sebanyak dua kali lagi adalah "tebakan yang bagus" jika inflasi AS gagal menyentuh target The Fed sebesar 2%.

Hanya saja, ia juga mengatakan bahwa sikap moneter itu bisa berubah jika tingkat inflasi benar-benar melandai mendekati target yang dimaksud.

Baca Juga: Pluang Snapshot: Alibaba Ganti Pucuk Pimpinan, FedEx Grogi Hadapi Tahun Depan

3. Analis Sebut Strategi ‘Bundling’ Bisa Topang Segmen Streaming Disney

Analis firma riset ekuitas SVB MoffettNathanson Michael Nathanson mengatakan bahwa strategi penggabungan produk (bundling) streaming yang dilakukan perusahaan hiburan global Walt Disney Co. diharapkan bisa memperbaiki kinerja segmen bisnis streaming perusahaan ke depan.

Menurutnya, bundling produk Disney yang berisi Hulu, Disney+, dan ESPN+ akan membuat pelanggan tergugah untuk menikmati konten-konten premium yang lebih banyak. Selain itu, berdasarkan data analisis yang dimilikinya, konsumen yang berasal dari program bundling dianggap lebih "setia" ketimbang mereka yang berlangganan satu produk streaming Disney saja.

Transaksi Saham Disney di Sini!

4. Nilai Cardano Tumbuh 7% Setelah Umumkan ‘Upgrade’ Node

Platform blockchain Cardano pada Senin (19/6) mengumumkan telah meluncurkan pembaruan (upgrade) node terbarunya, versi 8.1.1, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja jaringan dan pengalaman pengguna.

Dalam upgrade tersebut, tim pengembang Cardano telah memperbaiki beberapa komponen jaringan sehingga pemrosesan transaksi dan eksekusi smart contract bisa menjadi lebih cepat. Upgrade ini juga diharapkan dapat mendukung ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi) Cardano yang sedang tumbuh kencang belakangan ini.

Kabar mengenai upgrade tersebut sontak diapresiasi pelaku pasar. Sebagai buktinya, nilai token Cardano, ADA, sukses tumbuh 6,96% secara harian per Kamis (22/6) pukul 10.00 WIB.

Transaksi ADA di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi Saham ASindeks saham ASemas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dasri Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
pluang snapshot
Pluang Snapshot: Amazon Rilis Kartu Kredit, Saham Nikola 'Terjepit'
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1