3 Pengusaha Sukses di Industri Media, Siapa yang Paling Kaya?

Forbes kembali merilis daftar pengusaha terkaya di Indonesia. Para pengusaha sukses di Indonesia ini tempati urutan teratas orang paling kaya di Indonesia. Dalam daftar tersebut, ada tiga nama pemilik stasiun televisi.

Hary Tanoesoedibjo pemilik Global Mediacom, Eddy Kusnadi Sariaatmadja pemilik EMTEK, dan Chairul Tanjung pemilik CT Corp adalah tiga nama pengusaha sukses yang bergerak di bisnis media.

Perusahaan media global belum mendominasi pasar Indonesia sehingga konglomerat media nasional masih punya pengaruh besar di media Indonesia.

Perusahaan-perusahaan nasional dengan porto folio bisnis mencakup investasi di infrastruktur komunikasi ini menguasai medium televisi, radio, media cetak dan, online.

pengusaha terkaya di indonesia

Para pengusaha sukses di Indonesia pada bidang media ini memang piawai dalam melihat pergeseran industri media. Tak ayal, nama mereka masih di posisi teratas pengusaha terkaya di Indonesia.

Dalam rentang dua dasawarsa terakhir ini, memang pengaruh industri media di Indonesia semakin besar. Internet lewat perkembangan media sosial membawa perubahan ke cara masyarakat berpikir.

Ini juga berpengaruh ke sektor media di mana para pengusaha media ini perlu merambah medium digital untuk tetap mempertahankan modal investor di bidang ini. Dan ketiga pengusaha ini tampak berhasil mempertahankan media mereka.

Baca juga: Bernard Arnault Saingi Bill Gates, Kini Jadi Orang Terkaya Kedua di Dunia

Kenali ketiga usaha milik pengusaha sukses di Indonesia yang bergerak di bidang media

CT Corp adalah perusahaan milik konglomerat Chairul Tanjung yang sempat jadi Menko Perekonomian pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Ia beli 55 persen saham TV 7 dari Kompas pada 2006 dan mengganti namanya menjadi Trans7.

Dalam waktu setahun, keuntungan besar langsung diraup oleh media ini. Ia lantas terapkan konvergensi dapur redaksi. Selanjutnya, pada 2011, ia beli Detik.com dan disusul Telkomvision, jaringan tv kabel, yang dinamai ulang jadi Transvision pada 2012.

Bekerja sama dengan CNN, ia bentuk CNN Indonesia pada 2013 yang menghadirkan portal berita online dan stasiun televisi.

Sementara itu, pengusaha sukses di Indonesia lainnya, Hary Tanoesoedibjo kembangkan Global Mediacom dengan memantapkan sekaligus meluaskan bisnis medianya pada awal 2000-an. Ia punya tiga televisi, MNCTV, RCTI, dan GlobalTV. Global Mediacom miliki juga 34 radio lokal yang diakuisisi sejak 2005.

Selain itu, ia juga miliki Koran Sindo News dan portal berita Okezone. MNC bahkan tercatat memiliki satelit sendiri yang dibeli pada 2010 dengan kapasitas 160 kanal.

Eddy Sariaatmadja, nama pengusaha terkaya di Indonesia lainnya di industri ini, miliki jaringan grup EMTEK yang didirikan pada 1983. Ia jadi konglomerat digital sejak beli SCTV pada 2004. Ia juga beli Indosiar pada 2011 dengan kesepakatan senilai Rp1,6 T.

Baca juga: Psst.. Ini 5 Rahasia Sukses Warren Buffett, Tokoh Investasi Paling Sukses di Dunia

Tiga nama pengusaha terkaya di Indonesia pada sektor media dengan kekayaan bersih mereka

Sebagai individu, jumlah kekayaan bersih para pengusaha taipan media ini tidak main-main. Siapa yang terkaya di antara mereka?

Chairul Tanjung (USD 50,59 M, sekitar Rp50,59 T)

Pengusaha terkaya di Indonesia dengan sapaan akrab CT ini pendiri CT Corp. Selain media, perusahaannya merambah ritel dan perbankan. Sejumlah perusahaan yang dimilikinya selain media ialah Transmart Carrefour dan Bank Mega. Ia juga punya bisnis merambah cabang restoran, asuransi, travel, hingga perkebunan kelapa sawit.

Pada daftar pengusaha tersukses di Indonesia, ia termasuk di posisi ke-9 orang terkaya di Indonesia.

Hary Tanoesoedibjo (kekayaan USD 1 M, sekitar Rp14 T)

Ketua Umum Partai Perindo ini mengawali kiprah bisnisnya sejak lulus kuliah. Hingga saat ini, ia miliki 60 perusahaan dari stasiun televisi, radio, media online, dan koran. Pada 2016, ia fokus terjun ke dunia politik.

Ia juga melakukan ekspansi usaha ke bidang properti dengan membangun MNC Land, resort di Bali dan Jawa Barat yang gandeng perusahaan milik Donald Trump. Ia berada di posisi ke-32 pengusaha terkaya di Indonesia versi Forbes.

Eddy Kusnadi Sariaatmadja (USD 780 juta, sekitar Rp10,96 T)

Pendiri grup EMTEK pada 1983 ini memulai perusahaannya yang bergerak sebagai distributor tunggal komputer Compaq. Kini, ia pengendali saham Emtek yang miliki stasiun TV SCTV, Indonesia, O Channel, dan TV kabel.

Ia menempatkan putranya, Alvin Sariatmadja, sebagai presiden direktur EMTEK atau PT Elang Mahkota Teknologi. Pada 2019, ia berkongsi dengan Alibaba untuk kembangkan pembayaran digital Dana. Total kekayaannya tempatkan ia di posisi ke-41 orang terkaya di Indonesia.

Sumber: Tirto, Kontan

Simak juga:

9 Rekomendasi Buku Keuangan Terbaik Ini Dijamin Bikin Kamu ‘Melek’ Finansial

Laundromat, Film Netflix yang Bongkar Pengaruh Panama Papers pada Hidup Orang Kaya

Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here