Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

Tak bisa dimungkiri, sekarang kita lagi memasuki masa keemasan podcast dan video streaming. Kalau kalian biasa berkomuter sembari memutar lagu-lagu di Spotify, coba pertimbangkan untuk mulai dengar-dengar podcast spotify, deh.

Podcast Spotify – Channel Baru Literasi Finansial untuk Milenial

podcast spotify

Banyak rekaman seru seputar berbagai bidang yang durasinya sesuai dengan jadwal berkomuter. Urusan keuangan pribadi alias personal finance temasuk salah satu topik yang lagi diburu oleh para pendengar podcast spotify, lho!

Banyak yang bilang, untuk generasi milenial sekarang, urusan keuangan ibarat jadi momok. Terkadang memusingkan dan membingungkan untuk mengalokasikan penghasilan freelance yang tak seberapa dengan tuntutan kebutuhan gaya hidup jetset ibukota, ya?

Kalau begitu, coba luangkan waktu untuk mendengar beberapa podcast spotify seputar urusan keuangan. Tak perlu pusing dan jangan takut kalau infonya bakal terlalu berat.

Topik-topik podcast spotify ini sesuai dengan kehidupan hari ini, dan bahasanya bukan seperti kelas perkuliahan. Dengan gaya penyampaian yang santai, kamu pun bisa merasa punya financial planner pribadi yang menuntunmu untuk menganggarkan pendapatan dengan lebih sehat.

Dari sekian ratus ribu podcast spotify yang bisa dipilih, berikut podcast seputar finance yang taylormade untuk kebutuhanmu:

1. Kalau kamu seorang pemula di bidang keuangan, coba dengarkan So Money   

Dipandu oleh ahli keuangan pribadi, Farnoosh Torabi, podcast spotify ini masuk pilihan majalah Entrepreneur sebagai podcast yang paling diminati dan dipandu oleh perempuan.

Torabi membahas segala urusan mengatur keuangan. Kamu bisa belajar tentang bagaimana menyiasati penggunaan kartu kredit, dan terutama tips untuk kamu yang berusia 30-an untuk lebih bijak mengatur keuangan, juga bagaimana caranya mendapatkan penghasilan ekstra, sampai urusan membayar utang.

Hingga hari ini, jumlah rekaman podcast spotify Torabi sudah mencapai 952 rekaman. Dia tidak sendiri, lho. Torabi mengundang juga bintang tamu menarik untuk membahas urusan investasi dan bisnis. Tamu podcast terakhirnya, Jennifer Petriglieri, diundang untuk membahas masalah keuangan pasangan.

2. Pengin kabur dari utang, coba The Dave Ramsey Show

Ahli keuangan Dave Ramsay, pemandu podcast spotify ini, terkenal dengan “langkah-langkah sederhana”-nya dalam pendekatan urusan keuangan, yang melibatkan panduan menyeluruh seputar keamanan finansial dan kebebasan finansial.

Salah satu metode finansialnya yang paling terkenal adalah “metode snowball” untuk mengatasi masalah utang. Ramsay memandu acara dengan istilah-istilah yang lugas dan tidak berbelit-belit, dan sistematis seputar strategi keuangan.

Yang penting bagi Ramsay adalah tindakan yang kamu bisa ambil dengan segera untuk menyelesaikan masalah keuanganmu: praktis, aman, dan efisien.

Baca juga: Kaum Milenial, Berapa Banyak Investasi yang Mesti Kamu Punya

3. Kamu mahasiswa bisnis dan keuangan, dengerin The College Investor, deh!

Podcast spotify satu ini membahas urusan keuangan yang biasanya dieksplorasi anak kuliahan. Robert Farrington, pemandu podcast ini tidak akan membahas materi kuliahan ini dengan bahasa yang berat dan terlalu kaku.

Kamu bisa menganggapnya seperti senior kampus yang kamu ajak belajar bareng di luar kelas, saking nyantainya cara penyampaiannya. Bonusnya, dia juga bahas tips dan trik bagaimana memulai bisnis selepas kampus.

4. Mau cari kaitan antara perempuan, feminisme, dan finance? Ada The Fairer Cents!

Untuk urusan uang, perempuan bisa dibilang menghadapi masalah yang lebih kompleks daripada laki-laki.

Dari soal ketimpangan penghasilan, perempuan digaji lebih rendah daripada laki-laki. Perempuan menghadapi urusan domestik menghadapi kebutuhan anak lebih langsung. Singkatnya, podcast spotify satu ini membahas bagaimana caranya menjadi perempuan independen.

Dua pemandunya, Kara Perez dan Tanja Hester, menyampaikan berbagai urusan perempuan ini, dan terkadang mengundang tamu-tamu menarik untuk membahas tentang keuangan yang berpengaruh dalam hidup perempuan.

Baca juga: Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

5. Merasa masih angin-anginan untuk urusan investasi? Ada The Disciplined Investor

Bursa saham bergerak sangat fluktuatif. Kalau kamu sudah punya rekening saham dan mengambil investasi lembar saham di sejumlah perusahaan, kamu perlu mengecek podcast spotify ini.

Pemandunya, Andrew Horowitz, bisa memberimu tips untuk memantau nilai saham dan mengecek perusahaan yang sehat untuk kamu beli sahamnya. Berbeda dengan podcast spotify lainnya, Andrew menargetkan pendengar yang sudah berpengalaman mengelola portofolio. Dia hanya memastikan kamu tidak angin-anginan lagi untuk mengelola rekening sahammu.

6. Tips-tips Oke untuk Nambah Penghasilan, Smart Passive Income

Berpengalaman membikin usaha sendiri, Pat Flynn punya segudang pengetahuan tentang bagaimana caranya memperoleh penghasilan tambahan tanpa meninggalkan pekerjaan utamam, atau bahkan membuat usaha dari nol.

Eksplorasinya di seputar cara dapat penghasilan tambahan dari berselancar online juga tak boleh dilewatkan. Dari menjadi blogger, menghasilkan duit dari game online, sampai cara memperoleh penghasilan sebagai influencer di podcast spotify atau YouTube pun tak ketinggalan dibahas olehnya.

7. Wah, kenapa semua podcast spotify-nya berbahasa Inggris? Tenang, ada dua podcast seru seputar keuangan dalam bahasa Indonesia yang bisa kamu akses juga: Belajar Bareng Finance dan FinTalk

Dua podcast spotify ini, sama seperti jajaran podcast di atas, membahas soal keuangan dengan bahasa yang santai.

Jadi, kamu sudah dapat daftar panjang podcast spotify di bidang keuangan yang dapat kamu eksplorasi selama setahun ke depan, kan? Jangan lupa untuk juga coba investasi emas di aplikasi Pluang, ya!

Simak juga:

Yuk, Mengenal Produk-produk Investasi

Takut Investasi karena Istilah Rumit? Simak Kamus Investasi Emas Ini!

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here