Jeff Bezos Dikritik Karena Belum Bayar Pajak, Berapa ya Besarannya?

Jeff Bezos, CEO Amazon, tercatat sebagai pengusaha terkaya di dunia yang rajin melakukan investasi. Bos Amazon ini baru saja membeli Warmer Estate di Beverly Hills dari David Geffen seharga USD 165 juta (setara Rp2,26 T).

Pembelian ini merupakan rekor transaksi untuk wilayah Los Angeles. Sebelumnya, rekor pembelian rumah dilakukan eksekutif media Lachlan Murdoch senilai USD 150 juta (setara Rp2,05 T).

Angka Rp2,05 T ini digunakan untuk pembelian Chartwell, perumahan Bel Air yang digunakan sebagai tempat tinggal Clampett di acara televisi “The Beverly Hillbillies”.

pengusaha terkaya di dunia
Sumber: The Verge

Kekayaan bos Amazon sebagai pengusaha terkaya di dunia ini ditaksir sebesar USD 131 M (setara Rp1.794 T) dengan properti di seluruh dunia. 

Akan tetapi, belum dipastikan apakah Bezos akan menjadikan Warner Estate yang dibelinya sebagai rumah utama.

Dilaporkan bahwa Bezos dan pacarnya Lauren Sanchez tengah berburu rumah di Los Angeles dan mengunjungi rumah-rumah mewah di seluruh wilayah ini. Dalam setahun ini, mereka memang sedang rajin mencari dan membeli rumah.

Baca juga: Putra Mahkota Arab Saudi Dituding Menyadap WhatsApp Jeff Bezos, Ada Apa?

Beragamnya portofolio investasi pengusaha terkaya di dunia ini

Sumber: Business Insider Malaysia

Warner Estate yang baru saja dibeli oleh Jeff Bezos adalah hunian yang didesain khusus untuk Jack Warner, eks Presiden Warner Bros.

Gedung ini dikonstruksi selama satu dasawarsa dengan teras, paviliun untuk para tamu, lapangan tenis, dan lapangan golf.

Jeff Bezos memang dikenal dengan strategi jangka panjangnya dalam berinvestasi. Ia kerap membidik perusahaan baru dan berpotensi berkembang sehingga memperoleh kesuksesan fenomenal di masa depan.

Kini, beberapa perusahaan yang sahamnya dibeli oleh bos Amazon ini telah menyandang status unicorn. Pengusaha terkaya di dunia ini menjalankan investasinya lewat tiga saluran: Amazon, Nash Holdings (perusahaan pribadinya), dan Bezos Expeditions (perusahaan modal ventura).

Sementara itu, portofolio investasinya cenderung beragam. Ia berinvestasi di sektor teknologi, kesehatan, dan industri.

Beberapa perusahaan Bezos yang tercat mencetak sukses adalah Uber Technologies (UBER), Airbnb, Washington Post, dan Twitter (TWTR).

Bezos menginvestasikan hingga USD 37 juta di uber Technologies dengan kapitalisasi pasar perusahaan sebesar USD 58,53 M.

Pengusaha terkaya di dunia ini juga berinvestasi di Twitter sebelum saham perusahaan ini terdaftar di pasar modal pada 2008. Ia menginvestasikan dana sebesar USD 15 juta pada Twitter. Kini, kapitalisasi pasar Twitter capai USD 33,05 M.

Di sektor jasa penginapan Airbnb, pada 2011 ia berinvestasi sebesar USD 112 juta. Pasar berspekulasi Airbnb tampaknya akan melantai di bursa Wall Street tahun ini.

Baca juga: Bernard Arnault Saingi Bill Gates, Kini Jadi Orang Terkaya Kedua di Dunia

Bos Amazon dan pajak yang mesti ditanggungnya

bos amazon
Sumber: Indy100

Dari pilihan perusahaan tempatnya menaruh investasi, tampak bahwa ia cenderung melakukan investasi yang tidak konvensional. Bezos Expeditions tercatat menaruh andil dalam sektor seni kerajinan tangan, kuliner, komputasi cloud, media, teknologi ruang angkasa, hingga real estate.

Selain berinvestasi, Bezos juga melakukan berbagai upaya filantropi. Pada September 2018, ia meluncurkan Bezos Day One Fund yang mendukung pendidikan masyarakat berpenghasilan rendah.

Pada awal November 2019, ia menyumbangkan USD 98,5 juta (Rp1,3 T) untuk membantu puluhan kelompok tunawisma. Namun, niat pengusaha terkaya di dunia ini malah memperoleh kritik dari Ketua Partai Buruh Inggris, Jeremy Corbyn.

bos amazon
Sumber: Indy100

Corbyn menghimbau Bezos untuk membayar pajaknya yang justru lebih besar daripada besaran sumbangannya. “Itu hanya 0,09% dari kekayaan bersih Anda. Bayar saja pajak Anda,” ujar Jeremy Corbyn dalam post Twitter.

Ia berpendapat bahwa Bezos bisa mengeluarkan kekayaan lebih besar untuk ditempatkan dalam kegiatan filantropi dibandingkan yang ia keluarkan saat ini.

Baca juga: Tak Terlahir Kaya, 20 Pengusaha Ini Buktikan Sukses Adalah Hak Semua Orang

Berapa pajak yang mesti dikenakan kepada para miliarder?

pengusaha terkaya di dunia
Sumber: CNN Money

Imbauan Corbyn tersebut tampaknya memang bukan tanpa alasan. Kekayaan para miliarder memang dirasa diperlukan sebagai pundi uang negara.

Kandidat calon presiden AS dari Partai Demokrat, Senator Bernie Sanders, berencana menaikkan pajak bagi para miliarder secara signifikan apabila ia terpilih.

Sanders mengajukan proposal pajak kekayaan tahunan, bahwa mereka dengan harta di atas USD 10 M (Rp141,7 T) harus membayar pajak hingga 8% per tahun. Dengan catatan pajak kekayaan tahunan ini berbeda dari pajak pendapatan.

Jika rencana ini dijalankan, CEO Amazon Jeff Bezos sebagai pengusaha terkaya di dunia akan jadi salah seorang miliarder yang rela membayar pajak hingga USD 9 M (Rp127,6 T) per tahun.

Selain Bezos, berikut ini perkiraan pajak kekayaan tahunan yang mesti dibayarkan oleh para miliarder dengan skema pungutan pajak 8%:

Bill Gates sebesar USD 8,6 M (Rp121,9 T), Warren Buffett sebesar USD 6,6 M (Rp93,5 T), Mark Zuckerberg sebesar USD 5,8 M (Rp82,2 T), dan Larry Page sebesar USD 4,8 M (Rp68 T) juga Sergey Brin sebesar USD 4,6 M (Rp66,6 T).

Para miliarder pengusaha terkaya di dunia ini, selain berinvestasi dalam investasi jangka panjang dan melakukan kegiatan amal/filantropi, rupanya masih punya tanggungan besar untuk membayar pajak dengan angka fantastis, ya?

Sumber: Kontan, The Verge, CNBC Indonesia, Liputan 6

Simak juga:

Pelemahan KPK Jadikan Indonesia sebagai Surga Pajak Koruptor?

9 Rekomendasi Buku Keuangan Terbaik Ini Dijamin Bikin Kamu ‘Melek’ Finansial

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Menabung Asyik dengan 5 Cara Fun Ini, yuk!

Tentara Thailand Lakukan Tembakan Brutal di Mal Lantaran Utang, Tewaskan 29 Orang

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here