Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Kamus

Gross Interest
shareIcon

Gross Interest

1163  dilihat·Waktu baca: 2 menit
shareIcon
Gross Interest

Gross Interest, atau tingkat bunga bruto, adalah tingkat bunga yang harus dibayar atas investasi, sekuritas, atau rekening deposito sebelum pajak dan biaya lainnya.

Gross interest biasanya dicantumkan dalam persentase dan merupakan kebalikan dari tingkat bunga bersih (net interest), yakni tingkat bunga setelah pajak dan beban-beban lainnya.

Baca juga : Bunga Deposito Tertinggi 6.3%, Pluang Saver Unggul di 6.5% Tanpa Tenor

Gross Interest adalah Pasangan dari Simpanan Bank

Sebagai contoh, ketika seseorang mendepositkan uang di rekening banknya, maka bank akan membayar bunga atas dana tersebut sebagai imbal hasil atas setoran nasabah tersebut.

Mengapa demikian? Sebab, simpanan nasabah akan digunakan kembali untuk memberikan pinjaman ke nasabah lainnya, di mana hal tersebut akan menimbulkan penghasilan bagi bank. Tingkat bunga deposito yang dibayarkan ke nasabah akan diberikan ke rekening mereka masing-masing secara bulanan atau tahunan, tergantung tipe institusi finansial tersebut.

Di sini, tingkat imbal hasil deposito disebut sebagai gross interest karena tidak mengikutsertakan perhitungan pajak, yang tentu saja juga berdampak pada pendapatan bunga nasabah.

Misalnya, jika seorang nasabah memiliki tabungan US$3.000 dan memiliki 2% bunga dalam setahun, maka angka 2% itu disebut sebagai gross interest. Jadinya, bank akan membayar nasabah tersebut US$60 di akhir tahun.

Namun, gross interest tidak mengikutsertakan akun beban lain seperti pajak dan beban-beban lainnya yang timbul setelah investasi tersebut dimulai. Secara realita, maka nasabah akan menerima pendapatan bunga lebih kecil dari US$60 di akhir tahun.

Baca juga: Mengenal Efek Compounding atau Bunga Majemuk

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Unduh aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam dengan kadar 999,9. Mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera unduh aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

Ditulis oleh
channel logo

Linda Noviana

Right baner

Linda Noviana

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

Efek Beragun Aset

Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1