SMART SIM, Inovasi Terkini Surat Izin Mengemudi Pintar untuk Pengemudi Cerdik

Sudah tahu, belum, sebentar lagi kita bakal memiliki jenis surat izin mengemudi (SIM) baru? Ada yang namanya Smart SIM 2019 dan keunggulannya banyak, lho. Meski, tentu, masyarakat masih perlu mengirimkan evaluasi lagi kepada layanan ini untuk bisa meningkatkan performa di tahun-tahun mendatang.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengumumkan peluncuran resmi SIM jenis ini pada 22 September 2019 lalu di Gedung Basket Gelora Bung Karno. Peluncuran inovasi kartu SIM ini bertepatan dengan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-64.

Surat izin mengemudi ini konon akan dilengkapi chip dengan keunggulan merekam data pengemudi dan juga bisa jadi uang elektronik. Tujuan hadirnya Smart SIM 2019 ini adalah untuk peningkatan layanan publik lewat modernisasi teknologi informasi.

Secara tampilan dan desain, smart SIM 2019 ini beda dengan kartu konvensional. Kartu ini berwarna merah-putih disertai tulisan “Indonesia” pada bagian atas. Keterangan identitas masih sama dengan konvensional. Pada bagian belakang, warna latar putih.

Yang berbeda, pada surat izin mengemudi jenis baru ini, akan ada dua foto pemilik pada kartu. Salah satu foto berwarna, sementara foto yang lain tidak berwarna dan ditempatkan pada pojok kanan bawah. Terdapat juga keterangan tentang golongan darah sehingga donor darah bisa dimungkinkan lebih cepat teridentifikasi seandainya terjadi hal darurat.

 

Beberapa keunggulan Smart SIM 2019 Ini

Smart SIM 2019

Kartu pintar ini menyimpan data forensik pengemudi. Ini termasuk pelanggaran yang dilakukan pengemudi. Chip ini terhubung ke server. Secara garis besar, rekaman ini meliputi catatan perilaku pengemudi, lebih jauh lagi, chip ini bisa menyimpan data rekam jejak kecelakaan yang dialami si pemilik kartu.

Ada pula fitur augmented reality yang digunakan untuk akses layanan edukasi keselamatan berlalu lintas. Jadi kalau ada waktu senggang, bisa tuh tonton video edukasi yang isinya tips dan trik berkendara aman.

Selain itu, kartu pintar ini bisa difungsikan sebagai uang elektronik untuk bayar parkir, tol, maupun belanja. Pemilik dapat mengisi saldo maksimal hingga Rp2 juta.

Dengan semua catatan ini, pengemudi bisa mengevaluasi kembali rekam jejaknya dan dapat kemudahan transaksi finansial pula yang berkaitan dengan urusan parkir dan terkait dengan kendaraannya.

Bila pemilik tercatat taat berlalu lintas, si pengemudi konon akan mendapatkan reward atau penghargaan setelah melewati proses evaluasi ini.

Baca juga: Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

Bagaimana memperoleh surat izin mengemudi versi baru ini?

Calon pengemudi yang belum punya SIM bisa mendaftar dan memperoleh langsung dengan mengajukan permohonan. Sementara itu, pemilik lama dapat memiliki Smart SIM 2019 ini dengan melakukan perpanjangan surat izin mengemudi.

Syaratnya masih sama: memenuhi batas usia minimal 17 tahun, punya KTP, lolos tes kesehatan, ujian praktik dan teori. Untuk memperoleh SIM umum, akan ada tes tambahan yaitu tes psikologi.

Pemohon dapat mengakses lewat http://korlantas.polri.go.id, tinggal lengkapi permohonan formulir registrasi dan mengisi keterangan pribadi.

Kode bayar registrasi akan dikirimkan setelah data terisi. Pembayaran bisa dilakukan lewat ATM, m-banking hingga internet banking BRI dengan waktu maksimal 3 jam setelah registrasi.

Setelah pembayaran tuntas, kode registrasi akan dikirim lewat SMS atau ke surel pribadi. Pemohon Smart SIM 2019 ini tidak perlu mengantre lagi saat mengurus registrasi ke Satpas. Tinggal ikut prosedur penerbitan SIM, meliputi identifikasi dan verifikasi, ujian teori, ujian keterampilan mengemudi dan tertib berlalu lintas.

Biaya pembuatan surat izin mengemudi versi baru ini tidak berubah dibandingkan SIM versi konvensional. Biaya pembuatan masih berdasarkan PP No. 60 Tahun 2016 tentang Juknis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Tertarik coba bikin Smart SIM 2019? Konon, kartu pintar ini masih terus dipantau dan dievaluasi untuk peningkatan layanan bagi pengguna.

Sumber: Kompas.com, CNN Indonesia

Simak juga:

9 Rekomendasi Buku Keuangan Terbaik Ini Dijamin Bikin Kamu ‘Melek’ Finansial

Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

OJK dan Bappebti, Bagaimana Kewenangan Dua Lembaga Regulator Ini?

Di Tengah Perang Dingin Teknologi AS-Tiongkok, 5G Huawei Optimis Akan Meledak di Pasar

Naik Hanya 8,51%, Ini Alasan Serikat Buruh Tolak Kenaikan Upah Buruh yang Kecil

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here