Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Kamus

Return of Investment (ROI)
shareIcon

Return of Investment (ROI)

4852  dilihat·Waktu baca: 7 menit
shareIcon
Return of Investment (ROI)

DEFINISI

Pengembalian investasi atau Return of Investment adalah memberi tahu KAMU seberapa baik investasi yang dilakukan dengan membandingkan laba KAMU dengan jumlah uang yang KAMU masukkan – dan membantu KAMU membandingkan berbagai peluang. 

Memahami Return of Investment (ROI)

Tujuan investasi apa pun adalah mendapatkan pengembalian lebih banyak uang daripada yang kamu masukkan. Semakin banyak, semakin baik. Tetapi dengan jumlah modal awal yang berbeda dan pengembalian yang bervariasi, bagaimana kamu bisa mengetahui investasi mana yang berkinerja terbaik?

Di situlah pengembalian investasi (ROI) muncul. Ukuran ini memungkinkan kamu untuk membandingkan seberapa efisien investasi kamu dengan menyatakan laba (atau kerugian) bersih kamu sebagai persentase dari total investasimu. Return of investment adalah salah satu cara paling umum untuk mengukur profitabilitas, tetapi ini bukan ukuran yang sempurna: ROI tidak mempertimbangkan berapa lama kamu harus menunggu untuk mendapatkan imbalan, inflasi, seberapa berisiko investasi, atau biaya terkait.

CONTOH

Katakanlah kamu membeli satu ons emas pada 15 Oktober 2018. Harga yang berlaku adalah $ 1.218 per ons. Sekitar setahun kemudian, nilai emas mencapai $ 1.489 per ounce. Jika kamu memutuskan untuk menjual investasi kamu, kamu akan mendapatkan $ 1.218 kamu kembali, ditambah $ 271 tambahan. Itu akan menjadi pengembalian 22,2% atas investasi ($ 271 / $ 1.218).

Kesimpulan

Mendapatkan return of investment adalah seperti menanam kentang …

Dengan memilih menanam satu kentang daripada memakannya, kamu berharap akan tumbuh menjadi lebih dari satu. Jika spud kamu (investasi) tumbuh menjadi lima, kesabaran kamu dihargai dengan ROI 400%. Tentu saja, kentangmu bisa memakan waktu lama untuk tumbuh, atau mungkin tidak tumbuh sama sekali. Jadi jangan lupa untuk mempertimbangkan risikonya.

Ketahui Lebih Lanjut …

Apa itu return of investment (ROI)?

Bagaimana cara menghitung return of investment?

Return of Investment yang baik

Keterbatasan Return of Investment

Apa saja alternatif untuk ROI?

Apa Itu Return of Investment  (ROI)?

Ketika kamu berinvestasi pada sesuatu – apakah itu saham, obligasi, real estat, bisnis kecil, atau apa pun – Kamu pada akhirnya ingin mendapatkan uang itu kembali, tambah lagi dan lagi. Bagian “tambah lagi” – apa yang kamu dapatkan di atas apa yang kamu masukkan – adalah keuntungan.

Melihat laba sebagai persentase dari uang yang kamu kontribusikan adalah laba atas investasimu. ROI adalah metrik umum untuk menyampaikan profitabilitas investasi. Kamu dapat menggunakannya untuk menentukan nilai membeli real estate, berinvestasi di perusahaan, atau bahkan memberikan uang untuk amal.

Perusahaan dapat menggunakan ROI untuk mengevaluasi nilai memperkenalkan lini produk baru, memperluas pabrik, membuka lokasi baru, membeli pesaing, meluncurkan kampanye pemasaran, atau memulai program pelatihan baru. Metrik juga berguna untuk mendukung inisiatif kebijakan publik, program penelitian, prosedur medis, dan banyak lagi.

ROI menunjukkan seberapa banyak kamu memperoleh atau kehilangan relatif terhadap ukuran total investasi kamu, ini hampir selalu disajikan sebagai persentase. ROI menempatkan berbagai investasi pada level playing field, memungkinkan kamu untuk mengukurnya secara standar. Itu dapat membantu kamu mencari tahu peluang mana yang harus dikejar atau aset mana dalam portofolio kamu untuk dijual.

Secara teknis tidak ada batasan seberapa tinggi ROI. Di sisi lain, tidak ada investasi yang dapat menjamin pengembalian. ROI negatif menyiratkan bahwa kamu tidak mendapatkan semua investasi awal kamu kembali. Return of Investment terburuk yang mungkin terjadi adalah total kerugian investasi kamu, yaitu -100%. ROI 0% berarti kamu mendapatkan kembali uang kamu, tetapi tidak lebih.

Bagaimana Cara menghitung Return of Investment?

Bagaimana kamu menghitung ROI? Untuk menentukan laba atas investasi kamu, bagilah perubahan bersih dalam nilai aset dengan harganya. Kemudian, kalikan angka itu dengan 100 untuk menempatkan rasio dalam persentase.

ROI = (Laba Bersih / Total Biaya Investasi) x 100

Laba bersih adalah selisih antara biaya awal investasi dan nilainya ketika kamu menjualnya, memperhitungkan biaya terkait. Jadi versi formula yang diperluas terlihat seperti ini:

ROI = ((Nilai Investasi – Biaya Investasi – Biaya Terkait) / Biaya Investasi) x 100

Misalnya, katakanlah kamu membeli 100 saham Make Believe Company dengan harga $ 10 per saham, dengan total harga pembelian $ 1.000. Ketika kamu menjual saham-saham itu, masing-masing bernilai $ 14, dengan bayaran total $ 1.400, Mari kita asumsikan kamu membayar komisi $ 5 untuk setiap perdagangan, jadi $ 10 dalam biaya terkait. Inilah cara kamu menghitung ROI: 

ROI = (($ 1.400 – $ 1.000 – $ 10) / $ 1.000) x 100 = 39%

Return of Investment yang Baik?

Setiap angka positif dapat dianggap sebagai pengembalian investasi yang “baik” – Ini berarti kamu mendapatkan uangmu kembali dan kemudian beberapa. Namun idealnya, ROI yang diinginkan harus lebih baik daripada alternatif terbaik kamu berikutnya. 

Orang sering membandingkan investasi potensial untuk menempatkan uang mereka di pasar saham yang lebih luas. Selama empat dekade terakhir, pengembalian tahunan rata-rata S&P 500 (indeks 500 perusahaan yang diperdagangkan di pasar saham) telah mendekati 7%, setelah inflasi. Sementara kinerja masa lalu tidak menjamin hasil di masa depan, ROI yang baik mungkin yang mengalahkan pasar saham dalam jangka panjang.

Atau, kamu bisa memasukkan uangmu ke rekening tabungan hasil tinggi. Pada November 2019, beberapa dari mereka datang dengan persentase hasil tahunan lebih dari 2% dan tanpa risiko. Jika investasi yang kamu pertimbangkan tidak mengalahkan ROI dari opsi lain kamu, itu mungkin bukan pilihan yang baik untukmu.

Namun, ada hubungan yang mapan dalam berinvestasi antara tingkat risiko dan potensi imbalan. Jadi investasi yang menjanjikan ROI sangat tinggi mungkin datang dengan peluang lebih besar untuk kehilangan uangmu. Sementara itu, peluang berisiko rendah kemungkinan akan memiliki ROI yang lebih rendah. Salah satu dari ini dapat dianggap sebagai investasi yang baik, relatif terhadap risiko yang diwakilinya. Untuk alasan ini, ROI yang baik tergantung pada tingkat risiko investasi, tujuan kamu, dan toleransi risiko kamu. 

Keterbatasan Return of Investment 

Satu batasan signifikan dari pengembalian atas investasi metrik adalah bahwa ia tidak memperhitungkan berapa lama untuk menghasilkan pengembalian. Misalnya, Investasi A adalah obligasi $ 100 yang jatuh tempo dalam lima tahun, dengan nilai pada saat jatuh tempo $ 125. Investasi B adalah pinjaman $ 500 di mana kamu akan menerima 12 pembayaran bulanan sebesar $ 50. Dan Investasi C adalah properti $ 200.000 yang kamu harapkan akan dijual seharga $ 275.000 dalam 10 tahun.

Jika semua investasi ini berjalan sesuai rencana, peluang keuntungan yang kamu harapkan terlihat seperti ini:

  • Investasi A = $ 25
  • Contoh B = $ 100
  • Contoh C = $ 75.000

Jika diterjemahkan ke ROI, akan terlihat seperti ini:

  • Contoh A = 25%
  • Investasi B = 20%
  • Contoh C = 38%

Tetapi menghitung waktu dari laba tersebut (dengan membagi total ROI dengan jumlah tahun kamu harus menahannya) menciptakan ROI rata-rata tahunan:

  • Investasi A = 5%
  • Contoh B = 20%
  • Investasi C = 4%

Jelas, ROI tidak menceritakan kisah lengkap, setelah kamu mempertimbangkannya. ROI juga tidak memperhitungkan risiko. Mungkin, obligasi itu jauh lebih mungkin menghasilkan pengembalian daripada pinjaman, yang mungkin tidak dibayar tepat waktu. Pertumbuhan nilai real estate tidak pernah menjadi hal yang pasti. Dan kehilangan $ 100 jauh lebih menyakitkan daripada kehilangan $ 200.000 untuk kebanyakan dari kita. Semua faktor ini memainkan peran penting dalam memutuskan investasi yang akan dibuat.

Keterbatasan lain adalah bahwa ROI sensitif terhadap perubahan input. Ambil contoh ini:

Kamu membeli aset seharga $ 10.000. Broker memungut komisi $ 200 untuk transaksi itu. Beberapa tahun kemudian, kamu menjual aset tersebut seharga $ 12.500. Biaya broker membebani biaya $ 250 untuk kamu. ROI atas investasi ini tergantung di mana kamu memasukkan biaya-biaya tersebut.

Jika kamu mempertimbangkan biaya awal untuk memasukkan biaya broker, ROI adalah 20,1% ($ 12.500 – $ 10.000 – $ 450) / $ 10.200. Tetapi jika kamu hanya menghitung harga pembelian, tanpa komisi, ROI meningkat menjadi 20,5% ($ 12.500 – $ 10.000 – $ 450) / $ 10.000.

Demikian pula, perhitungan Return Of Investment sederhana dapat mengabaikan beberapa biaya terkait. Mungkin investasi real estate memiliki biaya pemeliharaan yang tidak terduga, pinjaman memiliki biaya escrow tahunan, atau ada pajak khusus yang dikenakan atas keuntungan dari jenis investasi tertentu. Jika kamu tidak mengurangi biaya ini dari nilai akhir, baik secara sengaja maupun tidak, ROI bisa sangat melebih-lebihkan, betapa menariknya peluang itu. 

Apa Saja Alternatif untuk ROI?

Karena pengembalian investasi tidak memperhitungkan berapa lama kamu memegang suatu aset, penting untuk membandingkan Return Of Investment adalah investasi selama periode yang sama. Ketika itu tidak memungkinkan, ada beberapa opsi lain. 

Alternatif pertama, kamu dapat menyesuaikan ROI untuk waktu penghasilan. Membagi ROI dengan jumlah tahun aset itu dimiliki (seperti dalam contoh di atas) akan memberi kamu pengembalian investasi tahunan atau pengembalian tahunan rata-rata. Pendekatan yang lebih akurat (dan rumit) adalah menghitung tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) dari investasi. Metode ini menangkap efek bunga majemuk dari waktu ke waktu – atau bunga yang kamu buat pada bunga yang diperoleh sebelumnya.

Baca juga: Apa Itu Risk Averse?

Alternatif lain untuk Return of Investment adalah menghitung internal rate of return (IRR). Persamaan ini mempertimbangkan bahwa pengembalian yang diterima sebelumnya bernilai lebih dari pengembalian yang sama yang diterima kemudian, semua hal dianggap sama.

Itu karena uang itu bisa saja disimpan atau diinvestasikan selama waktu itu, menghasilkan bunga, dan karena uang umumnya kehilangan nilai seiring waktu karena inflasi. Namun, persamaan ini tidak memperhitungkan inflasi secara langsung. Menghitung IRR agak rumit, tetapi ada beberapa kalkulator online yang dapat membantu. 

Beberapa pendapatan dari investasi apa pun berasal dari fakta bahwa harga segala sesuatu cenderung naik seiring waktu – Fenomena ini disebut inflasi. Kamu mungkin ingin tahu berapa banyak pengembalian tahunan kamu berasal dari investasi itu sendiri, dan bukan dari inflasi. Untuk melakukan itu, kamu dapat menghitung “tingkat pengembalian riil”:

Tingkat Pengembalian Riil = (1 + Tingkat Nominal) / (1 + Tingkat Inflasi) – 1

Nilai nominal adalah pengembalian yang kamu harapkan tidak disesuaikan dengan inflasi.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robihood

Simak juga:

Bergaji UMR dan Ingin Investasi? Atur Keuanganmu dengan 5 Cara Ini

Kenali Tujuan Investasimu, Lihat 4 Investasi Potensial untuk Pemula Ini

Aturan Anggaran 50/30/20, Cara Efektif Rem Jumlah Pengeluaran

Ditulis oleh
channel logo

Dewi Kharisma

Right baner

Dewi Kharisma

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

Multi-Signature Wallets

Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1