Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

US Banking Recap: Bank Besar Masih Menggelegar
shareIcon

US Banking Recap: Bank Besar Masih Menggelegar

20 Oct 2023, 10:40 AM·Waktu baca: 2 menit
shareIcon
Kategori
US Banking Recap: Bank Besar Masih Menggelegar

Beberapa perusahaan dari sektor finansial baru saja merilis laba dan pendapatannya di kuartal III 2023. Lantas, seperti apa hasilnya? Simak selengkapnya di bawah ini!

Musim perilisan laporan keuangan perusahaan kuartal III 2023 (Earnings Season) telah dimulai sejak awal bulan Oktober. Hujan laporan keuangan dari sektor finansial menjadi pembuka yang mewarnai pasar saham Amerika Serikat (AS). Kekhawatiran akan tingginya treasury yield sejak awal tahun dibalas dengan performa yang tetap solid oleh beberapa perusahaan perbankan di AS, terlebih bank yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar yang portofolio bisnisnya telah terdiversifikasi sehingga lebih tidak bergantung pada suku bunga.

JPMorgan Chase & Co (JPM), Wells Fargo & Co (WFC), BlackRock Inc (BLK), dan Citigroup Inc membuka hajatan ini pada Jumat (13/10). Tak lama kemudian, menyusul giliran Bank of America (BAC), Goldman Sachs (GS) serta Morgan Stanley (MS) yang menyampaikan. Berikut merupakan rincian hasil kinerja keuangannya.

Kinerja Keuangan Bank Besar AS Mengesankan

Sesuai dengan tabel di atas, hasil laporan keuangan yang telah dirilis beberapa perusahaan finansial AS sejauh ini cukup positif. Bahkan, JP Morgan mampu membukukan lonjakan pendapatan lebih dari 20% YoY pada kuartal ini. Hal ini tidak terlepas dari diversifikasi bisnis JP Morgan yang sangat luas yang mana pendapatan non-bunga hampir menyamai pendapatan bunga berbeda dengan bank kecil yang hampir menggantungkan seluruh bisnisnya dari pendapatan bunga. Tercatat, hanya Goldman Sach yang mencatatkan penurunan pendapatan pada kuartal 3 tahun 2023.

Top 4 Bank di AS dengan aset di atas $US 1 triliun yakni JPM, BAC, C & WFC bahkan melebihi ekspektasi analis dengan marjin lebih dari 9% pada laba per sahamnya (EPS). Kinerja ini juga lebih baik dari mereka yang memiliki aset di bawah $US 1 triliun. Ke depan, beberapa bank fokus menjaga tingkat Net Charge-Offs (NCO) serta mengembangkan segmen Asset & Wealth Management yang mereka miliki. Hal ini agar mereka tetap resilien pada kondisi pasar saat ini.

Pada bulan ini, kita juga masih akan menantikan perilisan laporan keuangan dari 3 perusahaan finansial yang cukup populer yaitu Visa Inc (V), Mastercard Inc (MA) & Capital One Financial Corp (COF). V rencananya akan melaporkan kinerjanya pada Selasa (24/10) sementara MA dan COF menyusul pada Kamis (26/10).

Ditulis oleh
channel logo

Marco Antonius

Right baner

Marco Antonius

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
saham AS weekly
Weekly Review - Saham AS 25 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1