Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Kamus

Globalisasi
shareIcon

Globalisasi

20017  dilihat·Waktu baca: 9 menit
shareIcon
Globalisasi

DEFINISI

Apa itu Globalisasi? Globalisasi adalah proses ekonomi yang tersebar di seluruh dunia menjadi lebih terhubung secara kompleks, menciptakan dan menjual produk lintas batas negara. 

Memahami apa itu Globalisasi

Kamu mungkin pernah mendengar tentang globalisasi dalam konteks outsourcing (pekerjaan pindah ke luar negeri), tetapi globalisasi memiliki arti yang lebih luas. Globalisasi adalah proses ekonomi yang berbeda di seluruh dunia menjadi lebih saling ketergantungan. Di masa lalu, kamu mungkin melihat gandum tumbuh, berubah menjadi tepung, dipanggang menjadi roti, dan diperdagangkan dengan tetangga untuk membeli keju.

Di dunia modern, lebih umum melihat gandum ditanam di satu negara, dikirim ke penggilingan di negara lain, dijual sebagai tepung ke negara lainnya, dan akhirnya dijual ke seseorang yang hidup di benua lain seluruhnya. Penggunaan faktor-faktor produksi dari seluruh dunia ini membentuk sistem ekonomi yang jauh lebih terhubung. Proses menjadi terhubung inilah yang disebut globalisasi.

CONTOH APA ITU GLOBALISASI

Manufaktur otomatis adalah contoh utama globalisasi. Pada awal abad ke-20, sebuah mobil mungkin telah diproduksi dengan hampir seluruh rantai pasokannya di satu negara, dari penambangan logam, perakitan hingga penjualan akhir ke konsumen.

Saat ini, sudah umum bagi perusahaan mobil untuk memiliki kepemilikan di satu negara, manufaktur di negara lain, bahan bakunya dari beberapa benua, dan konsumen akhir di seluruh dunia.

Kesimpulan

Globalisasi seperti bergerak dari kota kecil ke kota besar …

Di kota kecil, mungkin ada lebih sedikit pekerjaan, lebih sedikit barang dan jasa yang tersedia, dan beragam tetangga yang kurang beragam. Di kota besar, kamu mungkin merasa kurang aman, tetapi ada lebih banyak peluang untuk bekerja, mengalami hal-hal baru, dan bertemu orang baru.

Demikian pula, ekonomi yang kurang terglobalisasi pada abad ke-20 mungkin terasa lebih aman bagi sebagian orang, tetapi globalisasi di abad ke-21 telah membuka mekanisme kemajuan dan inovasi ekonomi yang luar biasa – meskipun bukan tanpa risiko.

Ketahui Lebih Lanjut …

Apa yang menyebabkan peningkatan globalisasi? Bagaimana sejarah globalisasi?

Apa dampak globalisasi?

Apa kelebihan dan kekurangan dari globalisasi?

Bagaimana dampak globalisasi terhadap bisnis?

Dampak globalisasi terhadap pekerjaan?

Bagaimana globalisasi berdampak pada defisit perdagangan?

Apa yang Menyebabkan Peningkatan Globalisasi?

Globalisasi adalah proses integrasi antar tempat. Secara sederhana, dapat dianggap sebagai perdagangan internasional. Sementara banyak faktor yang telah berkontribusi dalam peningkatan globalisasi, ada dua faktor utama penyebab peningkatan konektivitas yang cepat di seluruh dunia.

Pertama adalah transportasi – Kemampuan untuk menggerakkan orang dan produk di seluruh dunia, membuat tempat menjadi lebih dekat satu sama lain. Di era modern kargo udara, makanan laut dapat mencapai piring di sebuah restoran ribuan mil jauhnya pada hari yang sama ketika ditangkap. Produk yang ditanam di belahan bumi lain membuat buah-buahan dan sayuran musiman tersedia sepanjang tahun. Dan kontainerisasi sistem transportasi laut, kereta api, dan jalan menghubungkan komunitas dengan cara yang memungkinkan agar barang-barang yang diproduksi di manapun di dunia ini menemukan jalan mereka ke pengecer lokal mu.

Kedua adalah komunikasi – Di zaman kontak konstan, tidak ada jarak yang dapat memisahkan kemampuan kita untuk berbicara satu sama lain. Kita semua memiliki ponsel dalam jangkauan tangan, yang sebagian besar memiliki koneksi ke internet. Kemajuan yang luar biasa dalam komunikasi ini berarti bahwa kita dapat menempatkan dan menerima pesanan, mengelola tenaga kerja kita, memeriksa kemajuan proyek, dan menangani gangguan secara real-time dan dari mana saja.

Kedua faktor ini telah membuat dunia menjadi tempat yang jauh lebih kecil dan telah menghubungkan ekonomi secara mendalam.

Bagaimana Sejarah Globalisasi?

Sementara kata “globalisasi” dipopulerkan pada tahun 1970-an, proses mengintegrasikan ekonomi kontinental dapat ditelusuri kembali ke beberapa inovasi kunci yang terjadi berabad- abad lalu. Penulis dan kolumnis New York Times Thomas Friedman mematok awal proses menuju pelintasan transatlantik tahun 1491.

Beberapa sejarawan berpendapat bahwa perdagangan global dapat ditelusuri kembali lebih jauh. Tetapi periode pembangunan kekaisaran dan penjajahan selama abad ke-16 dan 17 tentu saja merupakan langkah menuju globalisasi.

Namun, revolusi industri menandai awal dari terhubungnya dunia (connected world) yang kita tinggali saat ini. Jalur kereta api dan kapal bertenaga uap secara dramatis meningkatkan kemampuan untuk memindahkan barang. Sementara itu, mesin uap mengawali peningkatan besar-besaran dalam pembuatan barang untuk diangkut. Demikian juga, telegram memulai proses pengurangan waktu dalam mengirim dan menerima informasi di seluruh dunia.

Baca juga: Apa itu Margincall

Mulai awal tahun 1900-an, mobil pribadi mulai mengubah mobilitas tenaga kerja, yang memungkinkan orang untuk pindah atau bepergian ke tempat kerjanya. Telepon meningkatkan komunikasi lebih jauh lagi. Dan kemudian pesawat terbang. Antara perang saudara dan perang dunia pertama, teknologi mendorong ekonomi global ke wilayah baru dan menggeser rumah tangga umunya dari lahan pertanian ke kota.

Pertengahan abad ke-20 terperosok dalam konflik global. Sebagian besar inovasi yang mendorong globalisasi dicurahkan untuk berperang dan merancang senjata. Dari upaya- upaya militer itu muncul kemajuan dalam transportasi, komunikasi, obat-obatan, dan energi yang merevolusi segala kegiatan penduduk. Dan, dengan AS yang terlindung dari kehancuran perang, menjadikan industri manufakturnya memimpin dunia.

Sejak tahun 1990-an, globalisasi berkembang jauh lebih cepat dengan kemajuan teknologi informasi, pertumbuhan perusahaan multinasional, dan peningkatan perjanjian perdagangan internasional. Internet jaringan operasi bisnis internasional. Aliran informasi melintasi lautan secara real time meningkatkan koordinasi lintas batas dan memungkinkan karyawan untuk bekerja lebih jauh dari kantor pusat perusahaan.

Kehadiran perusahaan di beberapa negara juga menghancurkan gagasan kepemilikan satu negara. Perusahaan multinasional memperluas jangkauan mereka dan membawa para pemimpin global ke meja yang sama.

Ketika arus komoditas (bahan baku), barang setengah jadi (bagian yang digunakan untuk membuat produk akhir), dan produk jadi konsumen bergerak lebih mantap di antara unit-unit bisnis, rasa proteksionisme memudar, dan banyak hambatan perdagangan yang ketinggalan zaman dihilangkan. Upaya ini menghasilkan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) pada tahun 1994, Wilayah Ekonomi Eropa pada tahun 1994, dan penciptaan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) yang didirikan pada tahun 1995. Perjanjian perdagangan lainnya, termasuk satu perjanjian perdagangan antara Amerika Serikat dan Eropa , telah dinegosiasikan sejak itu.

Apa Dampak Globalisasi?

Pada abad ke-21, kemajuan dalam transportasi telah menurunkan biaya pengiriman produk di seluruh dunia. Biaya pengiriman sangat rendah sehingga seringkali lebih murah membayar seseorang di China untuk menciptakan suatu barang, ditambah biaya pengiriman, daripada membayar orang Amerika untuk menciptakan barang yang sama.

Proses perpindahan pekerjaan ke negara-negara dengan tenaga kerja lebih murah disebut outsourcing. Salah satu efek dari globalisasi adalah bahwa banyak bisnis mencari biaya produksi terendah, di manapun ditemukannya di dunia ini. Akibatnya, tenaga kerja berketerampilan rendah di negara-negara maju bersaing dengan tenaga kerja berketerampilan serupa di negara-negara berkembang dengan populasi yang mau bekerja dengan uang yang jauh lebih sedikit.

Hasilnya adalah upah yang lebih rendah atau hilangnya kesempatan kerja bagi sebagian besar orang Amerika, sementara itu, kekuatan yang sama telah mengangkat jutaan orang di seluruh dunia keluar dari kemiskinan.

Biaya produksi yang lebih rendah juga menyebabkan biaya yang lebih rendah bagi konsumen, lebih banyak akses ke barang-barang konsumen, dan lebih banyak keuntungan bagi banyak pemilik bisnis.

Globalisasi menciptakan pasar yang lebih besar untuk bisnis di seluruh dunia, menyelaraskan kepentingan keuangan negara, dan seringkali memungkinkan masing-masing negara mengkhususkan diri dalam hal-hal terbaik yang bisa mereka lakukan. Ditambah lagi, ketika negara-negara mendapat manfaat dari perdagangan, mereka cenderung bersaing satu sama lain.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Globalisasi?

Seperti lainnya, ada pro dan kontra yang terkait dengan globalisasi. Dan, seperti kebanyakan hal, ada pemenang dan pecundang. Karena itu, topiknya bisa sangat kontroversial dan bersifat politis. Namun, berikut adalah beberapa keuntungan dan kerugian umum dari globalisasi:

Keuntungan

  • Berkurangnya kemiskinan ekstrem
  • Biaya produksi menurun
  • Produk konsumen menjadi lebih murah
  • Usaha kecil memiliki akses ke pasar yang lebih besar
  • Meningkatnya variasi produk untuk konsumen
  • Keuntungan perusahaan menjadi lebih tinggi
  • Persaingan berkurang

Kekurangan

  • Lebih banyak kompetisi untuk pekerja berketerampilan rendah menekan upah di negara maju
  • Kehilangan pekerjaan di negara-negara maju
  • Pengawasan ketenagakerjaan   yang lebih rendah (di negara-negara   kurang berkembang), menyebabkan beberapa pelanggaran hak asasi manusia
  • Masalah keuangan bergerak melalui pasar global

Bagaimana Dampak Globalisasi terhadap Bisnis?

Dalam ekonomi pasar bebas modern, segala sesuatu yang dilakukan bisnis cenderung menjangkau lintas batas nasional. Pelanggan dapat tinggal di mana saja di dunia ini, memesan lewat internet, dan menerima produk mu dari ribuan mil jauhnya hanya dalam beberapa hari.

Jika bisnis mu adalah membuat produk fisik, kamu memperoleh sumber bahan dari satu benua, memproduksinya di benua lain, dan menjualnya di benua lainnya – Semua dari kantor pusat mu di benua lain sekaligus.

Globalisasi telah mengubah apa arti dari menjalankan bisnis. Informasi jauh lebih mudah ditemukan, menaikkan kompetisi dan menekan harga. Pekerjaan dapat dilakukan dari jarak jauh, mengubah cara kita pergi ke pekerjaan kita dan memungkinkan untuk mengekspor barang dan jasa. Pelanggan dapat menemukan pekerjaan tanpa berjalan ke toko. Dan sistem transportasi menyatukan semuanya dalam rantai pasokan jaringan global.

Hasil akhirnya adalah bahwa bisnis telah secara dramatis dipengaruhi oleh keterkaitan sistem ekonomi dalam ekonomi dunia. Basis konsumen potensial perusahaan telah berubah dari beberapa ribu orang yang tinggal di daerah terdekat menjadi miliaran orang di seluruh dunia.

Akses ke bahan dan manufaktur dari mana pun di dunia ini hanya dengan beberapa klik saja. Semua ini menyebabkan biaya yang lebih rendah, lebih banyak kompetisi, dan keuntungan yang lebih baik untuk banyak bisnis.

Bagaimana Dampak Globalisasi terhadap Pekerjaan?

Perusahaan dalam bisnis menghasilkan uang. Untuk melakukannya, mereka biasanya mencari cara termurah untuk membuat suatu produk. Tidak hanya biaya yang lebih rendah menyebabkan margin kotor yang lebih tinggi, juga memungkinkan bisnis untuk lebih kompetitif dengan harga guna menarik pangsa pasar yang lebih besar.

Karena biaya pengiriman menurun, perbedaan dalam biaya tenaga kerja antara lokasi manufaktur menjadi lebih penting. Misalnya, jika diperlukan 100 jam kerja untuk merakit mobil, kamu dapat menghitung biaya tenaga kerja per mobil dengan mengalikan biaya tenaga kerja rata-rata dengan 100. Jika seseorang di AS memiliki upah yang diperlukan $ 25 per jam, mobil itu memiliki $ 2.500 tenaga kerja terkait dengan merakitnya.

Jika seseorang di Cina bersedia melakukan pekerjaan yang sama dengan $ 5 per jam, biaya tenaga kerjanya turun menjadi $ 500. Selama biaya tambahan untuk mengirimkan mobil dari China kurang dari $ 2.000, perusahaan dapat mengurangi biaya perakitan mobil tersebut dengan membuka pabrik di daerah dengan upah yang lebih rendah kemudian mengirimkannya.

Baca Juga: Investasi emas non-fisik dalam bentuk emas EFT vs emas Berjangka, apa bedanya?

Dengan cara ini, globalisasi telah mengakibatkan banyak pekerjaan manufaktur bergerak ke daerah-daerah dengan upah lebih rendah di dunia. Jadi, dalam contoh ini, pekerja kelas menengah AS dengan upah lebih tinggi akhirnya kehilangan pekerjaan, sementara pekerja Cina yang miskin dengan upah lebih rendah mendapatkan pekerjaan.

Perusahaan pelayaran juga akhirnya mendapat tambahan pekerjaan. Orang yang membeli mobil akhirnya membayar lebih sedikit, sehingga memungkinkan mereka menggunakan uang itu untuk keperluan lain. Di mana pun mereka menghabiskan uang itu, bisnis-bisnis itu pada akhirnya membutuhkan lebih banyak pekerja untuk menangani peningkatan bisnis.

Tidak ada jumlah pekerjaan tetap di dunia, dan globalisasi bukanlah permainan zero-sum. Semuanya terhubung. Ketika beberapa pekerjaan hilang, seringkali, pekerjaan lain diciptakan bahkan jika itu bukan jumlah pekerjaan yang sama dengan yang hilang. Sementara itu, memang menyebabkan beberapa pengangguran struktural, biasanya ada keuntungan yang mengimbangi sehingga menghasilkan pertumbuhan ekonomi.

Bagaimana kamu menimbang dampak positif dan negatif tersebut umumnya akan bergantung pada apakah kamu adalah orang yang kehilangan pekerjaan atau jika kamu adalah orang yang mendapat manfaat dari situasi tersebut.

Bagaimana Globalisasi Berdampak pada Defisit Perdagangan?

Defisit perdagangan (trade defisit) adalah perbedaan antara nilai barang-barang yang diekspor suatu negara dengan impor. Dalam ekonomi tertutup (closed economy), orang- orang yang tinggal di suatu daerah akan membuat semua yang mereka butuhkan.

Semua perdagangan akan terjadi dalam perekonomian. Tapi mungkin sesuatu yang kamu inginkan tidak dapat dibuat di tempat tinggalmu. Dalam ekonomi tertutup seseorang yang tinggal di New York tidak akan pernah merasakan nanas.

Perdagangan memungkinkan orang untuk mengakses barang-barang yang tidak mereka miliki dengan menyerahkan barang-barang yang mereka miliki. Akibatnya, kedua orang biasanya lebih baik, dan mereka dapat memfokuskan upaya mereka pada keunggulan komparatif mereka. Membandingkan nilai barang yang dijual dengan nilai barang yang dibeli akan memberi mu neraca perdagangan.

Baca juga: Berburu kebahagiaan? coba ke 10 negara paling bahagia ini Yuk!

Jika kamu hanya memperdagangkan uang untuk barang yang diproduksi di tempat lain, tidak ada nilai ekspor untuk mengimbangi nilai impor. Karena itu, kamu akan mengalami defisit perdagangan. Dengan kata lain, kamu menerima barang tanpa menjual apa pun (di luar perbatasan negaramu).

Globalisasi telah secara signifikan meningkatkan volume perdagangan. Akibatnya, neraca perdagangan telah tumbuh selama beberapa dekade terakhir. Tempat-tempat dengan banyak uang, seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa, cenderung membeli barang-barang yang dibuat di tempat lain dengan lebih murah tanpa mengekspor sebanyak mungkin produk yang mereka beli.

Dengan demikian, AS telah mengalami defisit perdagangan yang meningkat selama bertahun- tahun. Itu tidak berarti bahwa AS berhutang produk ke negara-negara lain. Ini hanya berarti bahwa orang Amerika telah membeli lebih banyak barang dari bagian dunia lain daripada yang dibeli negara lain dari bisnis Amerika selama tahun itu.

sumber: Robinhood

Simak juga:

Apa itu pasar saham?

Ditulis oleh
channel logo

Satya Nagara

Right baner

Satya Nagara

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

Hawkish dan Dovish

Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1