Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Pendapatan Salesforce Inc (CRM) Pada 4Q23 Bertumbuh 10% YoY
shareIcon

Pendapatan Salesforce Inc (CRM) Pada 4Q23 Bertumbuh 10% YoY

29 Feb 2024, 3:53 AM·Waktu baca: 2 menit
shareIcon
Kategori
Pendapatan Salesforce Inc (CRM) Pada 4Q23 Bertumbuh 10% YoY

Salesforce Inc (CRM) baru saja merilis laba dan pendapatannya di kuartal IV 2023. Lantas, seperti apa hasilnya? Simak selengkapnya di bawah ini!

Kinerja Keuangan Salesforce Inc (CRM) Mengesankan

Salesforce Inc (CRM) adalah pelopor penyedia layanan solusi komputasi awan dengan fokus pada manajemen hubungan pelanggan atau CRM. 

Pada kuartal 4 tahun 2023, Salesforce Inc (CRM) berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 10%  jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Perusahaan berhasil membukukan pendapatan sebesar US$9,3 miliar atau lebih tinggi 0,7% dibandingkan dengan ekspektasi analis. Sedangkan untuk sisi bottom-line, NVDA berhasil memiliki EPS sebesar US$2,29 atau lebih tinggi 1,1% dibandingkan dengan ekspektasi analis yang berada di level US$2,27.

Keluarnya laporan keuangan 4Q23, membuat kinerja pendapatan perusahaan secara tahunan berhasil tumbuh 11% YoY menjadi US$34,9 miliar. Pada tahun ini, pendapatan di topang oleh segmen subscription and support yang memiliki proporsi sebesar 93,0% (sebesar US$29,0 miliar. Sedangkan segmen professional service and others memiliki proporsi sebesar 7% dari total pendapatan CRM secara tahunan atau sebesar US$2,3 miliar. 

Selanjutnya dari sisi profit, laba kotor CRM menunjukan pertumbuhan positif yang ditunjukan oleh pertumbuhan gross margin dari 73,3% di tahun 2022 menjadi 79,5% di tahun 2023. Sedangkan dari sisi bottom line, perusahaan berhasil mencetak laba bersih sebesar US$5,2 miliar atau dengan net margin sebesar 16,7%. Apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, NVIDIA Corp (NVDA) hanya mampu mencetak net margin sebesar 17,6%. Dari laba per saham (EPS) tahunan di tahun 2023, perusahaan tercatat berada di level US$5,2 lebih tinggi dibandingkan tahun 2022, yani sebesar US$4,8. 

Proyeksi Masa Depan

Secara long-run, CRM diproyeksikan akan memiliki pendapatan senilai US$48,2 miliar pada 2026 atau dengan pertumbuhan sebesar 11,4% CAGR dari 2022 sampai 2026.

Pertumbuhan pendapatan yang positif kedepannya tidak luput dari aksi CRM untuk menciptakan inovasi-inovasi baru di jagat perangkat lunak. Sebagai buktinya, CRM menganggarkan dana research and development senilai US$4,9 miliar pada  2023 dan diproyeksikan akan terus bertambah hingga US$5,6 miliar di tahun 2026. 

Kedepannya, segmen subscription and support masih akan menjadi penopang pendapatan perusahaan seiring dengan kontrak kerjasama jangka panjangnya dengan e-commerce di berbagai belahan dunia, salah satunya adalah Tokopedia. 

Ditulis oleh
channel logo

Marcella Kusuma

Right baner

Marcella Kusuma

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
saham AS ahead
The Week Ahead - Saham AS 28 Agustus 2023
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1