Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Pluang Web TradingNewarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Kamus

Laba/Rugi Tidak Terealisasi
shareIcon

Laba/Rugi Tidak Terealisasi

8043  dilihat·Waktu baca: 4 menit
shareIcon
Laba/Rugi Tidak Terealisasi

Dalam dunia investasi laba/rugi tidak terealisasi adalah sesuatu yang penting. Ini karena laba/rugi adalah apa yang menentukan kesuksesan kita dalam berinvestasi. Maka dari itu kita harus belajar cara menghitung laba rugi.

Dalam hal menghitung laba rugi ini, efek-efek yang dimiliki untuk diperdagangkan dicatat di neraca sebesar nilai wajarnya, dan laba/rugi yang tidak terealisasi adalah dicatat pada laporan laba rugi.

Laba/rugi tidak terealisasi adalah sesuatu yang kerap disebut sebagai keuntungan dan kerugian “kertas” karena laba/rugi yang sebenarnya tidak ditentukan sampai posisi ditutup dan kita menghitung laba rugi.

Posisi dengan keuntungan yang tidak terealisasi pada akhirnya dapat berubah menjadi posisi dengan kerugian yang tidak terealisasi karena pasar berfluktuasi, dan sebaliknya.

Pendeknya, dengan menghitung laba rugi, kita dapat menemukan laba atau rugi tidak terealisasi, dan menemukan apakah investasi kita berhasil atau tidak.

Baca juga: Apa Itu Profit?

Laba/rugi tidak terealisasi adalah hal yang muncul saat kita menghitung laba rugi

Saat kita menghitung laba rugi, akan muncul angka-angka laba dan rugi tidak terealisasi. Namun, sebenarnya apa itu laba/rugi tidak terealisasi?

Yuk, belajar cara menghitung laba rugi.

Laba tidak terealisasi adalah laba teoritis yang ada hanya di atas kertas, sebagai hasil dari investasi yang belum dijual secara tunai.

Jadi, laba tidak terealisasi ini dicatat dalam laporan keuangan secara berbeda tergantung pada jenis keamanannya.

Laba ini tidak memengaruhi pajak sampai investasi tersebut dijual dan keuntungan atau laba yang direalisasikan diakui.

Sementara itu, rugi tidak terealisasi adalah kerugian dari kepemilikan aset yang mengalami penurunan harga tetapi belum dijual.

Rugi tidak terealisasi berubah menjadi rugi yang terealisasi pada saat aset dijual. Dan bergantung pada jenis keamanan, rugi tidak terealisasi mungkin tidak berpengaruh kepada akuntansi perusahaan.

Laba tidak terealisasi terjadi ketika harga sekuritas saat ini lebih tinggi dari harga awalnya dibayarkan investor untuk sekuritas, setelah dikurangi biaya perantara. Banyak investor menghitung nilai saat ini dari investasi portofolio mereka berdasarkan nilai yang tidak terealisasi.

Bagaimana menghitung laba rugi dan mengetahui keuntungan modal?

Secara umum, keuntungan modal hanya dikenakan pajak jika dijual dan direalisasikan.

Sementara itu rugi tidak terealisasi berasal dari penurunan nilai transaksi yang belum diselesaikan. Entitas atau investor tidak akan mengalami kerugian kecuali mereka memilih untuk menutup kesepakatan atau transaksi saat masih dalam keadaan ini.

Rugi tidak terealisasi adalah kerugian dari kepemilikan aset yang mengalami penurunan harga tetapi belum dijual.

Rugi tidak terealisasi berubah menjadi rugi yang terealisasi pada saat aset dijual. Dan bergantung pada jenis keamanannya, rugi tidak terealisasi mungkin tidak berpengaruh pada akuntansi perusahaan.

Baca juga: Begini Lho Cara Hitung Rumus Untung-Rugi Investasi, Sudah Coba?

Contoh menghitung laba rugi untuk memperoleh angka laba rugi tidak terealisasi

Bayangkan jika seorang investor membeli 100 saham di perusahaan ABC dengan harga $10 per saham, dan nilai wajar saham kemudian naik menjadi $12 per saham, laba tidak terealisasi atas saham yang masih dimiliknya adalah $200 ($2 per saham x 100 saham).

Jika investor akhirnya menjual saham saat harga perdagangan $14, dia akan memperoleh laba sebesar $400 ($4 per saham x 100 saham).

Lain lagi perhitungan rugi tidak terealisasi. Misalnya, asumsikan seorang investor membeli 1.000 saham ABC seharga $10, dan kemudian diperdagangkan turun ke level terendah $6. investor akan mengalami kerugian yang tidak terealisasi sebesar $4.000 pada saat ini.

Jika harga kemudian naik ke $8, di titik saat investor menjualnya, rugi yang terealisasi akan menjadi $2.000. Untuk tujuan pajak, rugi tidak terealisasi sebesar $4.000 tidak terlampau signifikan, karena toh ini di atas kertas. Yang terpenting adalah rugi terealisasi sebesar $2.000.

Bagaimana menghitung kenaikan atau penurunan?

Kenaikan atau penurunan nilai wajar sekuritas yang dimiliki untuk diperdagangkan berdampak pada laba bersih dan laba per saham (EPS) perusahaan. Efek yang tersedia untuk dijual juga dicatat di neraca perusahaan sebagai aset pada nilai wajar. Namun, laba dan rugi tidak terealisasi dicatat dalam laba rugi komprehensif di neraca.

Meskipun laba/rugi tidak terealisasi adalah sesuatu yang bersifat teoritis, namun keduanya dapat dikenakan berbagai jenis perlakuan tergantung pada jenis keamanannya.

Efek yang dimiliki hingga jatuh tempo tidak memiliki pengaruh bersih pada keuangan perusahaan dan, oleh karena itu, saat menghitung laba rugi tidak dicatat dalam laporan keuangannya.

Perusahaan dapat memutuskan untuk memasukkan catatan kaki yang menyebutkan mereka dalam pernyataan, sekuritas perdagangan, dan bagaimanapun, dicatat dalam neraca atau laporan rugi pada nilai wajarnya.

Ini terutama karena nilainya dapat menambah atau mengurangi laba atau rugi perusahaan. Dengan demikian, rugi tidak terealisasi dapat berdampak langsung pada laba per saham perusahaan.

Tetapi pengaruhnya terhadap arus kas perusahaan bersifat netral. Efek yang tersedia untuk dijual juga dicatat dalam laporan keuangan perusahaan pada nilai wajarnya sebagai aset.

Dengan mengetahui cara menghitung laba rugi kita dapat memahami laba/rugi tidak terealisasi adalah hal yang penting. Ini karena keduanya tak pelak memengaruhi laba terealisasi yang akan menjadi keuntungan sebenarnya yang dapat kita peroleh dari investasi.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dan Indeks S&P 500 Futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia, Investopedia

Simak juga:

Apa Itu Obligasi?

Investasi Aman, Begini Konsep Investasi ala Benjamin Graham!

Ditulis oleh
channel logo

Dewi Kharisma

Right baner

Dewi Kharisma

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

Model Black-Scholes

Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1