Berjuang Melawan Coronavirus, Tianjin Dirikan Rumah Sakit Online

Di tengah wabah coronavirus update, pemerintah kota Tianjin membentuk platform rumah sakit online yang memungkinkan untuk melakukan konsultasi secara gratis dengan dokter demi memperoleh informasi terkait virus corona.

Lewat platform ini, pengguna dapat berkonsultasi dengan para ahli terkait kesehatan fisik dan mental mereka dan memperoleh pengetahuan profesional dan ilmiah seputar coronavirus update, terutama tentang cara mencegah virus corona.

rumah sakit online
Liu Yafeng, spesialis kedokteran pernapasan dengan layanan konsultasi medis online JD Health.
Sumber: South China Morning Post

Platform rumah sakit online ini telah mengidentifikasi 1.354 tersangka pembawa virus pada 13 Februari dan para dokter memperoleh coronavirus update dari 50-69 pasien dari Tianjin maupun seluruh Cina setiap menitnya.

Pengguna jasa platform rumah sakit online ini juga dimungkinkan untuk memperoleh bantuan psikologis. Mereka dapat menguji diri mereka untuk potensi kecemasan dan depresi di tengah wabah pneumonia ini.

Sebagian besar pengguna melakukan konsultasi secara profesional dan menunjukkan hasil tes mereka. Angkatan pertama platform rumah sakit online ini menyediakan 100 jasa profesional baik psikiater dan konselor, 20% di antaranya berlisensi sebagai dokter.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Warga Baru Masker N95, Harga Meroket jadi Rp2 Juta/Boks

Rumah sakit online sediakan tenaga ahli profesional untuk konsultasi SARS-CoV-2

coronavirus update
Seorang dokter berbicara dengan seorang pasien selama sesi konsultasi online di sebuah rumah sakit di Shenyang awal bulan ini.
Sumber: South China Morning Post

Pada 27 Januari, platform rumah sakit online ini juga memperkenalkan buku panduan tentang mencegah virus corona yang kini resmi dinamai SARS-CoV-2.

Buku yang dapat diunduh secara gratis ini menyediakan pedoman gambar dan teks seputar virus SARS-CoV-2 dan penyakit/wabah Covid-19 yang diakibatkan.

Panduan tersebut meliputi pedoman bagaimana virus ditularkan, fitur klinis, perawatan, dsb. Hingga 19 Februari, buku panduan rumah sakit online ini telah diunduh hingga 519 ribu kali.

Keberadaan rumah sakit online ini sangat membantu masyarakat di Cina, pasalnya di sejumlah wilayah Cina, banyak warga yang dipulangkan karena kurangnya tenaga dan peralatan medis.

Sejauh ini, daerah Provinsi Hubei adalah daerah yang paling terdampak wabah corona. Di provinsi ibukota Wuhan yang berpenduduk 60 juta orang ini, lonjakan pasien masih terjadi.

Sejauh ini, Wuhan masih menghadapi kekurangan parah dalam penanganan lonjakan pasien virus. Sebagian besar tenaga medis, peralatan dan sumber daya telah disalurkan untuk menangani wabah.

Baca juga: Perkara Wabah Coronavirus, Jack Ma Gelontorkan Dana Bantuan Sebesar Rp201,6 Miliar

SARS-CoV-2 tidak berasal dari Wuhan dan Wuhan telah bangun dua rumah sakit

rumah sakit online
Seorang perawat memeriksa seorang pasien di bangsal isolasi untuk pasien coronavirus di sebuah rumah sakit di Wuhan.
Sumber: AP

Masyarakat global umumnya percaya bahwa virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19 mulanya ditularkan dari pasar grosir makanan laut Huanan.

Namun, hasil riset terbaru menunjukkan sejumlah bukti yang menentang asumsi ini. Para peneliti dari tiga lembaga Cina, termasuk Akademi Ilmu Pengetahuan Cina melacak kemunculan virus dan bagaimana virus berevolusi.

Keberadaan rumah sakit online dan berbagai rumah sakit darurat serta bangsal penyelamatan didirikan untuk menghadapi wabah.

Data menunjukkan bahwa sumber SARS-CoV-2 di pasar diimpor dari tempat lain, “SARS-CoV-2 mungkin sudah beredar luar di antara manusia di Wuhan sebelum Desember 2019, mungkin dimulai pada pertengahan hingga akhir November.”

Sejauh ini, penyebaran virus corona dari hari ke hari menunjukkan wabah COVID-19 berubah dari buruk menjadi lebih buruk. Secara keseluruhan, virus corona telah membunuh lebih dari 2.200 orang dan menginfeksi lebih dari 76.000 orang.

Coronavirus update selain muasal virus juga mengabarkan pembangunan dua rumah sakit darurat untuk tangani virus corona di Cina.

Selain rumah sakit online, rumah sakit darurat juga ditujukan secara khusus untuk tangani virus corona. Pembangunan dua rumah sakit ini meniru model rumah sakit darurat khusus pasien SARS pada 2003.

Sumber: Kontan, Kompas, Kontan, CNN Indonesia, Kompas

Simak juga:

Pelemahan KPK Jadikan Indonesia sebagai Surga Pajak Koruptor?

9 Rekomendasi Buku Keuangan Terbaik Ini Dijamin Bikin Kamu ‘Melek’ Finansial

Pengin Jalan-jalan ke Luar Negeri? Ini Caranya Bikin Paspor Online

Di Tengah Perang Dingin Teknologi AS-Tiongkok, 5G Huawei Optimis Akan Meledak di Pasar

Perbankan Terimpit Persaingan Fintech, OJK Dukung Merger Bank di Indonesia

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here