Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Kamus

Asuransi
shareIcon

Asuransi

3750  dilihat·Waktu baca: 7 menit
shareIcon
Asuransi

DEFINISI

Asuransi adalah perjanjian kontrak antara dua pihak di mana satu pihak setuju untuk melindungi pihak lain dari kerugian finansial. 

Memahami asuransi

Asuransi adalah kontrak di mana satu pihak melindungi pihak lainnya dari kerugian finansial. Berbagai jenis polis asuransi melindungi orang dalam berbagai aspek kehidupan mereka. Jenis asuransi umum termasuk asuransi kesehatan, jiwa, mobil, dan kepemilikan rumah.

Sebagian besar polis asuransi mengharuskan seseorang membayar premi bulanan (biasanya) kepada perusahaan asuransi. Kemudian, dalam hal terjadi kerugian finansial, perusahaan asuransi akan melindungi atau mengganti uang pemegang polis. Kebijakan asuransi membantu orang memperbaiki kerusakan pada orang atau properti mereka dan juga menanggung kewajiban dari kerusakan pada orang atau properti orang lain.

CONTOH

Misalkan Sandra baru saja membeli mobil baru. Hal pertama yang dilakukan Sandra setelah membeli mobilnya adalah membeli polis asuransi, yang mengharuskannya membayar premi setiap bulan untuk pertanggungan asuransinya. Beberapa bulan kemudian, Sandra mengalami kecelakaan mobil. Karena dia memiliki polis asuransi yang mencakup kecelakaan, perusahaan asuransi membayar untuk perbaikan mobilnya. 

Kesimpulan

Asuransi adalah seperti dana darurat …

Setiap bulan, kamu memasukkan uang ke dana darurat. Kemudian, jika ada yang tidak beres, dana itu ada untuk membantumu secara finansial. Demikian pula, kamu membayar premi asuransi setiap bulan. Lalu, jika terjadi bencana, kamu memiliki asuransi untuk membantu melindungimu dari kerugian finansial.

Ketahui Lebih Lanjut…

Bagaimana cara kerja asuransi?

Apa saja jenis-jenis asuransi yang utama?

Apa itu polis asuransi?

Bagaimana Cara Kerja Asuransi?

Sebagian besar orang yang tinggal di Amerika Serikat memiliki setidaknya satu atau dua polis asuransi yang berbeda, apakah itu asuransi kesehatan, mobil, jiwa, atau kepemilikan rumah. Setiap perjanjian asuransi melindungimu untuk periode tertentu. Kamu membayar polis dalam bentuk premi bulanan, tahunan, atau dua tahunan, dan sebagai imbalannya, perusahaan asuransi membantu melindungimu dari kerugian finansial tertentu.

Setiap polis asuransi memiliki setidaknya dua pihak: orang yang membeli polis asuransi dan perusahaan asuransi yang menjual polis. Perusahaan asuransi adalah bisnis yang modelnya menjual polis asuransi dan mendapat untung dari individu-individu yang tidak perlu menggunakan pertanggungan mereka.

Setidaknya, menggunakannya untuk jumlah yang jauh lebih rendah daripada yang mereka bayarkan dalam premi. Jadi, perusahaan asuransi mobil, misalnya, mengandalkan fakta bahwa kamu akan membayar polis asuransi setiap saat tetapi jarang mengalami kecelakaan mobil.

Semua klien perusahaan, secara bersama-sama, merupakan kumpulan risiko – yang berarti perusahaan akan mendapat untung jika membebani pelanggan lebih banyak daripada klaim kolektif yang diganti pada akhir periode. Asuransi masih dapat bermanfaat bagi setiap pelanggan individu karena pelanggan membeli perlindungan dan ketenangan pikiran bahwa mereka tidak akan menguras dompet mereka secara tak terduga oleh pukulan nasib buruk.

Beberapa perusahaan asuransi menjual satu jenis asuransi tertentu, sementara yang lain menjual berbagai jenis asuransi.

Apa Saja Jenis-jenis Asuransi yang Utama?

Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah perjanjian kontrak di mana kamu membayar premi bulanan ke perusahaan asuransi kesehatan, dan mereka berjanji untuk membantu membayar tagihan medismu. Sebagian besar perencanaan asuransi kesehatan mencakup kunjungan perawatan pencegahan dan menyediakan sejumlah pertanggungan untuk perawatan medis lainnya dan resep.

Banyak karyawan menerima polis asuransi kesehatan sebagai manfaat dari bos/ majikan mereka – Bos/ Majikan biasanya setuju untuk membayar sebagian atau seluruh premi. Ada juga paket asuransi yang tersedia bagi mereka yang tidak bisa mendapatkan asuransi melalui pemberi kerja. Medicaid menyediakan perlindungan asuransi kesehatan bagi mereka yang berpenghasilan rendah. Undang-Undang Perawatan yang Terjangkau menawarkan subsidi untuk membantu pembelian asuransi kesehatan di pasar pemerintah lebih terjangkau.

Asuransi Mobil

Asuransi mobil adalah polis yang dibeli pemilik mobil untuk membantu menurunkan biayanya jika mengalami kecelakaan mobil. Polis asuransi mobil menawarkan pertanggungan untuk pertanggungjawaban jika kamu merusak mobil orang lain, dan mereka sering memberikan perlindungan tabrakan untuk membantumu memperbaiki kendaraan sendiri.

Polis asuransi mobil kadang berjalan enam atau 12 bulan. Kamu dapat membayar premi dalam satu jumlah bulat satu atau dua kali per tahun, atau kamu dapat membayar setiap bulan. Sebagian besar negara bagian di AS mengharuskan semua pengemudi memiliki beberapa pertanggungan asuransi dasar jika kamu menyebabkan kecelakaan. Pertanggungan ini membayar perbaikan kendaraan orang lain, serta tagihan medis jika pengemudi lain mengalami cedera dalam kecelakaan tersebut.

Asuransi Kepemilikan atau Penyewaan Rumah

Asuransi kepemilikan rumah adalah jenis asuransi properti yang membantu membayar kerusakan rumah dan harta benda di rumahmu. Jenis asuransi ini mencakup kerusakan struktural di rumah. Jadi jika sebuah pohon jatuh di atap, asuransi kepemilikan rumah akan membantu untuk menutupinya. Kebijakan ini juga mencakup barang-barang di rumahmu.

Jika ada kebakaran, asuransi kepemilikan rumah dapat menanggung kerusakan di rumah serta membayar untuk mengganti barang-barang yang hilang dalam kebakaran. Cakupan bervariasi di berbagai kebijakan.

Mirip dengan asuransi kepemilikan rumah adalah asuransi penyewaan rumah. Perbedaannya adalah asuransi penyewaan rumah tidak mencakup kerusakan pada bangunan yang sebenarnya – Terserah pemilik rumah yang kamu sewa. Polis asuransi ini hanya mencakup harta bendamu di rumah dan sering kali beberapa pertanggungan kewajiban.

 Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah polis di mana perusahaan asuransi setuju untuk memberikan uang kepada penerima manfaat jika kamu meninggal. Ketika kamu membeli polis asuransi jiwa, kamu harus memutuskan siapa penerima manfaat. Biasanya keluarga dekatmu, seperti pasangan atau anak-anak.

Kamu juga perlu memutuskan antara asuransi jiwa berjangka (yang menetapkan jumlah manfaat khusus selama jangka waktu tertentu) dan asuransi seumur hidup (yang tetap berlaku sepanjang hidupmu, selama premi dibayar).

Asuransi Payung

Asuransi payung adalah jenis asuransi umum yang melengkapi polis asuransi yang lain. Asuransi payung dimulai jika tanggung jawabmu di atas dan melampaui apa yang akan dibayarkan oleh polis yang lain. Jadi, jika kamu mengajukan klaim pada asuransi kepemilikan rumah atau asuransi mobil yang melebihi batas polis, asuransi payung mungkin membayar untuk kasus itu.

Apa Itu Polis Asuransi?

Polis asuransi adalah kontrak antara kamu dan perusahaan asuransi. Polis asuransi berisi informasi penting tentang perjanjian kamu, seperti premi, deduksi, copay/ pembayaran, dan jenis kerusakan dan kewajiban apa yang akan ditanggung perusahaan asuransi.

Premi

Setiap polis asuransi termasuk premi. Premi adalah biaya polis asuransi. Kamu biasanya membayar ini secara bulanan, tahunan, atau dua tahunan. Premi akan bervariasi berdasarkan pada jumlah pertanggungan yang termasuk dalam paket, ukuran deduksi, dan riwayat.

Sebagai aturan umum, premi akan naik karena jumlah pertanggungan yang kamu inginkan naik. Selain itu, paket deduksi lebih rendah biasanya mencakup premi yang lebih tinggi. Akhirnya, orang-orang tertentu dapat mengharapkan untuk membayar lebih dari yang lain.

Seseorang dengan sejarah mengemudi yang buruk penuh dengan tilang dan kecelakaan mobil, misalnya, mungkin akan membayar premi yang lebih tinggi untuk asuransi mobil daripada seseorang yang memiliki catatan mengemudi yang bersih.

Deduksi

Deduksi adalah jumlah uang yang harus kamu bayar sendiri sebelum pertanggungan asuransi diberikan. Sebagian besar jenis polis asuransi akan menampilkan beberapa jenis deduksi. Untuk beberapa rencana, deduksi mungkin serendah $ 500, sementara beberapa polis asuransi kesehatan mungkin memiliki deduksi hingga ribuan dolar.

Bayangkan kamu mengalami kecelakaan mobil. Kamu adalah satu-satunya mobil yang terlibat, dan tidak ada cedera, tetapi mobilmu perlu diperbaiki. Kamu memiliki asuransi tabrakan, jadi kamu mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi mobil. Karena kamu memiliki deduksi $ 500, perusahaan asuransi menanggung biaya kerusakan mobilmu, dikurangi $ 500.

Beberapa polis asuransi dapat dikurangkan per klaim. Jika polis asuransi mobil memiliki jenis deduksi dan kamu mengalami kecelakaan lain di akhir tahun, kamu harus membayar deduksi yang kedua.

Copay/ Pembayaran

Copay (kependekan dari copayment)/ Pembayaran adalah fitur dari banyak polis asuransi kesehatan. Jumlah yang diminta oleh perusahaan asuransi untuk membayar sendiri untuk setiap kunjungan ke dokter. Jumlah ini biasanya jumlah flat yang cukup rendah, antara $ 15 – $ 25. Copay akan bervariasi berdasarkan pada jenis paket asuransi yang dimiliki (seperti organisasi pemeliharaan kesehatan atau organisasi penyedia pilihan).

Katakanlah kamu menjadwalkan janji temu dengan penyedia layanan primer. Perusahaan asuransi mencakup janji temu perawatan pencegahan, tetapi mereka mengharuskanmu membayar copay. Jadi ketika kamu sampai di kantor dokter, kamu harus membayar sejumlah kecil.

Copay terpisah dari deduksi. Jadi, bahkan jika kamu membayar cukup banyak untuk memenuhi deduksi tahun ini, kamu masih harus terus membayar copay di setiap janji. Satu-satunya waktu kamu tidak lagi harus membayar copay adalah jika kamu memenuhi batas maksimum pembayaran, yang merupakan fitur dalam beberapa polis asuransi kesehatan yang menentukan jumlah terbanyak yang harus dibayar sendiri dalam satu tahun.

Batas kebijakan

Untuk sebagian besar polis asuransi, perusahaan asuransi hanya akan memberikan pertanggungan hingga jumlah tertentu. Jumlah maksimum yang akan mereka bayar adalah batas cakupan. Beberapa polis asuransi akan memiliki beberapa batasan cakupan yang berlaku untuk berbagai jenis pertanggungan yang disediakan dalam polis.

Misalnya, lihat polis asuransi mobilmu. Kamu akan melihat bahwa paket yang dipilih mungkin memiliki lebih dari satu jenis cakupan. Pertama, kamu mungkin akan memiliki pertanggungan jawab. Jika kamu salah dalam kecelakaan, pertanggungan tanggung jawab kamu akan membayar biaya medis orang lain dan perbaikan mobil, tetapi hanya sampai batas tertentu. Kamu mungkin juga memiliki cakupan tabrakan, yang berarti bahwa perusahaan asuransimu akan membayar untuk perbaikan pada kendaraanmu.

Tetapi sekali lagi, mereka hanya menutup-nutupi apa pun batasan yang ada pada polis.

Sebelumnya, banyak polis asuransi kesehatan juga memasukkan batasan seumur hidup, yang berarti maksimum yang akan ditanggung perusahaan asuransi sepanjang hidupmu. Setelah kamu memenuhi batas seumur hidup, perusahaan asuransi tidak akan lagi membayar untuk perawatan medis berdasarkan polis. Batas seumur hidup ini tidak lagi sah. Namun, Undang-Undang Perawatan yang Terjangkau melarang perusahaan asuransi untuk menerapkan batasan ini.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Ditulis oleh
channel logo

Satya Nagara

Right baner

Satya Nagara

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

Saham Blue Chip

Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1