Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Blog

SEC, Sejarah dan Fungsinya
shareIcon

SEC, Sejarah dan Fungsinya

7 Dec 2023, 9:39 AM·READING_TIME
shareIcon
Kategori
SEC, Sejarah dan Fungsinya

SEC merupakan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab mengawasi pasar keuangan, mengatur operasi bursa saham, dan melindungi investor.

Apa Itu SEC?

Securities and Exchange Commission (SEC) merupakan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab mengawasi pasar keuangan dan melindungi investor.

Lembaga ini berupaya untuk menciptakan lingkungan yang adil, aman, dan transparan bagi investor dan pelaku pasar.

Sehingga hal itu bisa kepercayaan masyarakat terhadap pasar keuangan dan memfasilitasi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Di Indonesia, lembaga yang memiliki fungsi serupa adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK  didirikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan.

Memiliki fungsi yang sama, OJK bertugas mengawasi dan mengatur sektor-sektor jasa keuangan di Indonesia, termasuk perbankan, pasar modal, asuransi, dan lembaga pembiayaan.

Awal Mula Didirikannya SEC

Sebelum pembentukan SEC, pasar saham di Amerika Serikat menghadapi masalah dan ketidakstabilan setelah Krisis Ekonomi Besar pada 1929.

Kondisi tersebut kemudian mendorong pemerintah setempat dengan mendirikan SEC pada 1934 melalui Undang-Undang Pasar Modal.

Dalam sejarahnya, lembaga itu memiliki beberapa milestone, diantaranya adalah terbitnya Securities Act of 1933 atau Undang-Undang Sekuritas pada 1933. Undang-undang ini menjadi salah satu legislasi pertama yang dikeluarkan oleh pemerintah AS setelah pembentukan SEC.

Dalam perundangan tersebut, mewajibkan perusahaan yang ingin menjual sahamnya kepada publik untuk menyediakan informasi yang akurat dan jujur tentang investasi yang ditawarkan.

Kemudian pada 2000, terbit Regulasi FD (Fair Disclosure) untuk mencegah diskriminasi dalam memberikan informasi keuangan, dan Undang-Undang Sarbanes-Oxley pada 2002 sebagai respons terhadap skandal keuangan.

Krisis Keuangan Global pada 2007—2008 menjadi ujian signifikan bagi lembaga tersebut, memicu perubahan dalam regulasi keuangan untuk memperkuat pengawasan terhadap institusi keuangan besar.

Dodd-Frank Wall Street Reform and Consumer Protection Act pada 2010 menjadi langkah lanjutan dalam reformasi keuangan.

Apa Beda SEC dengan OJK?

Perbedaan utama antara dua lembaga tersebut terletak pada wilayah operasional dan peraturan masing-masing negara.

SEC beroperasi di Amerika Serikat, sementara OJK beroperasi di Indonesia. Sehingga, ada perbedaan dalam sistem hukum dan ekonomi, yang berimplikasi pada peraturan dan perundang-undangan terkait keuangan dan pasar modal.

Meskipun konteks dan cakupan keduanya berbeda, tujuan utamanya tetap sama, yaitu melindungi investor, memastikan transparansi dan integritas pasar, serta menjaga stabilitas sektor keuangan secara menyeluruh.

Apa Saja Peran SEC?

SEC memiliki peran utama dalam melindungi investor dengan mewajibkan perusahaan untuk memberikan informasi akurat dan jujur.

Mereka juga mengawasi praktik insider trading dan memiliki wewenang untuk menyelidiki pelanggaran hukum di pasar keuangan.

Selain itu, lembaga tersebut juga mengatur operasi bursa saham, memastikan aturan yang mendukung perdagangan yang adil dan transparan.

Pengawasan terhadap perusahaan publik juga termasuk dalam tanggung jawabnya untuk memastikan laporan keuangan yang disajikan sesuai standar akuntansi dan pengungkapan yang berlaku.

Mulai Perjalanan Investasimu dengan Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi Saham ASindeks saham ASemas, ratusan aset kripto dan puluhan produk reksa dana mulai dari Rp5.000 dan hanya tiga kali klik saja!

Dengan Pluang, kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah dan aman karena seluruh aset di Pluang sudah terlisensi dan teregulasi. Ayo, download dan investasi di aplikasi Pluang sekarang!

 

Sumber: Investopedia

Ditulis oleh
channel logo

Dewi A Zuhriyah

Right baner

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

Artikel Terkait

no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1