Gojek Dikabarkan Incar dan Berencana Akuisisi 5% Saham Blue Bird

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias Gojek dikabarkan mengucurkan investasinya pada salah satu operator taksi terbesar, yakni pada saham Blue Bird Tbk (saham BIRD).

Akuisisi ini dikabarkan sebagai kelanjutan dari kemitraan kedua perusahaan ini. Selama ini, Gojek dan Blue Bird bermitra dalam bisnis transportasi.

Blue Bird gunakan aplikasi Gojek dalam layanan pemesanan konsumen. Kerja sama strategis ini dilakukan demi bersaing dengan kompetitor bisnis mereka, Glab Holdings Inc yang berbasis di Singapura.

saham blue bird
Source: Wikimedia Commons

Informasi di pasar menyebutkan Gojek incar 5% saham BIRD. Untuk itu, Gojek bersedia gelontorkan dana hingga USD 30 juta (atau setara Rp420 M). Angka ini 22% lebih tinggi dibandingkan valuasi saham Blue Bird saat penutupan dagang.

Head of Investor Relation Blue Bird Michael Tene belum bersedia memberikan komentar untuk saat ini. Ia masih enggan sebutkan apakah kerja sama ini akan berlanjut ke kepemilikan saham di Gojek atau sebaliknya.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Kamu Perlu Investasikan Danamu di Saham Blue Chip

Inovasi Blue Bird demi amankan emiten di tengah disrupsi teknologi

Emiten penyedia layanan transportasi PT Blue Bird Tbk berkode saham BIRD ini terus agresif lakukan ekspansi dan berkompetisi dengan penyedia transportasi daring yang lain.

Perang tarif yang tidak lagi sengit di antara penyedia transportasi daring juga diduga akan amankan emiten ini dan menjadi sentimen positif untuk saham Blue Bird.

Akuisisi atas perusahaan bisnis shuttle Cititrans disebut sebagai bagian dari rencana ekspansi mereka untuk monetisasi jalan tol Trans-Jawa.

Dalam dua tahun ke depan, emiten ini akan memperoleh sentimen positif dari perluasan jaringan ke 10 lokasi berbeda. Perusahaan berencana menambah sekitar 100-120 lebih banyak kendaraan.

Dengan adanya pengembangan dan akusisi ini, Blue Bird dinilai akan mampu menguasai pasar penumpang di dalam negeri. Apalagi, peluncuran mobil listrik akan berpeluang tekan angka konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Rencana Penghapusan “Saham Gocap” pada 2020, Kalian Setuju Nggak Sih?

Rujukan Bloomberg sebutkan akuisisi Gojek hingga 5% saham Blue Bird

Akuisisi Gojek atas 5% saham Blue Bird disebutkan telah mendekati kesepakatan. Gojek dikabarkan akan bayar USD 30 juta untuk akuisisi 5% emiten ini.

Kesepakatan harga 20% lebih ini di atas harga penutupan saham BIRD pada Senin (16/12) yang ditutup pada pasar perdagangan dengan harga Rp2.750 per saham.

Jika angka USD 30 juta tersebut disepakati, maka harga saham Blue Bird yang dibeli pada kisaran Rp3.355 per saham atau 22% dari harga saham pada penutupan pasar.

Sementara itu, harga saham BIRD pada penutupan hari ini (17/12) justru turun 1,09% dari harga penutupan pada pasar Senin, menjadi senilai Rp2.720.

Mari kita lihat perkembangan atas akuisisi saham BIRD ini oleh Gojek dalam beberapa waktu mendatang, dan sementara itu, perhatikan harga saham pada penutupan pasar dari waktu ke waktu.

Siapa tahu bisa cari cuan, kan, kalau pintar-pintar lihat celah strategi beli saham emiten satu ini?

Sumber: Bisnis.com, Kontan, Kompas, Business Insight

Simak juga:

9 Rekomendasi Buku Keuangan Terbaik Ini Dijamin Bikin Kamu ‘Melek’ Finansial

Laundromat, Film Netflix yang Bongkar Pengaruh Panama Papers pada Hidup Orang Kaya

Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here