Terobosan BPS: Sensus Penduduk 2020 Bisa Diakses Online, Begini Caranya!

Pemerintah akan adakan Sensus Penduduk 2020. Perbedaan penyelenggaraan untuk tahun ini untuk sensus penduduk adalah metode input data secara online.

Badan Pusat Statistik (BPS) telah mendorong Sensus Online ini sejak 15 Februari lalu hingga 31 Maret mendatang. Pada bulan Juli, sensus akan dilanjutkan dengan cara lama, wawancara dari rumah ke rumah.

Penduduk dapat mengakses web https://sensus.bps.go.id yang bertajuk “mencatat Indonesia” menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet.

sensus pemduduk 2020
Sumber: Minews

Berbeda dari enam periode pelaksanaan sensus, Sensus Penduduk 2020 oleh BPS adalah sensus pertama yang menggunakan data Dirjen Dukcapil sebagai basis data.

Selain itu, sensus penduduk kali ini juga merupakan sensus pertama yang menawarkan metode pengisian mandiri (self enumeration) dengan sistem online yang dikenalkan ke publik sebagai Sensus Penduduk Online (SP Online).

Untuk tahap selanjutnya, BPS akan membuka lowongan bagi 390 ribu petugas di seluruh Indonesia pada awal April mendatang.

Proses rekrutmen itu akan dilakukan lewat proses seleksi yang transparan. Syaratnya yakni memiliki kualifikasi pendidikan minimal SMA/sederajat dan berdomisili di tempat sensus dilaksanakan.

Baca juga: Bank Dunia: 115 Juta Orang Indonesia Rentan Kembali Miskin, Apa Sebabnya?

Sensus Penduduk 2020 sebagai basis data penyusunan kebijakan

sensus penduduk adalah

BPS memprediksi populasi Indonesia akan capai 319 juta jiwa pada 2045. Jumlah penduduk Indonesia, dengan demikian, akan meningkat 45 juta jiwa dibandingkan total keseluruhan penduduk saat ini sebanyak 267 juta jiwa.

Pembaruan Sensus Penduduk 2020 ini diperlukan agar pemerintah dapat mengambil langkah terkait kebijakan-kebijakan yang perlu dipersiapkan, khususnya menyangkut kesejahteraan sosial masyarakat.

Sensus Penduduk adalah jalan untuk memetakan secara pasti jumlah penduduk Indonesia di tingkat nasional, provinsi, kabupaten, kecamatan hingga kelurahan dan desa.

BPS menggunakan metode kombinasi (combine method) yang menggunakan data administrasi pendudukan dari Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) sebagai basis data dasar serta metode wawancara.

Distribusi penduduk yang ditampilkan dalam Sensus Penduduk 2020 ini akan berguna sebagai bagian dari perencanaan, seperti dalam hal kebijakan pangan atau rasio ketergantungan nasional.

Sejumlah data lain yang diperlukan selama Sensus Penduduk 2020 antara lain jumlah pemakaian listrik, konsumsi air ledeng, hingga perumahan.

Hasil sensus diperkirakan akan bisa diperoleh pada Januari 2021. Selain itu, BPS juga akan mengambil sampel dari sekitar 4,3 juta keluarga. Survei dengan 90 pertanyaan itu untuk memproyeksi penduduk Indonesia.

Untuk kelancaran terselenggaranya survei, pelamar yang lolos rekrutmen dan ditetapkan sebagai petugas sensus akan menerima pelatihan singkat, terkait pengisian kuesioner dan pengetahuan dasar tentang data-data penduduk.

Baca juga: Nilai Ekonomi Tinggi, Legislator PKS Rafli Kande Ajukan Legalitas Ekspor Ganja

Prosedur dan tata cara pengisian sensus penduduk 2020

sensus penduduk 2020

Sebelum melakukan pengisian data, siapkan lebih dulu kartu keluarga, KTP, buku nikah, dokumen cerai, surat keterangan kematian, termasuk anggota keluarga tambahan jika memungkinkan.

Apabila ingin menyimpan data sementara, kamu bisa tekan tombol ‘simpan sementara’.

Berikut ini langkah lengkap pengisian sensus penduduk 2020 secara online:

#1 Akses laman sensus penduduk 2020 oleh BPS, yakni https://sensus.bps.go.id/login untuk berpartisipasi dalam SPO. Setelah itu, isi data dan jawab 16 pertanyaan terkait sensus penduduk.

#2 Isi NIK dan nomor KK, isi kode, klik cek keberadaan. Jika kali pertama melakukan akses SPO, buat kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai, lalu klik ‘buat password’.

#3 Masukkan kata sandi yang telah dibuat, lalu klik ‘masuk’

#4 Bacalah panduan awal mengenai pengisian SPO, lalu klik ‘mulai mengisi’

#5 Pilihlah bahasa yang paling dikuasai

#6 Ikuti petunjuk dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya, pertanyaan seputar kondisi rumah, sumber air minum, serta pertanyaan tentang diri sendiri seperti umur, jenis kelamin, dan pendidikan

#7 Setelah mengisi seluruh pertanyaan, klik tombol ‘kirim’

#8 Unduh atau kirimkan bukti pengisian pada e-mail dengan terlebih dahulu mengisikan alamat e-mail.

Sudah siap isi sensus penduduk secara online?

Sumber: Kontan, Kompas, Finance Detik

Simak juga:

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Perkara Saham hingga Krisis Ekonomi, Ini 7 Rekomendasi Film Terbaik Soal Keuangan

Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

S.O.S Tanggal Tua? Ini 7 Trik Hemat yang Menyelamatkanmu dari Sikap Boros

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here