Home Sweet Home: 7 Cara Miliki Rumah Minimalis Modern Idamanmu

Desain rumah minimalis modern sedang jadi tren di kalangan milenial yang ingin punya hunian tampak stylish dan nyaman. Rumah minimalis dinilai bisa beri pijakan memulai kehidupan minimalis.

Beberapa tahun belakangan, gerakan hidup minimalis ini membantu masyarakat untuk lebih menghargai barang yang mereka miliki. Marie Kondo dengan metode KonMari populer sebagai gaya hidup baru.

gambar rumah

Bagaimana caranya miliki rumah minimalis modern?

Jika kamu salah satu dari mereka yang memimpikan memiliki rumah minimalis, dalam artikel ini kamu akan temukan tips miliki desain rumah minimalis modern.

Baik menggunakan jasa desain interior dan membicarakan dengan konsultan, kamu bisa praktikkan langsung desain ini dan sampaikan ke kontraktor.

Baca juga: 7 Inspirasi Rumah Modern Minimalis untuk Hunian KPR-mu

#1 Susun rencana yang matang 

desain rumah minimalis modern

Langkah awal yang mesti kamu lakukan untuk menyusun rencana membangun rumah minimalis adalah mengetahui yang kamu inginkan. Tentukan komitmen sejak awal untuk desain rumah minimalis modern yang kamu inginkan.

Rencana ini termasuk waktu, tenaga, dan biaya yang diperlukan dalam mewujudkan desain rumah minimalis modern ini. Rencanakan dengan baik dan matang, serta detail pembangunan rumah sehingga kamu siap mengeksekusinya.

#2 Tentukan konsep rumah minimalis yang pas

desain modern

Kamu bisa pergi berkeliling ke kompleks perumahan yang tampak minimalis. Ketika menikah dan memiliki anak, kamu bisa pilih rumah minimalis dengan konsep tingkat dua.

Sementara bila masih single, kamu bisa banget memilih rumah dengan konsep rumah kayu atau yang lebih kontemporer.

#3 Susun denah rumah minimalis dan ukur dengan akurat

desain

Kamu bisa minta bantuan konsultan untuk menyusun denah rumah secara detail sekaligus menghitung biayanya. Denah yang akurat dan sesuai dengan kebutuhan bisa membuatmu lebih nyaman menentukan biaya mana yang perlu dipangkas dalam eksekusinya nanti.

Ukur dengan akurat dan cermat bahan material dalam jumlah yang tepat sehingga biaya pembangunan bisa dihitung dengan pas.

#4 Sesuaikan kondisi keuangan dengan hitunganmu

rencana keuangan

Dana yang dibutuhkan untuk membangun rumah akan tergantung rencana dan eksekusimu.

Cek tabungan yang kamu siapkan dan sesuaikan desain rumah minimalis modern yang telah kamu bikin dengan kemampuan finansialmu. Jangan sampai pembangunan rumah jadi mandek di tengah jalan karena kamu tidak menghitung dengan pasti.

Baca juga: Sudah Punya Modal Beli Rumah? Ini Syarat dan Tahap Ajukan KPR ke Bank

#5 Pilih material yang terjangkau, tetapi masih berkualitas

rumah minimalis

Sesuaikan bujet yang kamu miliki untuk desain rumah minimalis modern terutama jika anggaran yang kamu siapkan pas-pasan. Lakukan survei harga lebih dulu. Temukan bahan bangunan yang berkualitas dengan harga terjangkau lewat lakukan perbandingan.

Dan ingat, pondasi rumah termasuk yang paling penting menopang rumah kamu. Pastikan pondasi rumah benar-benar kokoh dan bisa bertahan untuk jangka panjang. Karena itu, kamu mesti pilih material bangunan terbaik untuk bangun rumah modernmu.

#6 Tunjuk jasa arsitek profesional

desain rumah modern

Pembangunan rumah berjalan lancar dan sesuai rencana jika kamu dapat temukan arsitek yang profesional.

Tentu saja ada berbagai tarif untuk jasa arsitek profesional ini. Variasi jasa membangun rumah disediakan oleh beberapa tim arsitek, di antaranya Fine Team Studio, Gajah Bumi Construction, Evonil Architecture, hingga Mata Air Persada.

Baca juga: Beli Rumah dari Tabungan Emas? Bias, Hitung Dulu Anggaranmu Yuk!

#7 Saatnya mengeksekusi desain rumah minimalis modern kamu

desain rumah

Setelah membangun pondasi rumah yang kokoh dan bertahan lama, bagian lain yang penting dari rumah minimalis adalah sekat ruangannya.

Sekat rumah

Rumah minimalis biasanya tidak miliki banyak sekat ruangan. Agar rumahmu tetap tampil elegan, pastikan kamu menentukan sekat-sekat rumahmu dengan pas.

Tangga

Selain itu, jika kamu pilih rumah dengan dua lantai, kamu perlu pilih tangga yang tepat dan kokoh. Ada beberapa bahan di antaranya besi, keramik, kayu, dan lainnya untuk jadi pilihan.

rumah modern

Warna

Pilihan warna cenderung ke warna netral atau pastel. Jadi, ketika kamu tentukan warna-warni rumah, pastikan kombinasinya tepat dan sesuai dengan konsep rumahmu secara keseluruhan.

Teras

Teras adalah bagian rumah yang akan memberi impresi kepada pengunjung rumahmu. Karenanya, kamu mesti beri perhatian khusus untuk area ini. Kombinasikan material dan desain yang tepat untuk membuat area teras rumahmu menarik dan tampak cantik.

taman rumah

Area taman

Area taman rumah minimalis yang asri dan menarik adalah yang menyuguhkan tanaman hijau dan teduh seperti pohon palem dan sejenisnya. Tanaman ini juga akan beri udara segar di sekitar rumah.

Sumber: Cermati, Lamudi

Simak juga:

Pelemahan KPK Jadikan Indonesia sebagai Surga Pajak Koruptor?

9 Rekomendasi Buku Keuangan Terbaik Ini Dijamin Bikin Kamu ‘Melek’ Finansial

Pengin Jalan-jalan ke Luar Negeri? Ini Caranya Bikin Paspor Online

Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here