Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Kamus

Korelasi
shareIcon

Korelasi

11532  dilihat·Waktu baca: 7 menit
shareIcon
Korelasi

DEFINISI

Korelasi adalah ukuran keuangan yang berguna untuk menggambarkan bagaimana harga berbagai aset bergerak memiliki hubungan satu sama lain.

? Memahami Korelasi

Korelasi adalah tentang sejauh mana harga berbagai aset bergerak bersama. Jika harga bergerak dalam proporsi yang sama, mereka memiliki korelasi yang tinggi. Apabila mereka bergerak berlawanan arah, mereka memiliki korelasi negatif yang tinggi.

Jika harga aset yang berbeda bergerak dengan cara yang umumnya tidak terkait satu sama lain, mereka memiliki korelasi yang rendah. Korelasi biasanya diukur di berbagai kelas aset seperti saham, obligasi, mata uang, dan komoditas. Juga dapat diukur sehubungan dengan sekuritas dari kelas aset yang sama, seperti antara dua saham terpisah.

Korelasi biasanya dihitung untuk periode waktu tertentu. Memahami korelasi berbagai aset menjadi penting dalam mengelola tingkat risiko dalam suatu portofolio – Jika semua aset saling berkorelasi satu sama lain, maka risikonya lebih besar.

Contoh

Mari kita lihat sebuah contoh dengan dua perusahaan fiksi. Satu disebut Lead Corp, lainnya disebut Apex Tech. Selama lima hari terakhir, saham fiksi Lead Corp telah ditutup pada:

1. $ 200

2. $ 195 ($ 5 turun)

3. $ 197 ($ 2 naik)

4. $ 202 ($ 5 naik)

5. $ 204 ($ 2 naik).

Sedangkan, saham Apex Tech telah ditutup pada:

1. $ 100

2. $ 110 ($ 10 naik)

3. $ 115 ($ 5 naik)

4. $ 112 ($ 3 turun)

5. $ 110 ($ 2 turun).

Seperti yang kamu lihat, harga saham kedua perusahaan tampaknya tidak bergerak secara bersamaan – Ini berarti bahwa dua saham memiliki korelasi yang rendah – atau bahkan korelasi negatif – selama lima hari tersebut. Hanya menunjukkan beberapa perhitungan matematis yang dapat mengonfirmasinya saja.

Kesimpulan

Korelasi seperti ikan yang bergerak di laut …

Di lautan, kamu biasanya akan menemukan dua jenis ikan. Satu jenis yang bergerak di aliran, di mana semua ikan bergerak serentak dengan gerakan terkoordinasi (korelasi tinggi). Jenis ikan lain bergerak secara independen, dan dalam arah yang berbeda (korelasi rendah). Sama halnya dengan harga dari beberapa aset, bisa bergerak bersamaan, sementara harga lainnya bisa juga bergerak sendiri-sendiri.

Baca juga: Investasi 101: Cara Mulai Investasi Emas

Pelajari lebih lanjut…

Apa itu korelasi?

Apa itu korelasi stok?

Apakah rumus untuk korelasi?

Bagaimana cara menghitung korelasi?

Bagaimana korelasi dapat ditafsirkan?

Apa pentingnya korelasi?

Korelasi adalah tentang sejauh mana harga berbagai aset bergerak bersama. Apa Itu Korelasi?

Dalam teori keuangan, korelasi adalah hubungan antara harga berbagai aset. Secara numerik, korelasi direpresentasikan oleh koefisien korelasi. Ada beberapa jenis koefisien korelasi, tetapi biasanya, koefisien Pearson lah yang digunakan dalam keuangan dan investasi. Koefisien ini diukur pada skala 1 hingga -1:

  1. Korelasi 1: Kedua aset memiliki korelasi positif sempurna (harga keduanya bergerak bersama). Anggap saja kupu-kupu mengepakkan sayapnya – Kedua sayapnya bergerak secara sinkron.
  2. Korelasi -1: Kedua aset memiliki korelasi negatif sempurna (harga bergerak berlawanan arah). Ini seperti cara tangan kita bergerak ketika kita berjalan – Yang satu mengayun ke depan sementara yang lain kembali.
  3. Korelasi 0: Kedua aset tidak memiliki koneksi satu sama lain (pergerakan harga tidak terhubung sama sekali). Ini seperti ruangan yang penuh dengan anak-anak berlarian secara acak – Gerakan mereka tidak ada hubungannya sama sekali.

Koefisien korelasi juga menggambarkan kekuatan hubungan antara harga dua aset. Misalnya, jika korelasi dua aset fiksi adalah 0,2, maka mereka memiliki korelasi yang lemah tetapi positif. Di sisi lain, jika dua aset memiliki korelasi 0,85, mereka memiliki korelasi yang kuat dan positif.

Korelasi hanya mengukur pergerakan harga berbagai aset – bukan apa yang menyebabkan pergerakan itu. Korelasi juga tidak permanen dan dapat berubah seiring waktu dan dalam periode yang berbeda. Sebagai contoh, korelasi antara saham AS dan saham internasional adalah 0,35 pada 1980-an, sedangkan 0,8 pada September 2018.

Apa Itu Korelasi Stok?

Korelasi stok adalah bagaimana harga saham bergerak dan berhubungan satu sama lain. Beberapa faktor mempengaruhi harga saham. Saham di sektor yang sama cenderung bergerak bersama. Perusahaan yang memiliki bisnis yang saling terhubung atau bisnis pelengkap juga dapat memiliki korelasi positif. Misalnya, dalam skenario hipotesis, jika stok perusahaan yang membuat mobil naik, stok perusahaan ban juga bisa naik.

Begitu juga, saham yang memiliki korelasi negatif dapat memiliki bisnis yang saling mempengaruhi. Misalnya, kenaikan harga minyak cenderung menyebabkan stok minyak naik. Tetapi, pada gilirannya, stok penerbangan mungkin turun karena mereka harus membayar bahan bakar yang lebih mahal.

Korelasi stok juga dapat digunakan untuk mencari tahu bagaimana saham tertentu bergerak sehubungan dengan indeks seperti S&P 500.

Apakah Rumus untuk Korelasi?

Korelasi = Kovarian dari kedua aset / (Standar deviasi Aset 1 * Standar deviasi Aset 2)

Korelasi dihitung dengan membandingkan bagaimana aset bergerak bersama dan seberapa banyak mereka bergerak dari harga rata-rata.

Persamaan matematika yang baku untuk ini adalah: Korelasi = kovarians kedua aset (tingkat di mana harga satu aset berubah relatif terhadap yang lain) dibagi dengan produk dari standar deviasi mereka (dispersi harga aset dari rata-rata).

Bagaimana Cara Menghitung Korelasi?

Menghitung korelasi melibatkan bagaimana mencari tahu kovarians dan standar deviasi untuk kedua aset.

Mari kita lakukan langkah demi langkah.

    1. Pilih dua aset dan kerangka waktu. Mari kita perhatikan dua perusahaan fiksi bernama Red dan Yellow, dan lihat korelasinya selama lima hari terakhir.
    2. Tambahkan harga saham pada Red dan Yellow selama lima hari penuh dan kemudian bagi dengan lima hari untuk mendapatkan harga saham rata-rata di kedua perusahaan. Katakanlah, harga saham rata-rata untuk Red adalah $ 25,2 dan untuk Yellow adalah $ 46,8 selama lima hari.
    3. Kurangi harga aktual saham rata-rata untuk setiap hari di kedua saham. Misalnya, jika harga Red pada hari pertama adalah $ 25 dan rata-rata adalah $ 25,2, maka ia telah menyimpang sebesar – $ 0,2 pada hari 1. Lakukan ini untuk semua hari pada kedua saham. Kemudian, gandakan setiap nilai yang dikurangi dari Red dengan nilai yang dikurangi dari Yellow. Tambahkan keduanya. Jumlah yang kamu dapatkan adalah kovarians Red dan Yellow.
    4. Kuadratkan semua nilai yang dikurangi untuk Red dan Yellow. Tambahkan secara terpisah. Lipat gandakan nilai tambah Red dan nilai tambah Yellow.
    5. Kamu akan mendapatkan korelasi antara dua saham dengan membagi kovarians dengan standar deviasi.

Seperti inilah perhitungannya:

Korelasi = 2.2 / √ (2.8 x 6.8) = 0.504

korelasi adalah

Bagaimana Korelasi Dapat Ditafsirkan?

Selain mengetahui kekuatan hubungan antara harga aset, korelasi juga dapat memberikan investor lebih banyak wawasan tentang pasar saham secara keseluruhan.

Jika sebagian besar saham dalam indeks (seperti S&P 500) memiliki korelasi tinggi, maka harga saham bergerak ke arah yang sama. Faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan mereka mungkin secara umum adalah masalah ekonomi makro. Pikirkan hal-hal besar seperti perubahan suku bunga, kebijakan pemerintah, dan perang dagang. Jenis-jenis faktor ini cenderung mempengaruhi seluruh pasar saham secara keseluruhan, yang menyebabkan saham dalam indeks memiliki korelasi lebih tinggi.

Di sisi lain, jika korelasi antara saham dalam indeks rendah, harga masing-masing saham bergerak ke arah yang berbeda. Biasanya, dalam kasus seperti itu, berita khusus perusahaan menyebabkan pergerakan harga saham. Beberapa investor percaya bahwa korelasi yang lebih rendah di antara saham adalah peluang yang baik untuk berinvestasi di perusahaan karena fundamental (pendapatan, laba, pertumbuhan) mendorong harga saham daripada kebijakan ekonomi yang mempengaruhi sebagian besar pasar saham.

Inilah contoh kehidupan nyata yang menafsirkan korelasi. Korelasi stok di S&P 500 berkurang menjadi 0,23 pada November 2019, terendah sejak Mei 2019 (ketika diduga tinggi karena kekhawatiran perang dagang yang meningkat). Korelasi rata-rata lima tahun adalah 0,30 (Sumber: Wall Street Journal, 25 November 2019).

Apa Pentingnya Korelasi?

Mencoba memprediksi arah dan harga saham adalah proses yang rumit. (Tidak ada yang bisa memprediksi bagaimana saham akan bergerak. Semua investasi membawa risiko.) Korelasi bisa menjadi alat yang berguna yang dapat digunakan investor dalam alokasi aset dan saat memilih saham.

Diversifikasi – memiliki campuran aset dan sekuritas yang berbeda – adalah salah satu cara investor menurunkan risiko terhadap portofolio mereka. Diversifikasi bukanlah strategi yang sangat mudah, tetapi dapat membatasi kerugian. Kunci saat melakukan diversifikasi adalah memilih investasi yang tidak bergerak bersama atau bergerak berlawanan arah. Dari situlah kamu mengetahui korelasi saham atau aset yang kamu miliki atau yang ingin kamu investasikan menjadi lebih bermanfaat.

Jika mayoritas saham dalam portofoliomu berkorelasi positif, mereka akan cenderung jatuh dan naik bersama. Misalnya, jika kamu berinvestasi hanya pada saham teknologi, portofoliomu dapat tumbuh ketika sektor teknologi tumbuh. Tetapi jika sektor itu tidak berkinerja baik, nilai portofoliomu akan semakin turun karena tidak terdiversifikasi.

Menambahkan saham rendah dan berkorelasi negatif ke portofoliomu yang sudah ada, dapat bertindak sebagai penyeimbang dan dapat mengurangi risiko.

Seperti halnya memilih saham, investor juga dapat melakukan diversifikasi dengan berinvestasi di berbagai jenis aset. Dengan berinvestasi dalam aset yang memiliki korelasi historis rendah atau negatif, seperti misalnya, saham dan obligasi, mereka dapat mengurangi risiko portofolio mereka lebih lanjut.

Namun, diversifikasi portofolio dengan bantuan korelasi memiliki pro dan kontra. Investor dapat memperoleh pengembalian yang lebih lancar (tidak ada lompatan besar ke atas atau ke bawah), tetapi kamu bisa membatasi potensi kenaikannya.

Pengembalian positif di pasar saham tidak pernah dijamin. Memiliki portofolio yang terdiversifikasi dengan baik umumnya dianggap sebagai strategi investasi yang sehat. Semua investasi membawa risiko. Selalu pertahankan tujuan investasi – dan toleransimu sendiri terhadap risiko – dalam pikiran.

Pengungkapan Tambahan: Diversifikasi tidak menjamin untung dan tidak melindungimu terhadap kerugian di pasar yang semakin menurun.

Ditulis oleh
channel logo

Satya Nagara

Right baner

Satya Nagara

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

Siklus Ekonomi

Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1