Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Kamu sudah mulai mendaftar negara-negara yang ingin dikunjungi tapi tahun ini mendadak merasa harus membatalkannya karena pengeluaran berlebih? Masih mungkinkah kamu bisa traveling murah tanpa menguras kantong?

Jangan buang dulu destinasi favoritmu dari daftar! Yuk, kita lihat apa saja yang bisa kita lakukan untuk traveling murah.

Traveling Murah, Mungkin Nggak Ya?

traveling murah

1. Dahulukan negara-negara bebas visa

Karena kamu perlu menekan bujet seketat mungkin, pertimbangkan negara-negara bebas visa sebagai pilihan teratasmu. Untuk traveler Indonesia, selain negara-negara Asia Tenggara, kamu bisa mengecek daftar negara bebas visa kunjungan wisata untuk pemegang paspor Indonesia.

2. Rencanakan perjalananmu secara bijak

Kesalahan utama dari traveler pada umumnya yang menyebabkan ongkos jalannya membengkak adalah tidak adanya perencanaan. Jangan sampai kamu menjadi salah satunya!

Baca sebanyak-banyaknya daftar tentang destinasi yang akan kamu kunjungi, kalau perlu rincikan dengan sedetail-detailnya itinerary-mu dari pagi hingga petang untuk traveling murah dan hemat: dari tempat wisata yang masuk bucket list-mu, tempat belanja harian murah, dan restoran yang didatangi warga lokal.

Pastikan kamu membeli SIM card lokal yang tawaran harganya kerap lebih murah dibandingkan membeli paket roaming. Catat juga tanggal-tanggal untuk melakukan kunjungan gratis ke museum dan galeri seni.

3. Pesan tiket pesawatmu dan voucher transport di negara tujuan jauh-jauh hari

Pesanlah tiket dengan membuka mode window private browsing atau gunakan VPN untuk memperoleh harga terbaik. Untuk mendapat harga tiket murah, kamu juga bisa mulai menjadwal travel fair untuk negara destinasimu.

Kamu bisa mengunjungi travel fair yang bisa untuk memperoleh harga termurah di negara destinasimu. Lihat daftar pameran travel Jakarta untuk memperoleh penawaran paling menarik seputar destinasimu.

Jangan lupa, bepergianlah dengan ringan, ini akan membantumu mendapatkan tiket pesawat termurah yang umumnya tidak menyediakan banyak ruang untuk bagasimu.

4. Manfaatkan berbagai jenis “shared economy” atau “ekonomi berbagi”

Ada banyak situs web dengan kategori ekonomi berbagi yang bisa kamu pakai selama berpetualang: Airbnb (untuk akomodasi), EatWith (untuk kuliner), BlaBlaCar (untuk menumpang kendaraan).

Kesemua situs ini menjadikan agenda avonturir lebih ringan dan traveling murah, kenapa kamu tidak mencobanya juga?

Baca juga: 7 Hadiah Ultah Unik dan Romantis buat Pacar pas Kamu On Budget

5. Tinggal di hostel, atau bekerja untuk hostelmu

Banyak hostel dengan harga terjangkau dan fasilitas memadai disediakan dekat dengan tempat-tempat wisata terbaik di destinasi tertentu untuk traveling murahmu.

Jangan khawatir, karena mereka menyediakan daily essentials dan bahkan pemandu wisata bila kamu memerlukan panduan warga lokal setempat untuk membantumu menerjemahkan bahasa lokal. Beberapa hostel juga menyediakan dapur, kamu bisa memasak di dapur hostel itu.

6. Jalan kaki sebanyak mungkin atau sewa sepeda

Persoalan pejalan pada umumnya adalah tidak tersedianya waktu bagi mereka untuk melakukan rutinitas mereka.

Kalau kamu terbiasa ke gym untuk menjaga kebugaran, di perjalananmu, kamu bisa pertimbangkan untuk bergerak lebih banyak. Alih-alih mengambil transportasi umum. Ini juga akan memangkas pengeluaranmu untuk transport.

7. Beli pengalaman alih-alih suvenir

Karena tujuanmu adalah untuk mencapai destinasi favorit, kenapa tidak menghabiskan waktumu untuk mengeksplorasi tempat itu daripada repot-repot memikirkan titipan kawan atau oleh-oleh buat keluarga di rumah?

8. Fleksibel menghadapi rencanamu

Hal yang paling sering dihadapi oleh avonturir on budget alias traveling murah adalah kenyataan bahwa sebagian besar rencana tidak akan seratus persen terwujud. Jadilah fleksibel, karena sesungguhnya yang paling menantang dari petualangan adalah kejutan yang kamu temukan sepanjang jalan!

9. Bekerja sekaligus travel

Kamu bisa menawarkan jastip, catat barang-barang yang dapat kamu tampung di bagasimu dan merupakan barang khas dari negara tujuanmu, kamu bisa menagih ongkos antar 20-30% dari harga barang itu ke kawanmu yang menitipnya.

Atau bila kamu suka mendokumentasikan perjalananmu, tidak ada salahnya menuliskan artikel tentang destinasi yang dikunjungi untuk media online yang memberimu honor kontributor. Ongkos jastip dan honor itu setidaknya bisa membantu menambal biaya tiket pesawatmu, kan?

Nah, setelah membaca semua tips di atas, kamu tidak jadi membuang negara favoritmu dari daftar destinasimu tahun ini, kan? Selamat menyiapkan perjalanan, ya!

Temukan tips finansial menarik lainnya dengan mengunduh aplikasi Pluang!

Simak juga:

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

Takut Investasi karena Istilah Rumit? Simak Kamus Investasi Emas Ini!

 

 

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here