Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Mogok Kerja Para Buruh Ford (F) Tak Buat Pendapatan Perusahaan Turun
shareIcon

Mogok Kerja Para Buruh Ford (F) Tak Buat Pendapatan Perusahaan Turun

31 Oct 2023, 10:25 AM·Waktu baca: 2 menit
shareIcon
Kategori
Mogok Kerja Para Buruh Ford (F) Tak Buat Pendapatan Perusahaan Turun

Ford (F) baru saja merilis laba dan pendapatannya di kuartal III 2023. Lantas, seperti apa hasilnya? Simak selengkapnya di bawah ini!

Kinerja Keuangan Ford di Bawah Ekspektasi Analis 

Ford (F) mencatat peningkatan penjualan di Amerika Serikat selama kuartal ketiga pada berbagai lini kendaraan baik bensin, hybrid, dan listriknya. Hasil ini juga memperkokoh kepemimpinan F-Series sebagai truk nomor satu di Amerika selama 47 tahun berturut-turut dan menjadi merek terlaris di Amerika Serikat selama sembilan bulan pertama tahun 2023.

Ford (F) berhasil mencapai pertumbuhan pendapatan yang mengesankan sebesar dua digit selama kuartal ketiga. Pendapatan meningkat 11% menjadi $44 miliar secara keseluruhan. Laba bersih sebesar $1,2 miliar membalikkan kerugian bersih tahun lalu sebesar $827 juta. Arus kas dari operasi sebesar $4,6 miliar pada kuartal tersebut dan $12,4 miliar sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini. Arus kas bebas secara berturut-turut sebesar $1,2 miliar dan $4,8 miliar. 

Perusahaan berhasil mengirimkan sebanyak 3261 kendaraan sepanjang tahun berjalan meningkat dari periode yang sama tahun lalu sebesar 3084. Perusahaan membagi segmen bisnisnya menjadi 3, yaitu Ford Blue (bensin & hybrid), Ford Model E (listrik), dan Ford Pro.

Ford Pro membantu pelanggan komersial untuk mengubah operasi mereka dengan kendaraan bensin, hibrida, dan listrik yang hebat serta berbagai layanan bernilai tambah yang terus berkembang. Pada kuartal ketiga, bisnis ini menghasilkan EBIT sebesar $1,7 miliar, naik 16%. Selama tiga kuartal pertama tahun ini, Ford Pro berhasil mendapatkan hampir dua poin pangsa di pasar truk dan van komersial Amerika Serikat berkat kekuatan berkelanjutan dari truk Super Duty dan van Transit.

Ford Blue, yang memasarkan beragam kendaraan bensin dan hibrida yang disebut Farley, menghasilkan EBIT sebesar $1,7 miliar pada kuartal ketiga – naik 17% dari tahun lalu. Bulan lalu, Ford Blue memperkenalkan versi bensin dan hibrida dari pickup F-150 2024. Penjualan kendaraan hibrida pada kuartal ketiga melonjak lebih dari 40%, dipimpin oleh truk F-150 dan Maverick. Volume truk F-150 hibrida naik 47% dari tahun sebelumnya; kendaraan hibrida sekarang menyumbang 57% dari semua truk Maverick yang terjual.

Penjualan grosir kendaraan listrik generasi pertama Ford Model e pada kuartal ketiga naik 44% dan pendapatan naik 26%. Segmen ini mencatat kerugian EBIT sebesar $1,3 miliar. Walaupun mengalami kenaikan profitabilitas yang cukup signifikan, kinerja mereka masih berada di bawah ekspektasi analis yang memang menaruh harapan sangat tinggi kepada perseroan.

Proyeksi Masa Depan

Perusahaan masih menunda memberikan target pendapatan untuk setahun penuh imbas masih adanya konflik dengan pegawai yang menuntut memberikan upah yang lebih tinggi. Hingga kuartal ketiga, Ford menghasilkan $9,4 miliar EBIT. Kisaran EBIT untuk tahun fiskal 2023 antara $11 - 12 miliar terakhir dikonfirmasi pada akhir Juli. CFO Ford (F), Lawler mengatakan bahwa perusahaan tersebut sudah siap untuk memberikan profitabilitas dalam kisaran tersebut. Namun, mengingat dampak pemogokan UAW dan dengan persetujuan kesepakatan tentatif dengan serikat yang diumumkan pada Rabu malam tertunda, Ford (F) menarik panduan untuk hasil operasi penuh tahun 2023.

Analis memprediksi harga wajar saham Ford (F) berada di level $13,79 per saham, mencerminkan potensi kenaikan lebih dari 40% dari harga penutupan Senin (30/10).

Ditulis oleh
channel logo

Marco Antonius

Right baner

Marco Antonius

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
earning_call
Pendapatan NVIDIA Melampaui Ekspektasi Analis, Prospek Masa Depan Tetap Optimis
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1