Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Pelajari

3. Stop-Limit Order – Cara Menggunakan Stop-Limit Order di Aplikasi Pluang
shareIcon

3. Stop-Limit Order – Cara Menggunakan Stop-Limit Order di Aplikasi Pluang

0 dilihat·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
3. Stop-Limit Order – Cara Menggunakan Stop-Limit Order di Aplikasi Pluang

Stop-Limit Order merupakan gabungan dari dua tipe order sebelumnya yang dapat digunakan untuk menghindari risiko slippage. Yuk, baca di sini!

Hi Sobat Cuan! Bingung nyari jalan tengah antara menangkap momentum yang tepat dan mengendalikan harga beli? Cobalah Stop-Limit Order di aplikasi Pluang! Sesuai namanya, tipe order ini adalah kombinasi dari Stop Order dan Limit Order dimana pengguna bisa mengoptimalkan entry maupun exit lewat pengendalian harga beli atau jual dan kriteria dimana transaksi akan terpicu. Simak selengkapnya untuk memahami cara menggunakan Stop-Limit Order di aplikasi Pluang!

3.1 Mengenal Stop-Limit Order di Aplikasi Pluang

Stop-Limit Order adalah kombinasi dari dua tipe order, yaitu Stop Order dan Limit Order yang memungkinkan pengguna untuk mengendalikan eksekusi perdagangan dengan lebih presisi. Dalam Stop-Limit Order, pengguna menentukan dua harga, yaitu Stop Price dan Limit Price. Ketika harga pasar mencapai atau melewati Stop Price, pesanan akan menjadi Limit Order yang aktif, dan akan terisi pada Limit Price yang ditetapkan atau harga yang lebih baik. Dengan menggunakan Stop-Limit Order, pengguna dapat menghindari risiko slippage karena mereka dapat membatasi harga eksekusi pesanan mereka, sambil tetap memanfaatkan keuntungan dari gerakan harga yang diantisipasi. Namun, perlu diingat bahwa eksekusi pesanan tidak dijamin terjadi jika harga pasar tidak mencapai Stop Price yang ditetapkan oleh pengguna. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk memahami risiko dan mempertimbangkan kondisi pasar dengan cermat sebelum menggunakan tipe order ini.

 

Catatan: Ilustrasi pembelian dan penjualan aset kripto dengan menggunakan Stop-Limit Order

Apa saja yang perlu ditentukan pada saat membuat Stop Order?
Untuk Stop Order ada dua parameter penting yang pengguna perlu menentukan pada saat membuat ordernya di aplikasi Pluang:

  • Stop Price: harga yang ditentukan oleh pengguna dimana pesanan hanya akan diaktifkan jika harga pasar mencapai atau melampaui Stop Price ini.
  • Limit Price: harga maksimum atau minimum yang pengguna bersedia kamu bayar atau terima untuk sebuah aset.
  • Jumlah pembelian/penjualan: kuantitas aset yang ingin dibeli atau dijual secara nilai Rupiah atau unit aset.

Apa saja yang perlu ditentukan pada saat membuat Stop Order? Selain itu, ada beberapa hal yang Sobat Cuan perlu diperhatikan mengenai Stop-Limit Order

Stop-Limit Order Untuk Kripto:

  • Untuk menempatkan Stop-Limit Order, nilai pesanan harus seminimalnya Rp75.000. Untuk nilai maksimal, bisa ditemukan di halaman Biaya Dan Batas Transaksi Kripto.
  • Stop-Limit Order yang terpasang akan berlaku selama 90 hari.

Stop-Limit Order untuk Saham AS:

  • Untuk menempatkan Stop-Limit Order, nilai pesanan harus seminimalnya 1 unit saham dan tidak ada batas maximum.
  • Kamu perlu menentukan jam trading dimana kamu ingin ordernya di eksekusikan. Ada dua pilihan untuk hal ini:
    • Hanya Jam Reguler: dimana order kamu hanya akan tereksekusi di dalam jam perdagangan saja
    • Termasuk Jam Pre-Market: dimana order kamu bisa tereksekusi di dalam jam perdagangan biasa atau jam Pre-Market
  • Kamu perlu menentukan masa berlaku order limit yang terpasang. Terdapat dua opsi:
    • Day: dimana order akan berlaku selama 1 hari perdagangan
    • GTC (Good Till Canceled): dimana order akan aktif untuk 30 hari hingga order tersebut tereksekusi atau kamu batalkan.

3.2 Cara Membuat Stop-Limit Order di Aplikasi Pluang

Untuk Kripto, Sobat Cuan bisa simak video ini untuk memahami cara membuat pesanan Stop-Limit Order:

Untuk Saham AS, Sobat Cuan bisa simak artikel Bagaimana cara membeli Saham AS di Pluang ini untuk memahami cara membuat pesanan Stop-Limit Order.

3.3 Skenario seperti apa yang tetap untuk memanfaatkan Stop-Limit Order?

Untuk pesanan beli, salah satu skenario dimana Stop-Limit Order bisa dimanfaatkan adalah jika pengguna ingin mengoptimalkan entry mereka ke subah trade dan mengantisipasi adanya Pullback.

Minalnya Sobat Cuan telah melakukan analisis mendalam terhadap kripto Solana (SOL) dimana saat ini harga pasar koin tersebut adalah Rp1.650.000 per unit dan menunjukkan tren naik. Namun Sobat Cuan percaya bahwa begitu harga mencapai resistance level di Rp1.700.000, akan terjadi penurunan harga sementara, yang dikenal sebagai Pullback, dimana harga akan ditemu dengan support level di Rp1.600.000 sebelum kembali ke tren naik. Sobat Cuan ingin memasuki pasar hanya pada saat pullback ini untuk memaksimalkan keuntungan dari pergerakan naik selanjutnya yang diantisipasikan.

Maka, Sobat Cuan bisa menggunakan Stop-Limit Order untuk mencapai tujuan ini. Sobat Cuan menetapkan Stop Price sebesar Rp1.700.000 dan Limit Price sebesar Rp1.600.000. Jika harga pasar mencapai Stop Price Rp1.700.000, pesanan beli akan menjadi aktif sebagai Limit Order dengan harga maksimum Rp1.600.000. Dengan demikian, Sobat Cuan dapat memasuki pasar pada harga yang lebih rendah sesuai dengan proyeksinya, sambil tetap mengendalikan harga eksekusi dengan presisi menggunakan Limit Order.

Selain untuk pembelian, Stop Order bisa ditempatkan untuk mengamankan keuntungan dari sebuah trade jika pasar sedang menurun.

Sebagai contoh, Sobat Cuan memiliki kriptoSolana (SOL) yang dibeli pada harga pasar Rp1.350.000 per koin, dan saat ini harga pasar telah naik menjadi Rp1.750.000 per koin. Sobat Cuan ingin mengamankan keuntungan tersebut dengan menjual koin ABC jika harga turun kembali ke Rp1.650.000 per koin.

Dengan menggunakan Stop-Limit Order, Sobat Cuan menetapkan Stop Price sebesar Rp1.650.000 dan Limit Price sebesar Rp1.600.000. Jika harga pasar turun dan mencapai atau melewati Stop Price $280, pesanan jual akan aktif sebagai Limit Order dengan harga minimum Rp1.650.000. Dengan demikian, Sobat Cuan dapat menjual koin SOL dengan harga yang diinginkan atau yang lebih baik, mengamankan keuntungan dari trade tersebut tanpa harus terjebak dalam pergerakan harga yang tidak diinginkan.

Cara penggunaan Stop Order yang kita bahas diatas dapat diaplikasikan ke strategi Sobat Cuan saat trading Kripto maupun Saham AS. Sesuai contoh-contoh ini, Stop-Limit Order dapat dimanfaatkan untuk memicu Limit Order pada saat harga pasar  harga pasar sebuah aset mencapai awat melewat level tertentu. Untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjut, kamu dapat menghubungi layanan 24 jam Pluang Care melalui menu live-chat, email di tanya@pluang.com atau hotline di (021) 8063 0065 pada hari Senin s/d Jumat pukul 09.00 - 18.00 WIB. Kamu juga bisa menyimak tanya jawab umum mengenai fitur Crypto Advanced Orders di laman Pertanyaan Umum Tentang Crypto Advanced Order dan menyimak artikel Bagaimana cara membeli Saham AS di Pluang untuk informasi lebih lanjut mengenai Saham AS.

Baca juga:

Ditulis oleh
channel logo

Jodi Frederik

Right baner

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

Pelajari Materi Lainnya

cards
Pemula
Diversifikasi 101

Salah satu konsep penting dalam investasi adalah...

no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1