Mesranya, Bill Gates Berkirim Surat Cinta ke Warren Buffett di Hari Valentine

Pada hari Valentine dua tahun lalu, Bill dan Melinda Gates mengirimkan surat cinta Valentine kepada sahabat mereka Warren Buffett sebagai ucapan Valentine.

Surat cinta multimedia yang diterbitkan bertepatan dengan hari Valentine ini adalah respons Gates terhadap pertanyaan Buffett tentang kabar dana yang disumbangkannya.

Lebih dari satu dasawarsa lalu, Buffett berkomitmen untuk menyumbang kepada yayasan amal hampir semua kekayaannya.

hari valentine
NEW YORK – 26 JUNI: Warren Buffett (R) bersama Bill dan Melinda Gates 26 Juni 2006 di sebuah konferensi pers di mana Buffett berbicara tentang hibah yang ia berikan kepada Yayasan Bill dan Melinda Gates di New York City. Buffett, yang berperingkat sebagai orang terkaya kedua di dunia – tepat di belakang Bill Gates, mengatakan saham Kelas B senilai $ 31 miliar milik Berkshire Hathaway, oleh yayasan akan digunakan untuk menyalurkan bantuan dalam program kesehatan dan pendidikan di negara-negara yang kurang mampu. (Foto oleh Spencer Platt / Getty Images)

Dalam surat ucapan Valentine di hari Valentine itu, Buffett menerima jawaban Bill dan Melinda mengenai prioritas yayasan mereka.

Mereka juga menceritakan bagaimana awalnya Buffett menyumbangkan dana kepada Yayasan Bill and Melinda Gates. “Warren berkata kepada saya lewat satu panggilan telepon, ‘Hei. masuk akal jika beberapa sumber daya ini untuk meningkatkan apa yang Anda lakukan.’”

Beberapa minggu setelah itu, Buffett menyumbangkan dana senilai lebih dari USD 30 M (setara Rp 408,45 T). Angka fantastis yang merupakan warisan terbesar dalam sejarah.

Angka sumbangan Buffett itu tumbuh sejalan dengan harga saham Berkshire Hathaway.

Baca juga: Naik Hanya 11%, Saham Warren Buffett Capai Kinerja Terburuk dalam 10 Tahun Terakhir

Ucapan Valentine Bill Gates sebutkan makna penting sumbangan Warren Buffett

ucapan valentine

“Di dunia bisnis, mereka yang tampak paling sukses adalah mereka yang benar-benar melakukan apa yang mereka cinta,” menjadi jimat mereka dalam menjalankan bisnis maupun upaya filantropi.

Bill dan Melinda Gates mengakui betapa Warren Buffett punya lebih banyak efek positif pada hidup mereka daripada non-kerabat lainnya. “Nasihatnya, teladannya, homornya, kebijaksanaannya.”

Hadiah Buffett itu sangat memukau lantaran kesederhanannya. Tidak diperlukan fondasi, bangunan, perwujudan sebagai dana internal atau dana abadi dari sumbangsih Buffet itu.

Dalam mengalihkan sebagian besar kekayaan Bill dan Melinda Gates, ia menyerahkan kendali penuh atas bagaimana buah dari pekerjaan hidupnya akan dikerahkan.

Pemberiannya secara mendasar mengubah Gates Foundation dan memberi pengaruh pada jutaan nyawa dalam prosesnya.

Surat ucapan Valentine ini menandai sebagian dari apa yang telah dicapai. Ini termasuk penurunan angka kematian anak dan lebih dari 300 juta perempuan di negara berkembang ang sekarang menggunakan kontrasepsi.

Dana itu membiayai program yang mendidik pekerja seks tentang tindakan pencegahan HIV.

“Sungguh menakjubkan bagi Melinda dan saya. Secara efektif kami akan memiliki dua kali lipat kapasitas untuk keluar dan melakukan pendidikan dan kesehatan dan hal-hal lain yang kami lakukan,” kata Gates.

Gates Foundation melambangkan ideal kemitraan publik-swasta serta kerja-kerja lintas batas demi memecahkan masalah global.

Baca juga: Bernard Arnault Saingi Bill Gates, Kini Jadi Orang Terkaya Kedua di Dunia

Di hari Valentine, Bill dan Melinda Gates mengapresiasi saran-saran Buffett

ucapan valentine
Sumber: CNBC

Swing for the fences” alias “Buatlah pukulan berarti demi homerun.”

Demikian pesan Warren Buffett yang selalu diingat oleh Bill dan Melinda Gates. Ia menyebutkannya sembari menjanjikan saham Berkshire Hathaway untuk disumbangkan kepada Yayasan Bill dan Melinda Gates pada 2006.

“Yayasan seperti yang kita kelola memiliki kebebasan untuk menguji berbagai gagasan yang perlu dicoba, yang beberapanya mungkin mengantarkan kita pada terobosan berarti,” Bill dan Melinda Gates menulisnya pada surat tahunan yayasan pada 2020.

Swing for the fences” akan terdengar sebagai ucapan Valentine yang penuh perhatian. Ungkapan ini banyak dikenal oleh masyarakat AS melalui permainan baseball.

“Ketika kamu melakukan swing for the fences, kamu mengerahkan setiap kekuatanmu untuk memukul bola sejauh mungkin” demi homerun.

Bill dan Melinda menyebutkan bahwa seperti saran itulah mereka berusaha menjalankan filantropi mereka. “Tujuan kami bukan hanya kemajuan bertahap. Kami juga perlu menempatkan kekuatan penuh dan sumber daya kami dengan taruhan yang besar.”

Ini, disebutkan oleh yayasan, demi menyelamatkan dan meningkatkan taraf hidup banyak orang yang bergantung pada sumbangan yayasan Bill dan Melinda Gates. Pada Kamis lalu, yayasan ini juga menyumbang dana USD 100 juta untuk penanganan wabah virus corona.

Para taipan ini bertukar ucapan Valentine dengan saling mendukung dan berinvestasi pada usaha masing-masing, kalau kamu, apa nih yang kamu “investasikan” di hari Valentine ini?

Sumber: Kontan, CNBC, Inc, Fortune

Simak juga:

Pelemahan KPK Jadikan Indonesia sebagai Surga Pajak Koruptor?

9 Rekomendasi Buku Keuangan Terbaik Ini Dijamin Bikin Kamu ‘Melek’ Finansial

Pengin Jalan-jalan ke Luar Negeri? Ini Caranya Bikin Paspor Online

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here