Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Tiktok Shop Dilarang, Saham Shopee Kian Menarik
shareIcon

Tiktok Shop Dilarang, Saham Shopee Kian Menarik

26 Sep 2023, 10:16 AM·Waktu baca: 3 menit
shareIcon
Kategori
Tiktok Shop Dilarang, Saham Shopee Kian Menarik

Pelarangan aktivitas social commerce buat TikTok harus putar otak susun strategi baru. Simak selengkapnya di sini!

Pemerintah RI Larang Aktivitas Social Commerce 

Pada hari Senin (25/9) kemarin, Pemerintah akhirnya memutuskan untuk melarang praktik penggabungan antara media sosial dan e-commerce (social commerce). Keberadaan mereka harus dipisah atau dengan kata lain tidak boleh ada di dalam satu platform yang sama. Hal ini membuat TikTok Shop tidak boleh lagi beroperasi di dalam media sosial TikTok. TikTok hanya bisa menjadi media untuk mempromosikan tapi tidak boleh lagi memfasilitasi transaksi perdagangan jual-beli barang.

Peraturan baru tersebut akan tertuang dalam revisi terbaru Permendag Nomor 50 tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Selain itu, Pemerintah juga akan mengatur ketentuan produk impor baik harga maupun sertifikasi dan standarisasi sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sebelumnya Tiktok Shop Mengusik Eksistensi Shopee

Sejak dirilis pada 2021 lalu, TikTok Shop menguasai pasar e-commerce dengan sangat cepat hingga membuat Shopee, Lazada, dan platform lainnya mengalami penurunan pendapatan. Hal ini sangat merugikan karena platform e-commerce lainnya tidak memiliki keunggulan kompetitif seperti TikTok yang juga platform media sosial dan hiburan yang sering digunakan masyarakat. 

Regulasi yang baru diterapkan ini membuat TikTok harus putar otak untuk menyusun strategi baru. Gangguan apa pun yang dialami penjual TikTok selama transisi akan menguntungkan Shopee dan platform e-commerce tradisional lainnya dalam beberapa bulan mendatang.

Saham Shopee Kian Menarik

Platform Shopee adalah milik dari perusahaan Sea Limited yang listing di bursa amerika dengan kode ticker SE. Hampir 70% dari pendapatan SE berasal segmen e-commerce dalam hal ini Shopee. Secara geografis, Asia Tenggara juga menjadi kontributor terbesar dalam pendapatan perseroan di sekitar 75% dari total pendapatan. Oleh karena itu, apa yang terjadi di Indonesia berdampak besar terhadap harga saham Shopee (SE).

Harga saham SE telah turun 90% dari harga tertinggi sepanjang masa. Hal itu dikarenakan kekhawatiran investor atas persaingan dari Tiktok. Dengan adanya regulasi terbaru ini, saham SE menjadi sangat menarik apalagi pendapatan perusahaan terus mengalami pertumbuhan sejak IPO pada 2017 lalu.

Pada perdagangan kemarin sesaat setelah Pemerintah Indonesia mengumumkan pelarangan TikTok Shop, saham Shopee melonjak 11.79% menjadi $40,2 per saham. Analis dari Macquarie Esme Pau menilai harga wajar saham SE di level $111 per saham, mencerminkan potensi kenaikan sebesar 276% dari harga penutupan 25 September.

Berdasarkan data historisnya, rata-rata valuasi saham Shopee dalam lima tahun terakhir jika ditinjau dari rasio EV/Sales adalah 6,3x. Namun, valuasi Shopee saat ini berada di 1,6x EV/Sales dengan harga saham US$40,2 per lembar pada 25 September 2023, yang mengindikasikan bahwa harga saham Shopee sedang “murah” jika dibanding rata-rata lima tahunnya. Harga Shopee harus berada di US$158 agar mencapai level rasio EV/Sales 6,3x.

Bagi Pluang, berinvestasi pada saham Shopee sangatlah cocok bagi kamu yang memiliki gaya investasi secara nilai (value investing).

Transaksi Saham SE di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Marco Antonius

Right baner

Marco Antonius

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1