Mau Coba Investasi Reksadana? Ini 11 Platform Reksadana Online Terbaik di Indonesia

Jika kamu salah satu yang menunda investasi reksadana karena malas ribet, reksadana online bisa jadi strategi alternatif mulai investasi. Banyak reksadana online terbaik yang tersedia untuk kamu investasi tanpa perlu keluar rumah.

Lima jenis reksadana dengan keunggulannya, yakni reksadana saham, reksadana pasar uang, reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana indeks tersedia online juga.

Tanpa perlu antre di bank, beli reksadana online bisa dilakukan lewat ponsel. Untuk verifikasi, kamu hanya perlu menyiapkan data berupa nomor KTP, nama, dan nomor rekening.

Reksadana online ini meliputi perbankan, sekuritas, supermarket reksadana, e-marketplace, hingga dompet elektronik. Pilih reksadana online terbaik yang sesuai kebutuhanmu!

Dengan dana terjangkau, buat kamu yang ingin terjun ke investasi reksadana tapi ingin hemat waktu dan tidak perlu mendatangi manajer investasi satu per satu, kamu bisa coba empat tempat reksadana online ini.

Baca juga: Mau Coba Investasi Reksadana? Berikut Panduan Mudahnya untuk Pemula

Reksadana online kategori perbankan

#1 Reksadana online Commonwealth

reksadana online terbaik

Reksadana Commonwealth termasuk “supermarket reksadana” karena menawarkan produk dari berbagai manajer investasi. Untuk kategori reksadana perbankan, Commonwealth menawarkan reksadana online terbaik lewat 70 produk reksadana terbitan 10 manajer investasi.

Detail produk Reksadana Commonwealth:

Reksadana pasar uang 6 produk
Reksadana pendapatan tetap 16 produk
Reksadana campuran 16 produk
Reksadana saham 33 produk
Reksadana indeks 1 produk

 

Supermarket reksadana non-bank dan lembaga keuangan

#2 Bareksa

reksadana online

Berdiri pada 2013 oleh PT Bareksa Portal Investasi, Bareksa menjadi reksadana online pertama di Indonesia yang berhasil memperoleh lisensi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jika ingin investasi, minimal investasi yang dipatok adalah Rp100 ribu dengan berbagai jenis reksadana. Mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, saham, penyertaan terbatas, indeks dan ETF, DPLK, hingga DIRE.

Bareksa menyediakan 179 jenis reksadana dari 30 manajer investasi, lengkap dengan kategorinya (syariah atau konvensional) hingga kelolaan (mulai dari di bawah 500  hingga di atas 100 M). Manajer investasi kakap Indonesia, Schroder, pun tersedia.

Detail produk Bareksa:

Reksadana pasar uang 27 produk
Reksadana pendapatan tetap 32 produk
Reksadana campuran 55 produk
Reksadana saham 37 produk
Reksadana indeks 3 produk

#3 TanamDuit

tanamduit

Platform besutan PT Star Mercato Capitale ini menawarkan 12 produk reksadana online dari 5 manajer investasi, yakni Bahana, Batavia, Manulife, Mandiri, dan Trimegah.

Masih relatif baru dan berdiri pada 28 Februari 2018, berikut ini detail produk TanamDuit:

Reksadana pasar uang 5 produk
Reksadana pendapatan tetap 3 produk
Reksadana campuran 1 produk
Reksadana saham 3 produk

 

Baca juga: Mau Coba Investasi Reksadana? Berikut 5 Manajer Investasi yang Bisa Kamu Pertimbangkan

#4 XDana

reksadana online

Platform di bawah PT XDana Investa Indonesia ini melakukan penjualan reksadana dengan sekaligus menyediakan edukasi tentang keuangan bagi penggunanya.

XDana mengelola reksadana dari 7 manajer investasi, di antaranya Ciptadana, CIMP Principal, Mandiri, Bahana, AXA, Danareksa, dan Maybank.

Tergolong baru, investasi reksadana online ini memasarkan 30 produk reksadana, di antaranya:

Reksadana pasar uang 5 produk
Reksadana pendapatan tetap 7 produk
Reksadana campuran 5 produk
Reksadana saham 12 produk
Reksadana indeks 1 produk

 

#5 Invisee

investasi reksadana online

Platform ini bernaung di bawah PT Nusantara Sejahtera Investama, anak perusahaan Indivara Group. Invisee bekerja sama dengan T-Cash (sumber dana untuk pembelian) dan Gojek (voucher bagi pengguna Gojek untuk pembelian reksadana online).

Mengelola produk keluaran 4 manajer investasi, yakni Danareksa, Insight, Mandiri, dan Trimegah, Invisee sediakan 23 produk reksadana online:

Reksadana pasar uang 6 produk
Reksadana pendapatan tetap 7 produk
Reksadana campuran 3 produk
Reksadana saham 6 produk
Reksadana indeks 1 produk

 

Reksadana online kategori sekuritas

#6 POEMS ProFunds

POEMS ProFunds

Platform reksadana besutan Philip Sekuritas Indonesia, salah satu platform reksadana papan atas Indonesia, menjadi supermarket bagi ratusan produk reksadana Indonesia.

Ada sekitar 116 produk reksadana dari 29 manajer investasi yang dikelola oleh POEMS ProFunds, di antaranya:

Reksadana pasar uang 16 produk
Reksadana pendapatan tetap 25 produk
Reksadana campuran 30 produk
Reksadana saham 43 produk
Reksadana indeks 2 produk

 

#7 IpotFund

reksadana online terbaik

Salah satu reksadana online terbaik yang dibesut oleh PT Indo Premier Sekuritas ini hingga Maret 2019 mencatatkan penawaran 218 produk reksadana. Ratusan reksadana ini dikelola oleh 82 manajer investasi.

Komitmennya “sepenuhnya berada di sisi client”, IpotFund membebaskan biaya transaksi pembelian dan penjualan reksadana. Modal awal untuk investasi sebesar Rp100 ribu.

Detail produk IpotFund:

Reksadana pasar uang 27 produk
Reksadana pendapatan tetap 38 produk
Reksadana campuran 43 produk
Reksadana saham 87 produk

 

Baca juga: Atur Risiko Investasi Melalui Reksadana, Ini 5 Hal Dasar yang Wajib Kamu Pahami

E-market place dengan reksadana online

#8 Tokopedia

Tokopedia menghadirkan layanan jual-beli reksadana online mulai Februari 2018. Tokopedia ReksaDana secara eksklusif menawarkan reksadana pasar uang dari Syailendra Dana Kas (SDK), dari Syailendra Capital.

Investasi reksadana di Tokopedia dapat dilakukan dengan modal awal mulai dari Rp10 ribu. Proses pembeliannya juga mudah. Tokopedia juga akan optimalisasikan idle cash dompet elektronik TokoCash untuk investasi reksadana online dengan mudah.

#9 Bukalapak

Sebelum Tokopedia, Bukalapak adalah pionir investasi portal belanja online atau e-market place. Bukareksa diluncurkan sejak 2017. Incar para pedagang dan pembeli online, Bukareksa mengoptimalkan user experience.

Kini Bukareksa mengelola hingga 10 produk reksadana online yang ditawarkan. Selain CIMB-Principal, produk-produknya berasal dari manajer investasi seperti Ciptadana, BNP Paribas, Kresna, Mandiri, Ashmore, dan Syailendra.

E-wallet sebagai penjual reksadana online

#10 Doku

Sebagai e-wallet, Doku juga hadirkan fitur investasi yang bekerja sama dengan Bareksa. Pengguna Doku dapat berinvestasi di 3 produk reksadana pasar uang dan pendapatan tetap dari Ciptadana dan Bahana TCW.

Minimal investasi di Doku ialah Rp100 ribu dengan pengguna diarahkan ke halaman Bareksa untuk proses jual-beli produk.

#11 OVO

Sebagai cross-coalition loyalty platform, OVO adalah platform Grup Lippo yang tidak hanya awarkan loyalty program, tapi juga fitur pembayaran dan layanan keuangan.

Bekerja sama dengan Ciptadana Asset Management, produk reksadana pasar uang pada OVO sebagai tempat mengembangkan uang para pengguna aplikasi. Dengan potensi imbal hasil capai hingga 7% per tahun.

Sumber: Seputar Forex, Moneysmart, Catatan Keluarga Muda

Simak juga:

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

Mau Cuan Investasi Saham untuk Pemula? Intip Dulu Panduannya di Sini!

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here