Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Kamus

Fiat Money
shareIcon

Fiat Money

11449  dilihat·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
Fiat Money

Pengertian fiat money atau uang fiat adalah mata uang keluaran-pemerintah yang tidak didukung oleh komoditas fisik, seperti emas atau perak. Namun tetap pemerintah yang menerbitkannya.

Nilai uang fiat berasal dari hubungan antara penawaran dan permintaan dan stabilitas pemerintah yang menerbitkannya. Bukan nilai komoditas yang mendukungnya seperti komoditas uang.

Sebagian besar mata uang kertas modern adalah mata uang fiat, termasuk dolar AS, euro, dan mata uang global utama lainnya.

  • Fiat money adalah mata uang keluaran-pemerintah yang tidak didukung oleh komoditas seperti emas.
  • Uang fiat memberi kontrol yang lebih besar dari bank sentral atas ekonomi karena mereka dapat mengontrol berapa banyak uang yang dicetak.
  • Sebagian besar mata uang kertas modern, seperti dolar AS, merupakan mata uang fiat.
  • Salah satu bahaya fiat money adalah pemerintah mungkin akan mencetak terlalu banyak uang, sehingga mengakibatkan hiperinflasi.

Bagaimana Fiat Money Bekerja

Fiat money hanya memiliki nilai jika pemerintah mempertahankan nilai tersebut, atau jika dua pihak dalam suatu transaksi transaksi nilai kesepakatan.

Secara historis, pemerintah akan mencetak koin dari komoditas fisik yang berharga, seperti emas atau perak, mencetak uang kertas yang dapat ditebus dengan sejumlah komoditas fisik tertentu. Uang Fiat tidak dapat dan tidak dapat ditebus.

Kata “fiat” berasal dari bahasa Latin dan syringe sebagai dekrit “itu akan” atau “biarkan saja.”

Karena uang fiat tidak terkait dengan cadangan fisik, seperti cadangan emas atau perak, uang kertas memilki risiko kehilangan nilai karena inflasi atau bahkan menjadi tidak berharga jika terjadi hiperinflasi.

Jika masyarakat kehilangan kepercayaan pada mata uang suatu negara, uang tersebut tidak akan lagi bernilai.

Berbeda dengan mata uang yang didukung oleh emas, misalnya; mata uang ini memiliki nilai intrinsik karena adanya permintaan emas dalam perhiasan dan dekorasi serta pembuatan perangkat elektronik, komputer, dan kendaraan luar angkasa.

Baca juga: Apa Itu Standar Emas?

Pertimbangan Khusus

Dolar AS asumsi sebagai uang fiat dan tender, diterima untuk pembayaran hutang dan swasta publik. Tender sah pada kenyataan adalah mata uang apa pun yang dinyatakan sah oleh pemerintah.

Banyak pemerintahan keluar mata uang fiat, kemudian sebuah administrasi legal dengan menetapkannya sebagai standar pembayaran hutang. Sebelumnya dalam sejarah AS, mata uang negara tersebut didukung oleh emas (dan dalam beberapa kasus, perak).

Pemerintah federal menghentikan masyarakat untuk menukar mata uang dengan pemerintah yang diberlakukannya Emergency Banking Act 1933. Standar emas, yang mendukung mata uang AS dengan federal emas, berakhir pada tahun 1971.

Ketika AS juga berhenti mengeluarkan emas untuk pemerintahan sebagai alat tukar untuk mata uang AS. Sejak saat itu, dolar AS diketahui didukung oleh “kepercayaan penuh dan kredit” dari pemerintah AS, “tender sah untuk semua hutang, publik dan swasta” tetapi tidak “dapat ditukarkan dengan uang yang sah di United States Treasury atau di Federal Reserve Bank manapun, Seperti mencetak tagihan tagihan AS yang digunakan untuk mengklaim.

Dalam hal ini, dolar AS sekarang “tender sah”, bukan “uang sah”, yang dapat ditukar dengan emas, perak, atau komoditas lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Uang Fiat

Kelebihan Fiat

Uang berfungsi sebagai mata uang yang bagus jika dapat memegang peran yang dibutuhkan perekonomian suatu negara dari unit moneternya – menyimpan nilai, menyediakan akun numerik, dan memfasilitasi pertukaran. Ini juga memiliki seignioreg sangat baik.

Mata uang Fiat menjadi terkenal pada abad ke-20 sebagian karena pemerintah dan bank sentral berusaha untuk melindungi ekonomi mereka dari bencanaa alam dan kehancuran siklus bisnis.

Karena uang fiat bukan merupakan sumber daya langka atau tetap seperti emas, bank sentral memiliki kendali lebih besar atas penawarannya, yang memberi mereka kekuatan untuk variabel ekonomi seperti pasokan kredit, likuiditas, suku bunga, dan perputaran uang.

Misalnya, Federal Reserve AS memiliki mandat ganda untuk menjaga tingkat pengangguran dan inflasi tetap rendah.

Baca juga: Apa Itu Pasar Uang?

Kekurangan Fiat Money

Krisis hipotek pada 2007 dan krisis keuangan berikutnya, Namun, menguatkan keyakinan bahwa bank sentral tentu bisa mencegah depresi atau resesi serius dengan pembantuan jumlah peredaran uang.

Mata uang yang terkait dengan emas, misalnya, pada umumnya lebih stabil, karena terbatasnya pasokan emas. Ada lebih banyak peluang untuk menciptakan kelimpahan dengan uang kertas karena persediaannya tidak terbatas.

Contoh Fiat Money

Negara Zimbabwe di Afrika memberikan contoh skenario skenario pada awal 2000-an. Masalah ekonomi serius, bank sentral negara itu mulai mencetak uang dengan kecepatan yang mengejutkan.

Itu mengakibatkan hiperinflasi, yang mencapai antara 230 dan 500 miliar persen pada 2008. Harga naik dengan cepat dan sudah mencantumkan kantong uang hanya untuk membeli bahan pokok. Pada puncak krisis, 1 triliun dolar Zimbabwe bernilai sekitar 40 sen dalam mata uang AS.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Unduh aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera unduh aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Galih Gumelar

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

Sosialisme

Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1