Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Kamus

NASDAQ VS S&P 500
shareIcon

NASDAQ VS S&P 500

4715  dilihat·Waktu baca: 6 menit
shareIcon
NASDAQ VS S&P 500

Ini dia kisah dua indeks saham Nasdaq VS S&P 500 yang harus kamu ketahui.

Indeks S&P 500 adalah pilihan investasi yang baik jika kamu ingin melakukan diversifikasi di luar pasar ekuitas India. Namun, mengikuti cara indeks S&P 500 bukanlah satu-satunya pilihanmu. Indeks pasar ekuitas Amerika lainnya yang populer dan dilacak secara luas adalah Nasdaq 100.

Bagaimana jika dibandingkan dengan indeks S&P 500? Manakah dari keduanya yang harus kamu pilih? Lalu bagaimana kalau Nasdaq VS S&P 500?

Baca terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut, ya!

Mari kita lihat bagan ini:

Meskipun S&P 500 dapat membantumu melakukan diversifikasi di berbagai industri (industri yang tumbuh cepat dan matang). Nasdaq 100 akan memberimu eksposur terkonsentrasi ke sektor teknologi.

Oleh karena itu, berinvestasi di Nasdaq 100 terbukti sangat bermanfaat (melalui eksposur ke perusahaan teknologi yang berkembang pesat) dan tergantung pada keberuntungan sektor pada saat itu.

Mari kita lihat beberapa data tentang performa indeks dalam jangka panjang.

Baca: Apa Itu NASDAQ?

Pengembalian yang lebih baik

Untuk analisis kami, kami menghitung pengembalian bergulir 5 tahun menggunakan data 33 tahun pada S&P 500 TR (INR) dan Nasdaq 100 (INR) dari Jan-88 hingga Apr-20.

Indeks pasar Amerika, S&P 500 TR, dan Nasdaq 100 telah dikonversi menjadi setara rupee (INR) menggunakan nilai tukar USD-INR yang relevan. TR menunjukkan pengembalian total dan termasuk dividen (diasumsikan diinvestasikan kembali dalam indeks). Pengembalian Nasdaq 100 (INR) telah disesuaikan untuk memasukkan hasil dividen 1%.

Data menunjukkan kamu memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengembalian yang lebih tinggi dengan Nasdaq 100 (INR) dibandingkan dengan S&P 500 TR (INR).

Selama 33 tahun terakhir, Nasdaq 100 (INR) telah memberi investor pengembalian 5 tahun tahunan sebesar 15% atau lebih tinggi, 61% dari waktu. S&P 500 TR (INR) telah melakukan ini hanya 54% dari waktu. Lihat tabel untuk lebih jelasnya.

Tapi, bagaimana dengan volatilitas? Apakah Nasdaq 100 dengan laba lebih tinggi juga lebih tidak stabil daripada S&P 500? Kami memeriksa ini menggunakan beberapa indikator.

Volatilitas yang lebih tinggi

Penarikan maksimum

Kami menggunakan grafik drawdown maksimum untuk melihat bagaimana kinerja kedua indeks di tahun-tahun pasar turun. Grafik memplot penurunan nilai indeks setiap hari relatif terhadap nilai puncaknya hingga hari itu, selama periode waktu tertentu.

Indeks yang lebih volatil akan memiliki drawdown yang lebih curam. Kamu dapat melihat dari grafik bahwa Nasdaq 100 lebih volatil dan signifikan selama tahun 2000-an.

Kami juga memilih beberapa kasus penurunan tajam (dari grafik di atas) pada periode waktu yang berbeda. Lihat grafik di bawah ini.

Kecuali pada tanggal 23 Maret-20, penurunan Nasdaq 100 (INR) lebih curam daripada penurunan S&P 500 TR (INR).

Penarikan maksimum intra-tahun

Perbedaan volatilitas dari kedua indeks tersebut disorot lebih jauh saat kamu melihat grafik volatilitas intra-tahun. Bagan di bawah ini menampilkan penurunan nilai indeks setiap hari dibandingkan dengan puncak yang dicapai pada tahun tersebut.

Apa yang kami temukan di antara Nasdaq VS S&P 500?

Dalam 26 dari 33 tahun, penarikan intra-tahun Nasdaq 100 (INR) lebih tajam daripada penarikan S&P 500 TR (INR)!

Baca: Serba-serbi Indeks S&P 500, Bursa Saham dengan Pengukuran Terbaik di AS

Jangkauan pengembalian enam bulan yang lebih luas

Cara lain untuk mengukur tingkat volatilitas indeks adalah dengan memeriksa kisaran pengembalian 6 bulannya selama periode waktu tertentu. Semakin luas rentang pengembaliannya, semakin besar volatilitasnya. Lihat tabelnya ini:

Seandainya kamu berinvestasi di Nasdaq 100 (INR), pengembalian 6 bulan kamu bisa bervariasi dari -60% hingga 99% selama 33 tahun terakhir. Dengan indeks S&P 500 TR (INR), pengembalianmu akan berfluktuasi dalam kisaran yang lebih sempit, dari -36% hingga 74%.

Selanjutnya, kami menyempurnakan hasil kami dengan mengecualikan pengembalian ekstrim (pengembalian atas dan bawah 2,5%) untuk setiap indeks. Mari kita lihat tabel kedua yang menunjukkan rentang yang berisi 95% kemungkinan pengembalian. Bahkan setelah pengembalian ekstrem dikecualikan, kisarannya masih lebih lebar untuk Nasdaq 100 (INR) daripada untuk S&P 500 TR (INR). Meskipun keduanya lebih sempit dari sebelumnya.

Jadi, meskipun Nasdaq 100 (INR) memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mendapatkan pengembalian jangka panjang yang lebih tinggi, kemungkinan akan datang dengan volatilitas yang lebih besar dalam jangka pendek.

Diversifikasikan risikomu

Sama seperti S&P 500, Nasdaq 100 juga dapat membantumu mendiversifikasi risiko investasi geografismu di luar pasar India dan ke indeks saham Amerika dan juga secara global, sampai batas tertentu.

Secara umum, tujuan diversifikasi paling baik dicapai ketika kamu berinvestasi dalam aset (indeks saham dalam kasus kami) yang pergerakannya tidak terkoordinasi. Begitulah cara untuk Sensex dan S&P 500 (lihat blog sebelumnya).

Begitu pula untuk Sensex dan Nasdaq 100. Lihat grafik di bawah ini.

Seperti yang kamu lihat, kinerja tahun kalender Sensex dan Nasdaq 100 sangat berbeda satu sama lain di hampir semua tahun. Ketika satu indeks berkinerja sangat baik, indeks lainnya tidak begitu baik atau bahkan telah mengakhiri tahun dengan turun.

Dengan berinvestasi di indeks Nasdaq 100 (atau S&P 500), selain tetap berinvestasi di Sensex, kamu dapat mengurangi risiko dari berinvestasi murni di pasar ekuitas India.

Lebih lanjut, seperti halnya S&P 500 (atau indeks saham Amerika lainnya), berinvestasi di Nasdaq 100 juga memberimu keuntungan depresiasi rupee. Ketika rupee melemah relatif terhadap dolar, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih baik dari S&P 500 dalam bentuk rupee, untuk pengembalian dolar yang sama.

Selama Jan-88 hingga Apr-20, sementara Nasdaq 100 (USD) tumbuh 55 kali lipat, Nasdaq 100 (INR) tumbuh 324 kali lipat! Ini berkat depresiasi 6 kali lipat dalam rupee dari Rs. 13 sampai Rs. 77 dolar selama periode ini.

Baca: app-webviews-privacy

Valuasi antara Nasdaq VS S&P 500

Saat ini, Nasdaq 100 diperdagangkan pada P / E dua belas bulan hampir 27 kali lipat (Bloomberg). Ini lebih tinggi dari rata-rata 10 tahun 22 kali dan berada di ujung atas rentang historisnya 15 – 28 kali dari Des-09 hingga Des-19 (Motilal Oswal). Dengan penilaian di atas rata-rata, investor dapat berinvestasi di indeks ini secara terhuyung-huyung.

S&P 500, di sisi lain, diperdagangkan pada 19,3 kali (Bloomberg), mendekati rata-rata historisnya. Meskipun perhatikan, secara historis, Nasdaq 100 telah diperdagangkan dengan penilaian yang lebih mahal daripada S&P 500 mengingat persentase besar saham teknologi pertumbuhan tinggi di dalamnya, yang juga memiliki banyak buzz di sekitarnya.

Rekomendasi kami dalam Nasdaq VS S&P 500

Jika kamu menginginkan diversifikasi global dengan potensi pengembalian jangka panjang yang lebih tinggi dan volatilitas rendah, maka kamu dapat mempertimbangkan untuk memasukkan 10-20% dari alokasi ekuitasmu ke dalam S&P 500.

Jika kamu ingin menargetkan pengembalian yang lebih tinggi (lebih baik daripada S&P 500) dan siap untuk mengambil volatilitas yang lebih tinggi, maka kamu dapat mempertimbangkan untuk menginvestasikan 10-20% dari alokasi ekuitasmu di Nasdaq 100. Ini untuk mereka yang bersikap bullish pada perusahaan teknologi .

Investasi di salah satu indeks akan membantumu mendiversifikasi risiko investasi dan juga memberimu manfaat depresiasi rupee.

Indeks mana pun yang kamu pilih, kami menyarankan agar kamu mengatur investasi ini secara bertahap selama 3-6 bulan ke depan.

Sulit untuk mengatakan apakah pasar telah mencapai titik terendah atau mungkin jatuh lebih jauh. Dengan mengejutkan investasimu, kamu memastikan bahwa tidak kehilangan kesempatan membeli yang menarik di masa depan, jika pasar semakin jatuh. 

Nah, itu tadi kurang lebih perbandingan dua indeks Nasdaq VS S&P 500 yang harus kamu ketahui.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: fundsindia.com

Baca juga:

Apa Itu NASDAQ?(Opens in a new browser tab)

app-webviews-privacy(Opens in a new browser tab)

Serba-serbi Indeks S&P 500, Bursa Saham dengan Pengukuran Terbaik di AS

Ketegangan AS-Cina Berlanjut, Di Mana Peran Pemerintah Indonesia?

Ditulis oleh
channel logo

Linda Noviana

Right baner

Linda Noviana

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

Produk Domestik Bruto

Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1