Dibanderol Rp193 M, Majesty 140 Berhasil Jadi Yacht Termahal di Dunia

Majesty 140 didapuk sebagai merek yacht termewah di dunia dalam agenda FLIBS dengan harga kapal yacht dibanderol Rp193 M. Merek Gulf Craft, pembuat yacht Uni Emirat Arab yang mapan.

Fort Lauderdale International Boat Show (FLIBS) merupakan pertunjukan perahu terbesar di dunia. Kapal pesiar terbesar dan paling mewah dari galangan kapal di seluruh dunia berbondong-bondong ke Florida Selatan pada awal November dengan 100.000 pengunjung kapal pada ajang ke-60 tahun ini.

Yacht yang paling mengesankan adalah Majesty 140. Salah satu yacht termewah di dunia ini memiliki tinggi 140 kaki, dibangun di Dubai oleh Gulf Craft. Kapal pesiar ini dinobatkan sebagai yang terbaik dalam pertunjukan NBC Sports, dibandrol dengan harga 20 juta USD pada hari penutupan menurut South Florida Sun Sentinel.

Majesty 140 adalah merek yacht termewah di dunia dengan harga kapal yacht dibandrol Rp193 M. Ini adalah merek dari Gulf Craft, pembuat kapal pesiar Uni Emirat Arab yang mapan dan satu-satunya pembangun kapal superyacht di UEA. 

Meski yacht ini ukurannya kurang dari setengah ukuran Madsummer, yacht mewah berukuran super yang juga menampilkan debutnya pada pertunjukan terbesar tahun ini, tapi Majesty 140 menghadirkan fasilitas demikian mewah dan ciamik.

Baca juga: Daftar Orang Terkaya di Dunia, Sipa Sih yang Paling Menginspirasi?

Bagaimana Majesty 140 dirancang sebagai yacht termewah di dunia

Desain Majesty 140 merupakan kolaborasi desain in-house galangan kapal dengan tim desain Cristiano Gatto yang mengurus aspek interior. Dengan bobot 398 ton, Majesty 130 dibangun menyesuaikan dengan persyaratan klasifikasi Biro Veritas sesuai pendaftaran LY3/MCA Cayman Island.

“Kami sangat senang karena di antara 1.500 kapal pesiar lain di FLIBS, Majesty 140 meraih trofi saat ditampilkan untuk pertama kalinya di AS,” kata ketua eksekutif dan CEO Majesty 140, Mohamed Al-Shaali. “Ini adalah pencapaian luar biasa yang membuat saya senang luar biasa dan tentu kabar gembira untuk 1.500 staf kami.”

Al-Shaali mengatakan, “Efisiensi fasilitas manufaktur kami yang berbasis di UEA dan budaya kami yang terdiversifikasi memungkinkan kami untuk memperkenalkan produk yang sangat berkualitas tinggi ke pasar AS dengan penghematan sebanyak 20% dibandingkan dengan penawaran harga kapal yacht yang kompetitif saat ini. Ini memungkinkan Majesty 140 memperoleh kualitas luar biasa.”

Pernyataan Al-Shaali ini menunjukkan betapa yacht-nya ini dirancang untuk dapat bertahan dengan keadaan laut macam apa pun. “Yacht dibedakan dengan area dek yang luas dengan flybridge yang besar di dalam dan luar, balkon yang bisa diperpanjang, garasi berisi tempat olahraga air yang lengkap, dan klub pantai.”

Didukung dengan mesin MTU 16V 2.600 hp, kapal pesiar ini mampu mencapai kecepatan tertinggi 20 kt dan berlayar dengan nyaman di kecepatan 16 kt. Jangkauan Majesty 140 hingga 4.750 Nm pada 10kt.

Baca juga: Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

Harga kapal yacht pada umumnya

harga kapal yacht | yacht termewah di dunia

Harga sebuah kapal yacht umumnya jauh lebih mahal untuk pengelolaan dan perawatan. Ada biaya tambahan berupa biaya awak kapal pesiar, dok, bahan bakar, hingga ongkos pemeliharaan yang dikenakan ketika yacht mesti beroperasi.

Secara umum, harga kapal yacht dengan panjang lebih dari 100 kaki berkisar 1 juta USD per 3,3 kaki–dan itu belum termasuk biaya pemeliharaan.

Beberapa model kapal pesiar yang lebih tua berukuran sekitar 80 kaki dapat dijual hingga enam digit. Kapal pesiar 84 kaki misalnya dapat menelan hingga 1,74 juta USD, sementara harga kapal yacht 295 kaki hingga 45 juta USD.

Tapi, ini baru permulaan. Pemilik yacht perlu keluar ongkos 10% untuk pemeliharaan tahunan operasional kapal pesiar. Sekitar 1 juta USD per tahun untuk yacht biasa dan hingga 10 juta USD untuk superyacht dengan kondisi bervariasi.

Semakin besar ukuran kapalnya, semakin banyak kru yang perlu direkrut. Sebuah kapal 130 kaki dengan lima awak kapal bisa menghabiskan ongkos hingga 32.500 USD per bulan, kapten memperoleh bayaran rata-rata 7.750 USD hingga 19.961 USD per bulan.

Biaya Lain-lain dalam mengelola superyacht

Ada pula biaya awak lainnya seperti asuransi kesehatan, jaminan tenaga kerja, pelatihan dan seragam. Ongkos ini berkisar 11.190 USD selama lebih dari dua bulan.

Bahkan ketika kapal yacht tidak sedang berlayar, atau pemiliknya tidak sedang berpesiar di Maladewa atau Seychelles. Dibutuhkan sewa tempat untuk melabuhkan kapal dengan bahan bakar untuk mencapai dermaga.

Akan diperlukan sekitar 100.000 USD untuk membeli bahan bakar dan ongkos sewa dermaga selama kunjungan dua bulan. Angka ini akan semakin fantastis pada hari-hari tertentu, seperti pada momen Monaco Grand Prix. Kalau ditotal, akan dibutuhkan 400.000 USD untuk biaya bahan bakar setahun.

Semua ini belum menghitung ongkos buat petugas dan layanan keamanan hingga pesta-pesta yang berlangsung di atas kapal pesiar.

Jadi, angka yang kita keluarkan untuk menyewa kapal yacht belum sebanding, ya, melihat semua biaya ini?

Sumber: Business Insider, Business Insider, International Boat Industry

Simak juga:

Wah! Ternyata Selain Jagoan Konten, Ini 3 Pekerjaan yang Akan ‘Laku’ di Masa Depan!

9 Rekomendasi Buku Keuangan Terbaik Ini Dijamin Bikin Kamu ‘Melek’ Finansial

Berpenghasilan Lebih Besar dari Laki-laki, Ini Caranya Jadi Wanita Karier Sukses!

Panama Papers Buka Skandal Penghindaran Pajak Perusahaan Cangkang di Seluruh Dunia

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here