S.O.S Tanggal Tua? Ini 7 Trik Hemat yang Menyelamatkanmu dari Sikap Boros

Gajian baru tanggal 25 untuk karyawan swasta dan baru awal bulan untuk karyawan pemerintah. Isi dompet biasanya sudah menguap apalagi kalau sudah mendekati tanggal tua. Tanggal tua adalah sebenar-benarnya bencana atau mimpi buruk bagi mereka yang sulit mengatur uang.

Saat tanggal muda, banyak di antara kita masih tidak terlalu bijak menggunakan duit. Serasa bisa menikmati hidup dengan foya-foya, dan tiba-tiba saja kantong kosong begitu rupa.

Di awal bulan pula, gaji sudah ludes untuk bayar utang kartu kredit, tagihan bulanan dari bayar air dan listrik, langganan tv digital, paket data internet, dsb.

Tanggal tua adalah hari yang biasa saja jika kamu berhasil melakukan beberapa hal ini!

Anggap saja, tanggal tua adalah alasanmu untuk merencanakan hidup yang lebih baik.

tanggal tua adalah

Kencangkan ikat pinggangmu! Jangan sampai sikap borosmu hari ini menentukan apa yang terjadi di hidupmu di masa mendatang!

Simak hal-hal ini untuk menyemangatimu menghadapi tanggal tua:

#1 Bikin rencana pengeluaran

Atur pengeluaranmu sedari awal. Lebih baik lagi kalau ini bisa dilakukan sebelum pergantian bulan. Kamu perlu ini untuk mengatur sisa gaji sebaik mungkin.

Pastikan kamu bisa menyisihkan sekitar 40% pendapatanmu untuk tabungan. Setelah itu, bikin stok kebutuhanmu sejak awal bulan. Bisa bikin daftar biaya makan, biaya transportasi, internet, pulsa, dll.

Tanggal tua adalah salah satu alasanmu perlu lebih ketat merancang rencana pengeluaran.

Kalau sudah merasa daftar pengeluaran itu lebih dari apa yang bisa kamu sisihkan untuk tabungan, coba pikirkan cara pangkas sebagian biaya itu.

Baca juga: Jadi “Cewek Keren” dengan Menghapus Gaya Hidup Boros

#2 Konsisten dengan bujet

Perencanaan keuangan yang baik membutuhkan eksekusi yang lebih baik lagi. Kamu harus serius dengan komitmenmu untuk memastikan bujetmu memadai untuk bulan ini.

Berpikirlah kreatif untuk memastikan belanjaan bulananmu lebih efisien dan ekonomis. Andalkan promo saat belanja atau tawaran swalayan untuk kebutuhan dasarmu.

Beberapa fintech menawarkan cashback yang juga dapat kamu manfaatkan.

Kalau perlu, tinggalkan kartu ATM debit dan kartu kreditmu di rumah dan bekali dirimu uang bekal yang cukup selama satu hari saja demi menghindari pengeluaran berlebih.

#3 Kurangi jajan dan bawa bekal makanan

Ini tentu membuatmu perlu mengubah kebiasaan makan siang di luar atau beli jajanan.

Kamu bisa bangun lebih pagi untuk belanja ke pasar dan masak sendiri di rumah atau di kos. Ini tentu membuatmu perlu mengatur waktu istirahat dengan baik agar bisa bangun lebih pagi.

Demi menghindari jadi qismin di tanggal tua, kamu perlu menyiapkan menu sarapan dan makan siang untuk di kantor. Tanggal tua adalah tanggal biasa saja kalau kamu bisa konsisten melakukan penghematan soal makanan.

Selain menyiapkan bekal, kamu juga bisa memanfaatkan waktu luang di pagi hari untuk olahraga. Dua hal ini bisa membantumu menjaga kebugaran tubuh.

#4 Hemat penggunaan kuota internet

Belilah paket data internet yang paling sesuai denganmu, dan sebisa mungkin gunakan WiFi di tempat-tempat publik. Kamu juga bisa manfaatkan internet di kantor untuk mengunduh film favoritmu dari Netflix untuk ditonton di rumah.

Baca juga: Punya Kartu Kredit Pertama? Hindari 5 Kesalahan Umum Ini demi Keuangan Sehat!

#5 Kurangi atau cari alternatif dari hang out

Ini mungkin agak berat, tapi kamu harus berani bilang tidak ke ajakan temanmu untuk hang out.

Tentu ini bukan berarti kamu menghindari semuanya. Cuma, kamu perlu jadwalkan bila ingin mengeksplorasi tempat baru atau wisata kuliner dengan temanmu.

Demi kantongmu, kamu mesti memberi prioritas bagi dirimu. Ajakan untuk jalan tentu datang dari berbagai penjuru dan kamu perlu memilah yang mana yang memang penting. Dan pastikan bukan sekadar agenda untuk mengajakmu bersikap boros.

#6 Tanggal tua adalah alasanmu untuk cari kerja sampingan demi penghasilan tambahan

Jika gajimu rasanya belum mencukupi untuk memenuhi semua pengeluaran, ada baiknya dirimu cari juga kerja sampingan yang bisa menambah pemasukan.

Cari kerja sampingan yang sesuai dengan minatmu akan banyak membantu meningkatkan skill.

#7 Tanggal tua adalah alasanmu menulis jurnal pengeluaran

Setelah kamu memastikan rencana pengeluaranmu tereksekusi dengan baik, juga kamu telah mengupayakan berbagai cara kreatif untuk dapat penghasilan tambahan, kamu perlu memberi apresiasi bagi dirimu dengan membuat catatan pengeluaranmu.

Sumber: Money Smart, Pomona

Simak juga:

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here