Tanya Jawab seputar Perdagangan Berjangka Komoditi

Mengenai berinvestasi

Apakah yang dimaksud dengan perdagangan berjangka komoditi?

Perdagangan berjangka komoditi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan jual beli komoditi, dalam hal ini emas, dengan penarikan margin dan dengan penyelesaian kemudian berdasarkan Kontrak Berjangka, Kontrak Derivatif Syariah, dan/atau Kontrak Derivatif lainnya. (UU No.10 Tahun 2011)

Apa saja fungsi ekonomi perdagangan kontrak berjangka?

  • Price discovery: perdagangan kontrak berjangka berfungsi untuk pembentukan harga yang transparan dan efisien sehingga dapat dijadikan sebagai referensi.
  • Hedging/Lindung Nilai: perdagangan kontrak berjangka berfungsi untuk pengalihan risiko karena fluktuasi harga komoditi/aset tertentu untuk menjamin kepastian dan kelangsungan usaha jangka panjang.
  • Alternatif Investasi: perdagangan kontrak berjangka dapat dimanfaatkan sebagai alternatif investasi yang menarik (manageable).

Apa saja manfaat perdagangan berjangka komoditi?

Perdagangan berjangka komoditi memberikan kemudahan dalam kegiatan pengalihan risiko. Selain itu, perdagangan berjangka komoditi juga bermanfaat untuk pembentukan harga yang efisien karena bersifat transparan dan wajar, yang mencerminkan kondisi pasokan dan permintaan yang sebenarnya dari komoditi yang diperdagangkan. Harga yang terjadi di bursa umumnya dijadikan sebagai harga acuan (reference price) oleh dunia usaha.

Kontrak berjangka merupakan salah satu instrumen skema pasar di mana peranan pemerintah dapat dikurangi atau dihilangkan.

Bagaimana cara berinvestasi emas berjangka?

Nasabah dapat mulai melakukan investasi emas berjangka melalui Pialang atau Wakil Pialang Berjangka, dalam hal ini PT PG Berjangka, yang telah mendapat lisensi resmi dari BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi). Pelaksanaan investasi yang sudah ditanamkan melalui Pialang/Wakil Pialang Berjangka adalah dengan jalan membeli kontrak-kontrak berjangka yang diperdagangkan di bursa berjangka. Hal ini sesuai dengan keterangan yang terdapat dalam Pasal 1 Ayat 12 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2011 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi.

Apakah investasi di sini menjanjikan FIX INCOME?

Investasi emas berjangka tidak menjanjikan fix income. Transaksi komoditi juga memiliki peluang dan risiko dengan investasi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang. Risiko kerugian dalam transaksi instrumen keuangan dapat menjadi substansial. Karena itu Anda harus mempertimbangkan dengan hati-hati apakah perdagangan seperti itu cocok untuk Anda mengingat kondisi keuangan Anda.

Mengenai trading rules kontrak berjangka

Apakah yang dimaksud dengan margin?

Margin adalah sejumlah jaminan uang atau surat berharga yang harus ditempatkan oleh nasabah pada Pialang Berjangka, Pialang Berjangka pada Anggota Kliring Berjangka, atau Anggota Kliring Berjangka pada Lembaga Kliring Berjangka untuk menjamin pelaksanaan transaksi Kontrak Berjangka, Kontrak Derivatif Syariah, dan/atau Kontrak Derivatif lainnya.

Dalam hal ini, nasabah menempatkan dana pada Pialang Berjangka dalam hal Ini PT PG Berjangka.

Bagaimana nasabah mengetahui transaksi yang dilakukannya?

Nasabah tidak akan menerima laporan fisik, tetapi laporan transaksi akan dikirim ke Nasabah sesuai dengan alamat surel yang tercantum dalam Formulir Pembukaan Rekening. Agar pengiriman laporan sesuai, Nasabah harus menginformasikan alamat surel yang benar. Jika ada perubahan alamat surel, harap diinformasikan kepada penyelenggara perdagangan berjangka komoditi.

Apa yang terjadi jika dana nasabah tidak cukup untuk bertransaksi?

Hal ini disebut dengan over trading. Jika nasabah melakukan transaksi yang melebihi dana atau margin yang ada, maka sistem akan menolak posisi Nasabah. 

Mengenai kerugian yang dialami nasabah

Apakah nasabah pasti akan untung besar?

Meskipun perdagangan kontrak berjangka dapat memberikan keuntungan yang besar dan cepat, tetapi hal tersebut tidak pasti, bahkan dapat menimbulkan kerugian yang besar dan cepat juga. Seperti produk keuangan lainnya, tidak ada yang dinamakan ‘pasti untung’.

Bagaimana caranya supaya nasabah tidak merugi?

Semua kontrak berjangka mempunyai risiko, dan tidak ada strategi berdagang yang dapat menjamin untuk menghilangkan risiko tersebut. Melakukan perdagangan berjangka memerlukan pengetahuan mengenai kontrak berjangka dan pasar berjangka.

Mengenai fraud, di mana nasabah tidak memberikan wewenang untuk melakukan jual atau beli atas kontrak emas yang bersangkutan

Apa saja yang termasuk kedalam kategori fraud atau penyalahgunaan akun?

  • Penyalahgunaan yang dilakukan oleh orang lain, di mana nasabah memberikan password kepada orang lain sehingga orang tersebut bisa mengakses akun nasabah dan menyalahgunakannya.
  • Jika nasabah menciptakan dan/atau menggunakan alat dan fitur otomatis untuk memanipulasi data pada sistem Aplikasi, termasuk tetapi tidak terbatas pada (i) manipulasi data akun dan (ii) melakukan perambahan (crawling).
  • Pihak ketiga yang bukan nasabah melakukan peretasan terhadap akun nasabah dan menyalahgunakannya.

Mengenai peraturan BAPPEBTI dan semua hal yang terkait perizinan

Siapakah yang mengawasi kegiatan atau transaksi perdagangan berjangka komoditi?

Semua kegiatan atau transaksi perdagangan berjangka komoditi diawasi oleh BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).

Menurut Pasal 4 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 32 Tahun 1997 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi menyebutkan bahwa BAPPEBTI adalah lembaga pemerintah di bawah Kementerian Perdagangan yang tugas pokoknya melakukan pembinaan, pengaturan, pengembangan, dan pengawasan perdagangan berjangka.

Apakah PT PG Berjangka sudah punya lisensi resmi?

PT PG Berjangka sudah memiliki lisensi resmi dari BAPPEBTI dengan nomor 16/BAPPEBTI/SI/02/2014. Anda juga bisa cek langsung di website resmi BAPPEBTI di 

http://bappebti.go.id/pialang_berjangka.

Mengenai produk berjangka dan semua pertanyaan teknis mengenai investasi melalui bursa

Apa yang dimaksud dengan Bursa Berjangka?

Bursa berjangka adalah badan usaha yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan/atau sarana kegiatan jual beli komoditi berdasarkan Kontrak Berjangka, Kontrak Derivatif Syariah, dan/atau Kontrak Derivatif lainnya.

Apa yang dimaksud dengan Lembaga Kliring Berjangka 

Lembaga Kliring Berjangka adalah suatu badan usaha yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan/atau sarana untuk pelaksanaan kliring dan penjaminan penyelesaian transaksi Perdagangan Berjangka.

Apa yang dimaksud dengan Pialang Berjangka?

Pialang Berjangka adalah badan usaha yang melakukan kegiatan jual beli komoditi berdasarkan Kontrak Berjangka, Kontrak Derivatif Syariah, atas amanat nasabah dengan menarik sejumlah uang dan/atau surat berharga tertentu sebagai margin untuk menjamin transaksi tersebut.

Apa yang dimaksud dengan Bakti?

Bakti adalah Badan Arbitrase yang khusus didirikan untuk menyelesaikan sengketa-sengketa di bidang Perdagangan Berjangka Komoditi dan transaksi lain yang diatur/diawasi oleh BAPPEBTI.

Keputusan Bakti bersifat final dan mengikat serta memiliki kekuatan eksekutorial. Jika para pihak yang bersengketa tidak dengan sukarela melaksanakan putusan arbitrase, maka yang menang dapat memohon eksekusi ke Pengadilan Negeri setempat. Namun, ketua Pengadilan Negeri tidak memeriksa alasan/pertimbangan hukum dari Putusan Arbitrase.

Bagaimana jika nasabah ingin melakukan pengaduan terkait transaksi perdagangan berjangka?

Nasabah dapat langsung melakukan pengaduan kepada Pialang Berjangka yang dilakukan secara tertulis. Dalam pengaduan tertulis tersebut, nasabah wajib melengkapi paling sedikit dokumen sebagai berikut:

  1. Kronologis atau uraian pengaduan;
  2. Fotokopi identitas nasabah;
  3. Surat kuasa, apabila pengaduan dilakukan oleh kuasanya;
  4. Fotokopi perjanjian amanat (dapat diperbantukan oleh Pialang);
  5. Fotokopi Laporan Harian Transaksi (dapat diperbantukan oleh Pialang);
  6. Fotokopi bukti transfer dana.

Pengaduan dapat disampaikan melalui pos tercatat atau surel.

Berapa lama pengaduan nasabah diproses?

Pialang berjangka wajib menyelesaikan proses pengaduan paling lambat 30 hari kerja setelah diserahkannya Bukti Penerimaan Pengaduan oleh Pialang Berjangka. Pialang Berjangka wajib menyampaikan hasil penanganan pengaduan secara tertulis kepada nasabah atau kuasanya sesuai batas waktu tersebut. Hasil Penanganan Pengaduan paling sedikit memuat Nomor Registrasi Pengaduan, Permasalahan yang Diadukan, dan Hasil Penanganan Pengaduan yang disertai penjelasan dan alasan yang cukup.

Penanganan pengaduan dilakukan secara berjenjang, yaitu mulai Pialang Berjangka, Bursa Berjangka, dan Bakti.

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here