Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Kamus

Currency in Circulation
shareIcon

Currency in Circulation

1639  dilihat·Waktu baca: 3 menit
shareIcon
Currency in Circulation

Pengertian Currency in Circulation

Pengertian Currency in Circulation adalah mata uang yang beredar mengacu pada jumlah uang tunai – dalam bentuk uang kertas atau koin – di suatu negara yang secara fisik digunakan untuk melakukan transaksi antara konsumen dan bisnis.
Mata uang yang beredar adalah semua uang yang dikeluarkan oleh otoritas moneter suatu negara, dikurangi uang tunai yang telah dikeluarkan dari sistem.
Mata uang yang beredar mewakili bagian dari keseluruhan uang beredar. Dengan sebagian dari keseluruhan persediaan disimpan dalam rekening giro dan tabungan.

Memahami Currency in Circulation

Mata uang yang beredar juga dianggap sebagai mata uang di tangan. Karena merupakan uang yang digunakan di seluruh perekonomian suatu negara untuk membeli barang dan jasa.

Otoritas moneter bank sentral memperhatikan jumlah mata uang fisik yang beredar karena mewakili salah satu kelas aset yang paling likuid.

Mata uang yang beredar kurang penting bagi kebijakan moneter bank sentral dibandingkan dengan jenis uang lainnya (misalnya cadangan bank). Karena kuantitas mata uang relatif kurang fleksibel.

Di AS, mata uang baru dicetak oleh Departemen Keuangan dan didistribusikan oleh Bank Federal Reserve ke bank yang memesan lebih banyak mata uang.

Baca juga: Konsep Inner Scorecard dalam Investasi

Jumlah mata uang A.S. yang beredar telah meningkat selama bertahun-tahun sebagai akibat permintaan dari pasar internasional.

Menurut Departemen Keuangan, lebih dari setengah mata uang AS yang beredar ditemukan di luar negeri daripada di dalam negeri.

Permintaan luar negeri untuk mata uang A.S. sebagian berasal dari stabilitas relatif mata uang A.S. dibandingkan dengan negara-negara yang memiliki penilaian mata uang yang lebih tidak stabil.

Meskipun dana elektronik dapat diakses untuk berbagai jenis transaksi, mata uang fisik yang beredar mungkin lebih disukai dalam beberapa keadaan.

Setelah bencana alam misalnya, mata uang fisik dapat menjadi lebih lazim sebagai alat untuk membayar layanan yang dibutuhkan segera. Selain itu sifat bencana dapat mempersulit atau tidak mungkin mengakses dana elektronik.

Listrik mungkin tidak tersedia di area yang luas. Misalnya, membuat mata uang fisik atau cek kertas satu-satunya metode untuk melakukan transaksi.

Pengiriman mata uang fisik menempatkan dana segera di tangan mereka yang membutuhkan, daripada menunggu aset ditransfer antar lembaga.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Ditulis oleh
channel logo

Linda Noviana

Right baner

Linda Noviana

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

Brokerage Fee

Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1