Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Siasat Bisnis Google Luncuran Pixel, Penantang Sepadan iPhone?
shareIcon

Siasat Bisnis Google Luncuran Pixel, Penantang Sepadan iPhone?

6 Oct 2023, 3:27 AM·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
Kategori
Siasat Bisnis Google Luncuran Pixel, Penantang Sepadan iPhone?

Google lagi-lagi merilis eksperimen terbarunya di segmen ponsel pintar (Pixel 8 & 8 Pro). Namun, apa sih keistimewaan produk anyar Google satu ini? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Mengenal Produk Terbaru Google

Raksasa teknologi asal Amerika, Alphabet Inc atau yang biasa kita kenal dengan Google ($GOOG) memang tak pernah main-main dalam urusan bisnisnya. Tak hanya sebagai mesin pencari yang paling banyak dipakai di dunia, Google juga terus mengembangkan sayap bisnisnya. Salah satunya dengan memasuki pasar bisnis produsen ponsel pintar.  

Merilis produk-produk canggih nan solutif yang dipakai milyaran manusia tidak lantas membuat perusahaan berpuas diri. Google diketahui masih rajin membuat inovasi-inovasi anyar dan melakukan aksi korporasi demi memantapkan posisinya di sektor teknologi, sebuah sektor yang dikenal punya kompetisi sangat ketat.

Salah satu bukti komitmen perusahaan terhadap inovasi terjadi pada pekan ini. Pada Rabu (4/10), Google menghelat sebuah acara di kota New York, AS, demi mengumumkan serangkaian produk barunya.

Google memperkenalkan perangkat baru yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI). Produk-produk yang diluncurkan meliputi ponsel pintar Pixel 8 & Pixel 8 Pro, Pixel Watch 2, Pixel Buds Pro. Peluncuran ini hanya beberapa minggu setelah Apple meluncurkan iPhone 15 dan jam tangan Series 9. Terkesan seperti “menantang” Apple,  Pixel semakin mirip dengan iPhone dan bersaing secara langsung dari segi fitur dan harga.

Lantas, seperti apa spesifikasi produk-produk baru yang diumumkan Google di perhelatan tersebut? Yuk, simak selengkapnya!

1. Pixel 8 & Pixel 8 Pro

  • Pixel 8 Pro sebanding dengan iPhone 15 Pro dengan harga $999, sementara Pixel 8 memiliki harga yang sama dengan iPhone 14 seharga $699.
  • Model Pro memiliki layar 6,7 inci, sebanding dengan opsi tampilan terbesar Apple, sementara versi biasa memiliki layar 6,2 inci.
  • Pixel 8 Pro memiliki bagian belakang matte, elemen lain yang mirip dengan desain iPhone terbaru.
  • Pixel 8 Pro memiliki sensor suhu sedangkan versi biasa tidak ada sensor suhu.
  • Kedua smartphone ini akan ditenagai oleh chip Tensor G3 baru buatan Google, menawarkan RAM sebesar 8GB pada Pixel 8 dan 12GB pada Pixel 8 Pro.
  • Layar mereka juga bisa menawarkan tingkat pembaruan variabel hingga 120Hz, peningkatan dari layar 90Hz pada Pixel 7.
  • Kedua ponsel tersebut bakal menggunakan layar dengan teknologi Actua yang dianggap 42% lebih cerah dibanding seri sebelumnya, Pixel 7.

2. Pixel Watch 2

  • Perangkat ini dijual seharga $349 tanpa fitur seluler dan $399 untuk versi yang dapat terhubung ke jaringan telepon.
  • Google Pixel Watch 2 yang baru menambahkan chip Qualcomm Inc. (Snapdragon W5 Gen 1 Qualcomm) yang lebih cepat dan rangka aluminium baru yang membuat perangkat ini lebih ringan. 
  • Pengisi daya kontak baru sekarang dapat mengisi daya Pixel Watch 2 lebih cepat daripada sebelumnya.
  • Fitur perangkat lunak baru yang paling mencolok adalah fitur keselamatan pribadi. Ini mencakup berbagi lokasi darurat dengan ID medis Anda dan Safety Check.
  • Terdapat dua sensor baru: sensor suhu kulit dan sensor aktivitas elektrodermal. 
  • Mengadopsi beberapa fitur yang sama seperti yang ditawarkan oleh perangkat pelacak kebugaran Fitbit milik Google.

3. Pixel Buds Pro

  • Adanya pembaruan perangkat lunak yang sejajar dengan beberapa fitur yang ada dalam perangkat lunak AirPods Pro terbaru dari Apple. 
  • Kualitas suara yang lebih jelas dan fitur yang bisa mengurangi kebisingan 
  • Pemutusan otomatis pada pemutaran musik jika pemakai menjawab panggilan telepon

Rencananya, fans Google sudah bisa membeli Pixel 8 dan Pixel 8 Pro serta produk anyar lainnya pada 12 Oktober mendatang. Namun, apakah Pixel benar-benar bisa menjadi amunisi Google dalam menghalangi ambisi Apple? Tunggu saja tanggal mainnya ya, Sobat Cuan!

Analisis

Segmen ponsel pintar memang bukan menjadi tumpuan utama perseroan, karena lebih dari 80% pendapatan Google berasal dari iklan (Google Search, YouTube Ads, dan situs jaringan). Sementara itu, pendapatan dari Google Play dan ponsel Pixel hanya berkontribusi sekitar 10% dari total pendapatan perseroan. Namun, peluang pertumbuhan segmen ini masih sangat signifikan. Pada 2018, segmen ini hanya bernilai $US 14 miliar tak lama berselang kontribusinya meningkat dua kali lipat  menjadi $US 29  miliar pada 2022.

Berdasarkan harga penutupan 4 Oktober 2023, GOOG sendiri kini diperdagangkan pada level 20,2 x PE-nya setahun terakhir mirip dengan rata-rata kompetitor di 19,8 x. Konsensus analis menilai harga wajar saham Google di angka US$ 149,33 dengan potensi kenaikan sebesar 9,6% dalam setahun kedepan.

Prospek saham Google kedepannya masih menarik seiring dengan inovasi yang terus dibuatnya. Bagi Pluang, berinvestasi pada saham Google sangatlah cocok bagi kamu yang memiliki gaya berinvestasi untuk jangka panjang.

Transaksi Saham GOOG di Sini!

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang untuk investasi Saham AS, emas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

Ditulis oleh
channel logo

Marco Antonius

Right baner

Marco Antonius

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
daily news
Daily News - 30 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1