Hemat Uang Belanja Demi Menabung, Begini 9 Cara Mudahnya

Kamu bisa menambah tabungan atau investasi dengan menghemat uang belanja bulanan juga, lho. Kelihatannya, sih, sepele, tapi tips hemat uang belanja perlu juga untuk atur cashflow.

Menabung memang terkesan sulit dilakukan. Godaan selalu muncul untuk kita bisa menghemat uang belanja bulanan. Coba cara menabung asyik ini supaya tidak merasa terbebani.

tips hemat uang belanja

Kamu bisa coba 9 tips hemat uang belanja yang dihimpun dari pengalaman banyak orang ini untuk bantu menghemat uang belanja bulanan.

Salah satu cara terbaik untuk tetap konsisten menabung adalah dengan mengingatkan diri sendiri akan tujuanmu menabung.

Meskipun tujuan utamanya adalah untuk mempersiapkan masa tua kelak, namun perlu diakui, membayangkan diri ini menjadi tua dan pensiun memang sulit.

Inilah mengapa kamu harus memiliki mini goal sebagai pijakan mencapai tujuan yang lebih besar lagi untuk menabung.

Yuk, cek tips hemat uang belanja berikut ini demi menghemat uang belanja bulanan.

Baca juga: 5 Cara Menabung yang Tepat demi Wujudkan Resolusi Keuangan 2020

#1 Tips hemat uang belanja – menyusun anggaran

Susun anggaran secara jujur sesuai dengan keperluanmu. Lalu, patuhi anggaran yang sudah kamu buat.

Sebelumnya, kamu bisa dahulukan membayar tagihan bulanan, seperti listrik, cicilan rumah, asuransi, pendidikan, dan belanja bulanan.

Kamu bisa juga lakukan perbandingan harga di toko grosir maupun berbagai supermaket di daerahmu untuk memantau harga kebutuhanmu.

menghemat uang belanja bulanan

#2 Hanya berbelanja di pasar tradisional dan masak sendiri

Belanja kebutuhan sehari-hari di pasar tradisional tentu akan bantu menghemat uang belanjamu hingga 30%, alih-alih kamu membelanjakan uangmu di pasar modern.

Selanjutnya, dari sayur atau berbagai sembako yang kamu peroleh dari pasar itu, kamu bisa mengolahnya sendiri di rumah. Tips hemat uang belanja ini bahkan bisa membantumu menghemat hingga 50% daripada membeli makanan matang atau makan di rumah makan.

Dan ingat kreatif mengolah makanan supaya kamu dan anggota keluarga tidak merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja. Jika diperlukan, masaklah dalam porsi yang pas sehingga tidak ada yang terbuang.

#3 Rencanakan daftar belanja dan belanjalah dalam kemasan besar

Belanjaan bulananmu adalah sesuatu yang semestinya sudah bisa kamu pastikan jauh sebelumnya. Mulai dari bumbu dapur, minyak goreng, tisu, deterjen, sabun mandi, dsb jadi barang belanjaan wajib tiap bulannya.

Dengan merencanakan terlebih dahulu semua itu dan mengecek harga pasar, kamu bisa memperoleh barang-barang dengan harga lebih murah dan dalam jumlah banyak.

Catat belanjaanmu setiap saat kamu belanja. Jangan sampai over budget!

menghemat uang belanja bulanan

#4 Kurangi berbelanja dengan kartu kredit

Kartu kredit kerap memberi dampak psikologis yang membuat penggunanya cenderung over spending. Karena itu, apabila kamu sudah punya daftar belanjaan dan tahu betul berapa anggaran yang kamu perlukan, kamu sebaiknya gunakan uang tunai untuk berbelanja.

Tapi, ada kalanya juga kamu perlu manfaatkan poin kartu kredit serta diskon-diskon ataupun promo yang berlaku sebagai jalan penghematan.

Baca juga: 5 Kesalahan Umum Menabung yang Wajib Kamu Hindari!

#5 Tips hemat uang belanja – bawa bekal sendiri

Biasakan dirimu dan anggota keluarga lainnya untuk membawa bekal ke sekolah atau tempat kerja. Selain lebih higienis dan terjamin, membawa bekal termasuk membantumu menghemat cukup signifikan.

Kalau bisa, masak juga air minum sendiri. Dengan konsumsi air putih 2 liter sehari, kamu sudah bisa berhemat hingga 60 liter (3 galon) air dalam sebulan untuk satu anggota keluarga di rumah saja. Termasuk tips hemat uang belanja yang cerdik, kan?

#6 Stop merokok

Jika kamu atau salah satu anggota keluarga termasuk perokok, kamu bisa coba salah satu jalan ini sebagai tips hemat uang belanja.

Ini berlaku bagi mereka yang merokok hingga menghabiskan setengah bungkus sehari. Dengan asumsi harga sebungkus Rp20 ribu, artinya kamu sudah menghemat hingga Rp300 ribu dalam sebulan.

#7 Perbanyak jalan kaki

Untuk memangkas biaya transportasi, kamu bisa coba untuk pergi ke suatu tempat yang bisa dijangkau atau jarak dekat dengan berjalan kaki.

 tips hemat uang belanja

#8 Hentikan ketergantungan dengan laundry

Jika kamu menghasilkan hingga 5 kg cucian kotor sehari, dengan asumsi tarif laundry berkisar Rp7.000 per kilo, maka kamu bisa menghemat hingga Rp35 ribu sehari untuk sekeluarga.

Kamu bisa gunakan jasa laundry untuk keperluan yang sulit diatasi sendiri, seperti seprei, gorden, karpet atau barang lain yang menyulitkan.

#9 Tips hemat uang belanja – belanja online

Di tengah ruwetnya jalanan sehari-hari, ancaman kemacetan, hingga biaya parkir, bensin, bahkan godaan jajan di luar saat belanja, tentu belanja online bisa jadi tips hemat uang belanja yang paling efisien.

Harga di toko online pun relatif lebih murah daripada di toko konvensional, apalagi jika kamu belanja kebutuhan dalam jumlah besar.

Dalam jumlah pembelian tertentu, belanjaanmu juga bisa dibebaskan ongkos kirim.

Sumber: The Asian Parent

Simak juga:

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here