Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Pelajari

1. Panduan Dasar UI Pluang Web Trading
shareIcon

1. Panduan Dasar UI Pluang Web Trading

0 dilihat·Waktu baca: 6 menit
shareIcon
Panduan Dasar UI Pluang Web Trading

Hai Sobat Cuan, platform web trading Pluang dirancang untuk memudahkan kamu membeli dan menjual aset secara online. Panduan ini akan memberikan pemahaman dasar tentang elemen umum yang akan kamu temukan pada user interface (UI) web Pluang.

Yuk, kenali lebih jauh fitur dan UI web Pluang untuk memudahkan aktivitas investasimu!

1.1 Basic UI Guide

1.1.1 Bar Navigasi 

Bar navigasi terletak di bagian atas pada halaman utama web trading Pluang. Bar ini menyediakan akses cepat ke halaman utama seperti Trade, Portofolio, Saldo dan Riwayat Transaksi

1.1.2 Halaman Trade

Halaman Trade menampilkan harga dan data real-time untuk saham, kripto, maupun aset yang dapat diperdagangkan lainnya. Kamu dapat memilih aset mana yang akan ditampilkan pada halaman ‘Trade’ untuk melakukan analisis teknikal sebelum bertransaksi.

1.1.3 Halaman Portofolio

Halaman portofolio memberikan informasi yang komprehensif tentang kinerja dan komposisi portofolio kamu. Kamu dapat menggunakan informasi ini untuk melacak progres portofolio investasi kamu di Pluang Web Trading. 

Pada bagian atas fitur ini terdapat bagian ringkasan untuk menampilkan data grafis mengenai portofolio investasi keseluruhan. Terdapat juga bagian ‘Aset’ pada bagian bawah yang menampilkan performa terkini dari aset-aset di dalam portofolio investasimu.

Pluang menyediakan update dari berbagai kelas aset yang ada di platform kami, yakni Saham AS, Kripto, Reksadana dan Emas.

1.1.4 Halaman Saldo

Halaman saldo merupakan fitur yang menampilkan nominal saldo yang dapat kamu transaksikan di platform ini. Pluang Web Trading menyediakan informasi saldo dalam rupiah (IDR) dan dolar Amerika Serikat (USD). 

1.1.5 Halaman Riwayat Transaksi

Terakhir, kamu dapat mengakses riwayat transaksi. Halaman riwayat transaksi ini memungkinkan kamu untuk melacak semua aktivitas trading kamu di Pluang. Kamu dapat menggunakan informasi ini untuk memantau kinerja tradingmu, juga melacak keuntungan dan kerugian di portofoliomu.

 

1.2 Time Frames dan Time Intervals

Time frame adalah satuan waktu yang kamu gunakan untuk melihat pergerakan harga di chart.  Sedangkan time intervals adalah periode waktu yang ingin kamu lihat di chart. Manfaatkan fitur ini dengan baik sehingga kamu dapat menyesuaikan chart dengan gaya tradingmu, memudahkan dalam identifikasi peluang, dan mengkonfirmasi sinyal dari pola pergerakan harga.

1.3 Multiple Charts

Pluang menawarkan fitur multiple charts yang memungkinkan pengguna melihat beberapa grafik di layar yang sama dan membandingkan pergerakan harga mereka. Hal ini dapat berguna bagi trader yang ingin menganalisis hubungan antara aset yang berbeda atau mengkonfirmasi sinyal dengan melihat beberapa time frames secara bersamaan.

 

Multiple charts layout dapat diatur pada simbol ( ⃞ ) yang terletak di kanan atas.



Kamu dapat memanfaatkan fitur ini untuk menampilkan dua atau lebih chart aset yang kamu pilih. Kamu juga dapat melakukan personalisasi pada masing-masing chart aset sesuai keinginanmu. 

1.4 Watchlist

Membuat watchlist adalah praktik yang sangat direkomendasikan bagi para trader dan investor. Fitur ini dapat menghemat waktu, mengorganisasikan aset favorit, dan membantu Sobat Cuan membuat keputusan trading yang lebih disiplin dan strategis.

 

Pluang web trading menawarkan fitur watchlist yang bisa menyimpan hingga 50 aset dalam 1 watchlist. Default watchlist dapat dilihat pada panel “Default Watchlist” di panel kanan atas.

Selain itu, kamu juga bisa membuat customized watchlist sesuai keinginan mu. Berikut ini panduan untuk mempermudah kamu dalam membuat watchlist aset-aset incaran.

 

  1. Klik opsi ‘Create new list’ yang tersedia pada dropdown di bagian ‘Watchlist’ kamu.
  2. Berikan nama untuk watchlist yang akan kamu buat.
  3. Kamu dapat memilih aset-aset mana saja yang kamu ingin tambahkan dalam daftar ‘Watchlist’ kamu pada pop up yang muncul. Pilih aset yang kamu inginkan dengan ‘klik’ tanda plus pada ’ aset-aset pilihanmu.
  4. Lakukan pencarian kode aset untuk mempermudah kamu menemukan aset dalam daftar yang tersedia. 
  5. Aset-aset yang sudah kamu pilih akan langsung tampil pada daftar ‘Watchlist’.
  6. Kamu bisa menambahkan aset-aset baru pada daftar ini dengan opsi ‘Manage watchlist’

 

1.4.2 Predefined Watchlist

 

Apa itu Predefined Watchlist? Bisakah saya memodifikasinya? Predefined Watchlist adalah daftar yang dikurasi oleh Pluang berdasarkan logic yang telah ditentukan. Watchlist ini bersifat dinamis dan akan terus diperbaharui secara berkala. Watchlist ini adalah tools yang praktis, mudah digunakan, dan menghemat waktu. 

 

Berikut ini daftar watchlist terkurasi yang tersedia saat ini. 

Top Losers

  • Top Gainers/Losers: Berisi aset-aset dengan persentase kenaikan tertinggi/terendah yang di-refresh setiap 5 menit
  • Volume Shockers: Berisi aset-aset kripto dengan tingkat aktivitas perdagangan tertinggi berdasarkan volume kemarin
  • 52-Week High/Low: Berisi aset-aset yang sedang berada pada harga tertingginya selama 52 minggu yang di-refresh setiap hari
  • Newly-listed Coins: Berisi aset-aset kripto yang baru listing di Pluang
  • Fundamental Picks: Berisi aset-aset pilihan analyst diperbaharui setiap hari

 

Pluang akan menambahkan daftar-daftar watchlist di masa mendatang untuk memudahkan kamu memantau aset-aset di Pluang Web Trading.

 

Sebagai catatan, berikut ini hal-hal yang tidak dapat kamu lakukan pada daftar watchlist dalam Predefined watchlist:

  • Tidak dapat menambah/menghapus aset dari daftar watchlist
  • Tidak dapat mengganti nama watchlist
  • Tidak dapat memilah-milah aset

 

1.5 News Section

News section atau Berita memberikan insight berharga pada keputusan investasi Sobat Cuan. Selain berbagai instrumen analisis teknikal yang tersedia pada UI web, kamu dapat melakukan analisis fundamental dan sentimen pasar dari berita-berita yang terkait dengan aset-aset pada portofolio investasi melalui fitur ini. Berikut panduan untuk mengakses berita:

 

  1. Klik kode aset yang ingin kamu lihat 
  2. Fitur berita terdapat pada bagian bawah ‘Gambaran’ aset pilihanmu.
  3. News Section di Pluang Web trading terhubung ke beberapa portal berita seperti Pluang Insight, Pluang Crypto News,  Pluang US Stocks News, CNBC, Benziga, Investing.com, dan lainnya.

1.6 Order Book

Order book merupakan fitur penting pada Pluang Web Trading yang menampilkan volume dan harga jual/beli aset di market. Fitur ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu, kolom bid atau antrian order beli di bagian kiri, kolom harga di tengah, dan kolom offer/ask atau antrian order jual di bagian kanan. Pada bagian bid/offer, terlihat volume unit yang ‘mengantri’ pada harga tertentu

 

Kamu dapat mengakses fitur order book yang advanced namun ringkas lewat opsi ‘Trade’ di samping panel ‘Account Manager’



  • Bid

    • Kolom Bid berada pada sisi kiri, menampilkan volume bid yang sekaligus menjadi panel order beli. Order beli pada order book dapat kamu akses dengan ‘klik’ pada sisi kiri level harga yang kamu inginkan. Panel limit order akan langsung muncul dan kamu bisa melakukan order. 

  • Offer/Ask

    • Kolom Offer/Ask berada pada sisi kanan, menampilkan volume offer/ask yang sekaligus menjadi panel order jual. Order jual pada order book dapat kamu akses dengan ‘klik’ pada sisi kanan level harga yang kamu inginkan. Panel limit order akan langsung muncul dan kamu bisa melakukan order. 

 

1.7 Limit Order dan Stop Loss

Selain menawarkan opsi order dengan harga pasar, fitur order di Pluang juga dilengkapi dengan opsi order dengan take profit dan stop loss. Kamu dapat menggunakan fitur ini untuk menentukan posisi trading dengan mudah. Caranya dengan memasukkan level harga target profit kamu dan level stop loss saat memasukkan order.

 

Pluang juga menawarkan opsi order dengan limit, opsi order dengan stop, juga kombinasi keduanya. Kamu dapat menyesuaikan penggunaan opsi pada fitur ini sesuai dengan gaya trading kamu ya, Sobat Cuan!

 

Pelajari lebih lanjut di <CTA to Advanced Order Section>

 

1.8 Trade on Chart

 

  1. Pilih Aset 
  2. Tentukan titik masuk dan keluar pasar
  3. Klik ‘Sell’ atau ‘Buy’ pada tanda “+”
  1. Tentukan jenis order yang akan digunakan,
  2. Input jumlah unit atau nominal saldo yang akan digunakan pada transaksi
  3. Jika menggunakan opsi order dengan limit dan/atau stop, masukkan titik entry, exit dan stop loss pada kolom yang tersedia
  4. Klik ‘Buy’ atau ‘Sell’
  5. Konfirmasi Order

 

1.9 FAQ

US Stocks Extended Hours dan Verifikasi Dasar: Tanya Jawab

  1. Apa itu US Stocks Extended Hours?

US Stocks Extended Hours adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk melakukan trading aset tertentu di luar jam perdagangan reguler.  Sehingga, kamu berpotensi untuk memasang order jual dan beli sebelum pasar aset buka atau setelah pasar tutup.

  1. Bagaimana Cara Kerja Extended Hours?

Ada dua sesi utama dalam extended hours trading:

  • Pre-market trading: Periode sebelum jam buka pasar reguler, pukul 20.00 (hari trading sebelumnya)-09.00 waktu Eastern Standard Time. kamu bisa memasang order yang akan dieksekusi saat pasar saham dibuka.
  • Post-market trading: Periode setelah jam tutup pasar reguler, pukul 16.00-20.00 waktu Eastern Standard Time. Order yang dipasang selama ini akan dieksekusi secara elektronik dan mungkin bisa cocok dengan order lain di extended hours, atau ditunda hingga hari perdagangan berikutnya.
  1. Apakah Ada Minimum Order Selama Extended Hours?

Persyaratan minimum order untuk extended hours berbeda dengan jam perdagangan reguler, dimana Sobat Cuan harus melakukan order minimal sebanyak 1 lembar Saham AS yang diinginkan. 

  1. Dapatkah Saya Menggunakan Market Order Selama Extended Hours?

Tidak, kamu hanya bisa menggunakan limit order selama extended hours. Limit order memungkinkan kamu untuk menentukan harga maksimum yang kamu bersedia bayar untuk membeli aset (buy order) atau harga minimum yang kamu harapkan saat menjual aset (sell order).

  1. Di Mana Saya Dapat Melakukan Verifikasi Dasar?

Saat ini, verifikasi KYC hanya tersedia melalui aplikasi mobile Pluang. kamu bisa mengunduh aplikasi Pluang dari App Store (iOS) atau Google Play (Android).

Ditulis oleh
channel logo

Fathia Nurul Haq

Right baner

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

Pelajari Materi Lainnya

cards
Pemula
Diversifikasi 101

Salah satu konsep penting dalam investasi adalah...

no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1