Sepekan Travel ke Vietnam? Ini 3 Destinasi Terbaik yang Tak Boleh Terlewatkan

Travel ke Vietnam? Kamu pastinya membayangkan dirimu tenggelam dalam nikmatnya kaldu panas beraroma dan disajikan dalam mangkok penuh daging, dengan rempah yang kaya dan mie beras, alias hidangan Pho, kan? Belum lagi tempat wisata di Vietnam dari selatan ke utara yang demikian luas dan kaya.

Vietnam memang menawarkan pengalaman yang bahkan tak bisa dirangkum dalam satu semester. Karena Vietnam memang penuh dengan pemandangan menakjubkan dan perpaduan budaya.

Dan tentu saja, travel ke Vietnam tentu tidak akan lengkap kalau tidak menjelajahi tempat-tempat wisata di Vietnam yang termasuk ke dalam UNESCO World Heritage Site dan UNESCO World Biosphere Reserve, kan?

Dari goa batu kapur di sepanjang Teluk Ha Long hingga puncak tertinggi semenanjung Indochina, bila kamu ingin travel ke Vietnam, persiapkanlah dirimu untuk petualangan seumur hidup yang tak terlupakan!

Baca juga: Investasi di Perfilman Indonesia dengan Patungan Rp10.000 Aja, Mau?

Hari ke-1: Perhentian pertama travel ke Vietnam, Hanoi

Umumnya pelancong akan menjejakkan kaki untuk kali pertama di ibukota Vietnam, tiba di bandara internasional Noi Bai. Penerbangan ini hanya memakan waktu sekitar 3 setengah jam dari Singapura. Ambillah penerbangan pertama supaya kamu dapat memanfaatkan awal harimu di Vietnam.

Salah satu cara terbaik mengelilingi Hanoi adalah dengan Grab. Kamu akan lebih hemat waktu untuk menjelajahi kota. Untuk cari cara transportasi yang ringan dan lebih cepat, GrabBike bisa jadi pilihan paling tepat. Kamu juga bisa coba Cyclos (sepeda + becak) kalau ingin mengelilingi kota, untuk melintasi gang-gang kecil.

Pertama, beberapa makanan lokal yang mungkin bisa mengisi perutmu:

Crabmeat rolls

Sementara Singapura terkenal dengan kepiting cabainya, nem chua be (crabmeat rolls) Vietnam adalah salah satu jajanan paling populer. Kepiting cincang yang harum, isi daging babi, jamur, dan aneka rempah, kamu bisa merasakan makan seperti warga lokal dengan mencelupkan roti dan kepitingmu pada nuoc cham, saus celup khas Vietnam.

Glass noodles with fried eel

Jika kamu pencinta kuliner yang selalu cari sesuatu yang baru, mien xao luon akan jadi yang terbaik. Sepiring glass noodle dengan kaldu berisi belut, bawang merah goreng, telur, dan aneka sayuran. Restoran yang menyajikan belut bakar memang disenangi penduduk setempat.

Rolled rice cake

Banh cuon atau kue gulung beras lebih ringan, lembar tepung beras dikukus dan diisi kombinasi daging giling (ayam, udang, babi), jamur cincang, bawang, ham Vietnam, dan berbagai sayuran.

Sementara versi Singapura biasanya diisi saus kecap, versi kue gulung beras ini dicelupkan ke dalam saus nuoc cham untuk rasa yang lebih kental.

Baca juga: Pengin Jalan-jalan ke Luar Negeri? Ini Caranya Bikin Paspor Online

Hari ke-2 – ke-4 tempat wisata di Vietnam: Teluk Ha Long

Terlalu banyak pilihan perjalanan dan jenis akomodasi yang ditawarkan untuk menuju teluk ini. Ini tempat wisata di Vietnam yang juga termasuk UNESCO World Heritage Site, dengan batasan ketat pada rute dan timing kapal.

Karena itu, kamu mungkin perlu memesan paket tur sebelum perjalanan dan memilih pilihan terbaik dari banyak opsi yang tersedia, baik dari Klook, Viator, atau KKday.

Harga dan opsi tur hampir sama dan kamu hanya harus memilih yang paling kamu sukai.

Overnight cruises, ini cara yang amat direkomendasikan untuk menghabiskan waktumu di Teluk Ha Long dengan pelayanan 2 hari 1 malam yang disediakan. Pelayaran ini akan mencakup hampir seluruh atraksi utama di kawasan teluk, seperti karst batu kapur, kayak di laut lepas, hingga mengunjungi peternakan mutiara.

Airnya tenang dan kapal pesiar tetap stabil sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mabuk laut. Sebagian besar kapal pesiar juga punya banyak deck. Untuk kamu yang suka petualangan, bisa pilih tawaran pesiar yang menawarkan snorkeling, kayak, atau bahkan dengan pantai pribadi. Kamu bisa memesan paket tur dari beberapa tempat ini: Indochina Sails, Pelican Halong Cruise, dan Aphrodite Cruise.

Jika masih belum mau beranjak, kamu bisa jelajahi Cat Ba dengan sepeda motor sewaan dan pesan hotel murah dengan biaya 20 USD semalam. Beberapa tempat wisata di Vietnam ini bisa kamu jelajahi dengan motor: Cat Ba National Park Hike (UNESCO World Biosphere Reserve), Cat Ba Beach, Seafood by the port!, Cat Ba Rock Climbing, hingga Biolumnicescent Plankton di pantai.

Setelah kamu cukup puas dengan pemandangan ala National Geographic ini, berikutnya saatnya bersiap untuk Sa Pa!

Baca juga: Jualan Drone, Frank Wang Berhasil Raup Keuntungan Hingga Rp 27 Triliun

Hari ke-5 – ke-7: Sa Pa, kotanya pegunungan dan air terjun

tempat wisata di vietnam

Perjalanan kembali ke Hanoi dari Teluk Ha Long akan makan waktu sekitar 4-5 jam. Tiket untuk PP sekitar 60 dolar hingga 80 dolar USD dan tersedia kursi yang nyaman untuk tidur di kereta tidur. Kereta bisa berhenti di Lao Cai, dari sana, kamu bisa naik minibus atau sewa sepeda motor ke Kota Sa Pa.

Terkenal karena pemandangan teraseringnya, Fansipan, Sa Pa terbilang kawasan dengan cuaca terdingin. Bawalah pakaian hangat dan sepatu yang pas untuk bertualang!

Daya tarik utama dari tempat ini adalah Fansipan, kamu bisa mencapai puncak dengan naik mobil kabel 30 menit, dengan ketinggian lebih dari 3.000 meter, udara akan makin menusuk, ingat bawa obat jika terjadi keadaan darurat.

Begitu turun, kamu juga langsung bisa menempuh petualangan di air terjun supaya badan kembali ke suhu normal. The Love and Silver Waterfalls adalah tempat wisata air terjun dengan pemandangan indah untuk dinikmati.

Sumber: Asiaone

Simak juga:

Berpenghasilan Lebih Besar dari Laki-laki, Ini Caranya Jadi Wanita Karier Sukses!

Ketahuan ‘Pacaran’ Sama Karyawan, CEO McDonald’s Steve Easterbrook Dipecat

Penebangan Liar Hingga Prostitusi, Ini 5 ‘Barang’ Pasar Gelap Indonesia yang Hasilkan Triliunan Rupiah

Recent Articles

Related Stories

1 Comment

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here