Sambut Natal & Tahun Baru, Ini 5 Cara Liburan Hemat Berkualitas dengan Keluarga

Tinggal menghitung hari saja, nih, untuk liburan akhir tahun. Terpikir mencari tips liburan murah? Oh, atau kalau kamu mau liburan yang enggak murah-murah amat, mungkin kamu ingin tips liburan hemat?

Setelah setahun bekerja keras, tentu ganjaran liburan adalah hal yang wajar kamu beri sebagai hadiah untuk dirimu. Malah, tak ada salahnya bila kamu sudah merancang liburanmu jauh-jauh hari demi memberi dirimu “sesuatu yang spesial”.

Kalau kamu cari tips liburan hemat atau tips liburan murah untuk menjelang akhir tahun ini, kamu datang ke tempat yang tepat untuk memeriahkan akhir tahunmu. Yuk, bikin Natal & Tahun Baru kali ini spesial.

Yang perlu kamu ingat, menikmati liburan itu enggak sama dengan mengeluarkan ongkos mahal untuk keluar negeri atau datang ke tempat eksotis, lho.

tips liburan murah

Kamu bisa juga menikmati liburan dengan keluarga atau teman di sekitaran kotamu saja, atau malah di rumah saja. Rancang liburan berkesanmu di rumah, yuk.

Baca juga: Biar Gaji Kecil, Kamu Tetap Harus Bisa Hemat dengan 7 Cara Ini!

Rancang liburanmu supaya sesuai dengan bujet

#1 Mulailah dengan merancang daftar biaya liburanmu

Bikin daftar semua yang mungkin kamu perlukan. Karena sebentar lagi Natal dan Tahun Baru, kalau kamu ingin menikmati liburan di rumah saja dengan keluarga, pastikan kegiatanmu akan menjadikan hari-hari ini spesial.

Siapkan hadiah, kertas pembungkus kado, dan rencana untuk bertukar hadiah. Kegiatan bertukar hadiah ini juga bisa kamu lakukan dengan teman-teman kantor.

Bahkan kamu bisa juga menyisihkan dana untuk memberi sumbangan amal. Berbuat baik akan membuatmu bahagia, kan?

Tips liburan murah: pikirkan juga hal-hal tak terduga yang perlu kamu keluarkan selama menghabiskan hari di rumah saat liburan.

#2 Pikirkan batas pengeluaran untuk Natal dan Tahun Baru

Berapa banyak yang akan kamu keluarkan untuk menyiapkan pohon natal, bingkisan hadiah, pesta di rumah, dan berbagai kebutuhan tambahan lain?

Siapa tahu, kawanmu mengajakmu keluar berkeliling kota ke tempat-tempat menarik di daerahmu, dan kamu membutuhkan bujet tambahan, kan?

Nah, pertimbangkan semua kemungkinan itu, pastikan kamu gunakan uang yang telah disisihkan untuk Natal dan Tahun Baru, berikut dana darurat yang perlu kamu anggarkan untuk kebutuhan lain-lain di luar itu.

Tips liburan hemat: Jangan sampai berencana untuk menghabiskan lebih dari yang kamu anggarkan dan berencana untuk melunasinya nanti.

Membeli hadiah Natal dan Tahun Baru dengan kartu kredit juga bukan ide yang baik. Pastikan kamu mengeluarkan dana sesuai yang kamu anggarkan.

Baca juga: Lagi ‘BU’ Banget, Lebih Baik Jual atau Gadaikan Emas, ya?

#3 Tetapkan pengeluaran sesuai dengan setiap kategori

Bagilah anggaran sesuai dengan berbagai kategori pengeluaran yang kamu miliki untuk musim liburan ini. Ini berarti, kamu perlu bikin daftar item untuk dicentang-centang setiap kamu telah berhasil memenuhinya.

Tips liburan hemat: mengetahui berapa banyak yang perlu kamu keluarkan untuk setiap hadiah bagi teman atau keluargamu juga membantumu memilah-milah ide hadiah sebelum mulai belanja.

#4 Bikin daftar belanja

Bikin daftar yang kamu beli untuk menyambut liburan. Kamu perlu punya satu atau dua ide dalam kisaran harga yang sesuai untuk setiap orang yang ingin kamu berikan hadiah.

Jika kamu meluangkan waktu untuk merencanakan pembelian grosir, kamu mungkin malah dapat menemukan hadiah-hadiah keren yang lebih murah.

#5 Pantau tiap barang yang kamu beli

Catat semua pengeluaran yang kamu lakukan, bawa daftar hadiah dibarengi dengan lembaran anggaranmu.

Kalau kamu berencana tamasya singkat di sekitaran rumah, pastikan juga pengeluaran terkait kegiatan singkat itu.

Ini berlaku juga untuk pengeluaran lainnya supaya kamu bisa lebih akurat menganggarkannya.

Ketika mulai beli hadiah dan mengelola anggaran liburanmu, patok harganya lebih sedikit dari yang kamu anggarkan karena bisa saja kamu akan membutuhkan dana lebih untuk keperluan lainnya.

Tips liburan hemat: Melacak pengeluaranmu secara rutin adalah kunci untuk mempertahankan anggaranmu.

Baca juga: Tak Perlu Mahal, Ini 7 Trik Hemat Bikin Pesta Pernikahan Outdoor

Catatan tambahan untuk tips liburan hematmu

  • Saat belanja untuk keperluan liburan, gunakan satu sistem saja, yakni sistem “cash-only”. Kalau belanja pakai kartu kredit, kamu bisa tidak kira-kira mengeluarkan dana. Jadi, hindari itu.
  • Manfaatkan diskon-diskon liburan. Beberapa mal sambut Natal dan Tahun Baru dengan menawarkan program sale. Selain diskon, ada juga hadiah menarik, lho. Selain menghadirkan program diskon akhir tahun di banyak tenant, beberapa mal beri sale hingga 80% sampai pukul 12 malam jelang akhir tahun nanti.
  • Tidak ada salahnya juga untuk belanja online sebagai salah satu tips liburan hemat. Ini akan memangkas banyak keperluanmu: kamu tidak perlu lelah di jalan, menghabiskan bensin kendaraan, atau membayar ongkos kendaraan untuk menuju tempat belanja. Tinggal belanja online, dan semua kebutuhanmu terpenuhi. Banyak toko online menawarkan diskon tambahan dan bahkan pengiriman gratis. Beberapa e-commerce sudah siap memberikan diskon besar-besaran menyambut akhir tahun ini.
  • Tips liburan murah lainnya, selalu tambahkan beberapa hadiah tambahan ke daftar belanjaanmu. Hadiah-hadiah ini mesti “generic” karena bisa kamu berikan kepada siapa pun sebagai hadiah kejutan bila ternyata kamu lupa membeli untuk seseorang. Ini akan menenangkan pikiranmu dan menyelamatkanmu dari mencari-cari sesuatu pada menit-menit terakhir.
  • Cari uang tambahan untuk menutupi biaya liburanmu. Ini bagus untuk jadi tips liburan hemat alias solusi jangka pendek kalau kamu lupa membuat anggaran liburan dalam setahun terakhir ini.
  • Sebaiknya, kamu sudah mulai menabung dari bulan Januari untuk keperluan belanja jelang November-Desember demi keperluan Natal dan Tahun Baru. Karena ini adalah kebutuhan tahunan yang kamu sudah bisa pastikan jauh-jauh hari, kan? Lihat anggaran belanjamu di tahun lalu, untuk bisa menjadi patokan anggaran belanjamu di tahun ini. Lalu, bagi angka kebutuhan itu dengan 12, itu adalah dana yang kamu perlu kumpulkan tiap bulan demi liburan akhir tahunmu.

Sumber: The Balance, Kontan

Simak juga:

Investasi di Perfilman Indonesia dengan Patungan Rp10.000 Aja, Mau?

Jangan Dibiarkan, Stres di Tempat Kerja Harus Segera Ditangani dengan Cara Ini!

27 Kata-kata Motivasi dari Tokoh Sukses Dunia Ini Jamin Bikin Kamu Semangat Lagi!

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here