Pilih Bank Tanpa Biaya Administrasi? Ini 10 Bank yang Bisa Kamu Pertimbangkan

Setelah mencermati transaksi keuangan tiap bulan, kamu menemukan saldo rekeningmu terpotong lebih banyak untuk biaya administrasi. Ingin tahu rekomendasi bank untuk menabung supaya kamu bisa bikin tabungan tanpa biaya administrasi?

Menabung di bank dengan jumlah sedikit memang tidak akan untung, tapi paling tidak kamu bisa menghindari biaya administrasi.

Biaya ini dibebankan bank kepada nasabah, termasuk administrasi rekening dan kartu, cenderung membebani nasabah. Apalagi, suku bunga simpanan yang kecil tidak menutup besarnya potongan administrasi yang membebani itu.

tabungan tanpa biaya administrasi

Rekomendasi Bank untuk menabung yang tawarkan tabungan tanpa biaya administrasi

Yuk, ketahui rekomendasi bank untuk menabung yang menawarkan tabungan tanpa biaya administrasi. Setidaknya ada 10 bank yang dapat kamu telusuri.

Bank di Indonesia memang masih membebankan biaya administrasi kepada nasabah, dengan kisaran bervariasi, mulai dari Rp13.000-21.000.

Pihak perbankan beralasan biaya administrasi yang dibebankan ini adalah biaya pengelolaan rekening dalam rangka keamanan nasabah dan kemudahan bertransaksi.

Baca juga: Hadapi Disrupsi Fintech, Bank Rencanakan Berbagai Inovasi Teknologi Terkini

Tapi, jika kamu tidak merasa perlu membayar biaya administrasi itu, ketahui 10 rekomendasi bank untuk menabung yang tawarkan tabungan tanpa biaya administrasi.

#1 Tabungan tanpa biaya administrasi – Tabungan Bank Mega Berbagi

Tabungan Bank Mega Berbagi membebaskan biaya administrasi bila saldo di dalam rekening lebih dari Rp50 juta.

Untuk membuka rekening Tabungan Bank Mega Berbagi terbilang mudah, kamu hanya tinggal setorkan minimal Rp100.000 sebagai setoran awal dan saldo minimal Rp100.000.

Fasilitas yang diberikan pun komplet, berupa kartu ATM, internet banking, dan mobile banking untuk segala jenis transaksi keuangan.

#2 Tabungan tanpa biaya administrasi – Permata Tabungan iB Optima

Bank Permata menawarkan Permata Tabungan iB Optima dengan berbagai fasilitas umum seperti mobile banking, ATM, dan internet banking.

Tabungan ini sangat cocok bagi kamu yang miliki dana lumayan longgar untuk disisihkan. Setoran awal minimal Rp5 juta dengan saldo minimal Rp1 juta.

rekomendasi bank untuk menabung

#3 Tabungan iB x-Tra CIMB Niaga Syariah

Bagi kamu yang ingin menabung dengan sistem syariah, Tabungan iB x-Tra CIMB Niaga Syariah bisa jadi pilihan. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan, termasuk bebas biaya administrasi bulanan.

Kamu bisa pilih keuntungan menabung lewat dua cara, di antaranya wadiah (“titipan murni”) atau mudharabah (bagi hasil).

Nominal setoran awal yang diperlukan sebesar Rp200.000 dan selanjutnya dengan hanya menyetor Rp10.000. Saldo minimum sekitar Rp50.000.

#4 Rekomendasi bank untuk menabung – Tabungan BNI Syariah iB Hasanah

Tabungan ini menawarkan sistem dengan akad atau perjanjian wadiah dan mudharabah. Kamu bisa memperoleh BNI Syariah Silver Card yang miliki jaringan ATM cukup banyak.

Fitur lainnya berupa e-Banking dan phone banking. Untuk tabungan BNI Syariah iB Hasanah dengan sistem mudharabah, terdapat biaya bulanan untuk pengelolaan rekening.

Dalam sistem akad Wadiah, kamu dibebaskan dari biaya administrasi bulanan, gratis biaya pembuatan ATM, dan gratis biaya saldo minimum. Untuk setoran awal, kamu hanya perlu menyisihkan Rp100.000.

#5 Tabunganku

Untuk membuka tabungan ini, syaratnya mudah dan batasan nominal setoran tergolong paling merakyat. Tabungan ini bisa dimiliki siapa saja, baik bagi mereka dengan dana besar ataupun tidak.

Produk pemerintah ini ditawarkan oleh bank-bank di Indonesia dengan aturan standardisasi yang ditetapkan Bank Indonesia. Aturan ini termuat dalam fitur mandatory, alias harus ditetapkan secara seragam oleh semua bank.

Berikut ini fitur standar Tabunganku yang diberlakukan seragam di semua bank:

  • Bebas biaya administrasi bulanan, penggantian buku, dan biaya penarikan
  • Pembukaan rekening minimal setoran awal Rp20.000 (bank umum) dan Rp10.000 (BPR/Syariah)
  • Minimal setoran tunai Rp10.000
  • Saldo minimum Rp20.000 (bank umum) dan Rp10.000 (BPR/Syariah)
  • Biaya penalti saldo dormant Rp2.000 per bank (bank umum) dan Rp1.000 per bulan (BPR/syariah). Saldo ini merupakan rekening yang tidak melakukan transaksi (pasif) selama enam bulan berturut-turut.
  • Minimal penarikan tunai di konter Rp100.000 (bank umum) dan Rp50.000 (BPR/syariah).
  • Biaya penutupan rekening atas inisiatif sendiri Rp20.000 (bank umum) dan Rp5.000 (BPR/syariah).
  • Ada bunga serta bonus hadiah.

tabungan tanpa biaya administrasi
Online Banking Internet Finance E-Commerce

#6 Rekomendasi bank untuk menabung – Tabungan BTN e’Batarapos

BTN e’Batarapos barangkali terdengar kurang familiar bagimu. Selama ini, BTN meang lebih banyak dikenal dengan produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Padahal, produk tabungan BTN ini sangat menarik jika kamu tahu manfaatnya.

Dengan tabungan ini, kamu bisa menabung tanpa dikenakan biaya administrasi bulanan asalkan saldo setiap bulan lebih dari Rp1 juta. Setoran awal untuk pembukaan rekening tabungan hanya Rp50.000. Kamu juga mendapatkan kartu ATM untuk mempermudah penarikan uang.

Baca juga: Beli Rumah dari Tabungan Emas? Bisa, Hitung Dulu Anggaranmu Yuk!

#7 Tabungan tanpa biaya administrasi – Danamon Syariah iB

Produk bank satu ini terbilang populer. Dikenal dengan nama Danamon Lebih dan Danamon Syariah iB, setoran awal yang dibutuhkan adalah Rp250.000, sementara Danamon Syariah iB mensyaratkan setoran awal sebesar Rp100.000.

Fitur yang ditawarkan keduanya hampir sama dan tentu saja bebas dari biaya administrasi bulanan. Keduanya memberi fasilitas kartu ATM, bedanya Danamon iB Syariah tidak menawarkan SMS banking dan internet banking.

#8 Tabungan Faedah BRI Syariah iB

BRI dikenal sebagai bank yang sangat merakyat, beserta BRI Syariah sebagai jenis tabungan yang ditawarkan. BRI Syariah memungkinkanmu menabung sejumlah uang tanpa dikenakan biaya administrasi bulanan.

Tabungan ini dikenal sebagai Tabungan Faedah BRISyariah iB. Setoran awal untuk tabungan tersebut cukup ringan, yakni Rp100.000 dengan saldo minimal Rp50.000. Fasilitas yang ditawarkan berupa gratis biaya penggantian buku, kartu ATM, SMS banking, hingga internet banking.

rekomendasi bank untuk menabung

#9 CIMB Niaga On Account

Per 1 Juli 2018, CIMB Niaga AirAsia Savers berubah jadi On Account. Produk yang ditawarkan adalah tabungan dengan fitur kemudahan menabung tanpa biaya administrasi bulanan.

Setoran awal untuk pembukaan rekening juga sangat ringan, yakni Rp100.000. Saldo minimum yang ditetapkan sangat ringan, yakni Rp50.000. Fasilitas yang diperoleh berupa kartu ATM, SMS banking, dan internet banking.

#10 BII Tabungan Gold Maybank

Untuk membuka tabungan Gold Maybank, kamu perlu menyiapkan setoran awal pembukaan rekening sebesar Rp10 juta. Buka rekening di BII Tabungan Gold terbilang sangat mudah, syaratnya hanya mengisi formulir dan bukti identitas diri.

Kelebihan yang ditawarkan di antaranya:

    • Bebas biaya kartu debit/ATM, biaya administrasi bulanan, biaya transfer melalui teller
    • Tarik tunai di banyak ATM bebas biaya
    • Produk tersedia dalam bentuk konvensional dan syariah
    • Internet banking dan SMS banking

Ada nggak dari kesepuluh bank di atas yang kamu gunakan untuk menabung?

Sumber: Cermati

Simak juga:

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Tetap Cuan dengan Menabung Emas Online Kekinian, Bagaimana Caranya?

Menikah VS Beli Rumah, Mana yang Harus Didahulukan?

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here