Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Kamus

Repurchase Agreement
shareIcon

Repurchase Agreement

4191  dilihat·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
Repurchase Agreement

Apa itu repurchase agreement? Repurchase agreement adalah bentuk pinjaman jangka pendek untuk dealer sekuritas pemerintah.

Dalam kasus repurchase agreement, dealer menjual sekuritas pemerintah kepada investor, biasanya dalam semalam, dan membelinya kembali keesokan harinya dengan harga sedikit lebih tinggi.

Repurchase agreement adalah sesuatu yang digunakan unruk mengumpulkan modal jangka pendek. Pengertian repurchase agreement: ini merupakan alat umum dari bank sentral operasi pasar terbuka.

Bagi pihak yang menjual sekuritas dan setuju untuk membelinya kembali di masa mendatang, itu adalah repurchase agreement.

Untuk pihak di sisi lain transaski, membeli sekuritas dan setuju untuk menjual di masa mendatang, itu adalah perjanjian repurchase agreement terbalik. Jadi apa kamu sudah tau apa itu repurchase agreement?

Baca juga: Perkaya Portofolio, Ini 5 Pilihan Investasi Jangka Pendek Untukmu

Memahami repurchase agreement

Apa itu repurchase agreement? Biasanya sesuatu yang dianggap sebagai investasi yang aman karena keamanan yang dimaksud berfungsi sebagai jaminan. Itulah sebabnya sebagian besar perjanjian melibatkan Obligasi treasury Amerika Serikat.

Diklasifikasikan sebagai pasar uang instrumen, perjanjian pembelian kembali berfungsi sebagai pinjaman jangka pendek dengan jaminan dan berbunga.

Pembeli bertindak sebagai pemberi pinjaman jangka pendek, sedangkan penjual bertindak sebagai peminjam jangka pendek. Efek yang dijual adalah agunan. Dengan demikian tujuan kedua belah pihak, pendanaan dan likuiditas yang aman dapat terpenuhi.

Repurchase agreement adalah konddisi yang bisa terjadi di antara berbagai pihak. Bank sentral masuk ke dalam repurchase agreement untuk mengatur pasokan uang dan cadangan bank.

Individu biasanya menggunakan perjanjian ini untuk membiayai pembelian sekuritas utang atau investasi lainnya. Repurchase agreement adalah investasi jangka pendek, dan jangka waktunya disebut “suku bunga”, atau “jangka waktu”.

Terlepas dari kesamaan dengan pinjaman yang dijaminkan, repurchase agreement adalah pembelian aktual. Namun, karena pembeli hanya memiliki kepemilikan sementara atas sekuritas, perjanjian ini sering diperlakukan sebagai pinjaman untuk keperluan pajak dan akuntansi.

Bagaimana jika terjadi pada kasus tertentu?

Dalam kasus kebangkrutan, dalam banyak kasus investor repurchase agreement dapat menjual agunannya.

Ini adalah perbedaan lain antara pinjaman repurchase agreement dan pinjaman yang dijaminkan: Dalam kasus sebagian besar pinjaman yang dijaminkan, investor yang bangkrut akan otomatis ditahan.

Repurchase agreement yang memiliki jatuh tempo tertentu—biasanya hari atau minggu berikutnya—adalah repurchase agreement berjangka.

Seorang dealer menjual sekuritas kepada rekanan dengan kesepakatan bahwa ia akan membelinya kembali dengan harga yang lebih tinggi pada tanggal tertentu.

Dalam perjanjian ini, pihak lawan mendapatkan penggunaan efek untuk jangka waktu transaksi, dan akan mendapatkan bunga yang dinyatakan sebagai selisih antara harga jual awal dan harga pembelian kembali.

Suku bunga tetap, dan bunga akan dibayarkan pada saat jatuh tempo oleh dealer. Repurchase agreement berjangka digunakan untuk menginvestasikan uang tunai atau aset keuangan ketika para pihak tahu berapa lama mereka harus melakukannya.

Baca juga: Dukung Isu Sosial Sambil Investasi? Ini Model SRI yang Bisa Kamu Terapkan

Jenis repurchase agreement

Ada tiga jenis utama repurchase agreement. Pertama, jenis yang paling umum adalah repurchase agreement pihak ketiga. Dalam pengaturan ini, agen kliring atau bank melakukan transaksi antara pembeli dan penjual dan melindungi kepentingan masing-masing.

Ini memegang sekuritas dan memastikan bahwa trader menerima uang tunai pada awal perjanjian dan bahwa buyer mentransfer dana untuk kepentingan trader dan menyerahkan sekuritas pada saat jatuh tempo.

Kedua, dalam pengiriman khusus repurchase agreement transaksi memerlukan jaminan obligasi dii awal perjanjian dan setelah jatuh tempo. Jenis perjanjian ini tidak terlalu umum.

Ketiga, dalam repurchase agreement yang ditahan penjual menerima uang tunai untuk penjualan sekuritas tetapi menyimpannya dalam rekening kustodian untuk pembeli.

Jenis perjanjian ini bahkan kurang umum karena ada risiko penjual bisa bangkrut dan peminjam mungkin tidak memiliki akses ke agunan.

Setelah memahami pengertian repurchase agreement dan jenis-jenisnya, kita harus memahami risiko repurchase agreement.

Instrumen mitigasi risiko kredit

Repurchase agreement umumnya dipandang sebagai instrumen yang dimitigasi risiko kredit. Risiko terbesar dalam repurchase agreement adalah bahwa trader mungkin gagal mempertahankan akhir perjanjiannya dengan tidak membeli kembali sekuritas yang dijualnya pada tanggal jatuh tempo.

Dalam situasi ini, pembeli sekuritas kemudian dapat melikuidasi sekuritas untuk mencoba mendapatkan uang tunai yang dibayarkan pada awalnya. Mengapa hal ini merupakan risiko yang melekat, adalah bahwa nilai sekuritas mungkin telah menurun sejak penjualan awal.

Dan demikian dapat membuat pembeli tidak memiliki pilihan selain memegang kemanan yang tidak pernah dimaksudkan untuk dipertahankan dalam jangka panjang.

Di sisi lain, ada juga risiko bagi peminjam dalam transaksi ini; jika nilai sekuritas naik di atas persayaratan yang disepakati, kreditor tidak boleh menjual kembali sekuritas tersebut.

Secara umum, risiko kredit untuk repurchase agreement adalah bergantung pada banyak faktor. Termasuk ketentuan transaksi, likuiditas sekuritas, spesifikasi pihak lawan yang terlibat, dan banyak lagi.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

Ditulis oleh
channel logo

Dewi Kharisma

Right baner

Dewi Kharisma

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

Interest Rate Swap

Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1