Eksotis Luar Biasa, Ternyata Segini Lho Harga Paket Wisata ke Raja Ampat

Siapa yang tidak kenal Raja Ampat? Tempat ini menjadi salah satu destinasi impian. Objek wisata inipun kerap dipenuhi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.  Bagi para pecinta laut & diving pun bisa terkagum akan cantiknya air laut yang berwarna biru, gugusan pulau karang di tengah laut, hard coral yang tumbuh melebihi batas air dan gua bawah laut yang cantik. Dengan keindahan itu, berapa sih paket wisata Raja Ampat?

Bagaimana cara menuju ke sana? Ada beberapa maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke Sorong, Papua, seperti Batavia Air, Wings Air, Sriwijaya Air dan Garuda Indonesia. Kini harga tiket pesawat lebih terjangkau dibanding dulu.

Berapa sih harga paket wisata Raja Ampat?

Misalkan saja Jakarta-Sorong bisa mencapai Rp3,5 juta bahkan saat low season bisa mencapai Rp3 juta atau lebih murah lagi. Menarik yah? Setelah sampai di bandara Domine Eduard Osok di Sorong, perjalanan dilanjutkan melalui jalur laut yaitu melalui Pelabuhan Sorong. Untuk mencapai pelabuhan ini bisa menyewa mobil, naik ojek atau menggunakan alat transportasi umum. Waktu tempuh kisaran 10 menit dari bandara ke pelabuhan. 

Sesampai di Pelabuhan Sorong, ada dua pilihan transportasi yang bisa dipilih yaitu kapal cepat yang dimulai dari harga Rp130.000,- dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam dan kapal lambat yang harga tiketnya mulai dari Rp100.000,- dengan durasi perjalanan sekitar 4 jam. 

Harga itu pun kalau kamu hanya pergi ke satu pulau. Maka tak heran destinasi Raja Ampat kerap dinilai mahal. Berbeda dengan destinasi lainnya, Raja Ampat terdiri dari banyak pulau dan letaknya berjauhan sehingga dibutuhkan speed boat atau kapal cepat untuk mengunjungi antar pulau dengan waku yang tidak terlalu lama.

Alokasi budget termahal memang dari transportasi speed boat ini. Pilihan lain kamu bisa menggunakan speed boat terbuka yang tdak memiliki rumah dan penutup di sisi kanan dan kiri.

Namun kalau mengunjungi pulau yang letaknya sangat jauh seperti Wayag, salah satu destinasi di Raja Ampat yang paling favorit, kapal tersebut tidak direkomendasikan karena kamu bisa diterpa angin dan kebasahan saat hujan. Sayang kan kalau saat berlibur kamu malah sakit. 

Faktor lain yang membuat paket wisata Raja Ampat menjadi bernilai tinggi dibanding destinasi lain adalah konsumsi. Karena biaya transportasi yang mahal maka biaya membeli bahan baku makanan pun terkena imbasnya.

Para pemilik restoran dan penginapan pun harus membayar lebih pada para pedagang makanan. Maka akan lebih baik kalau kamu menyetok makanan dan cemilan sebelum berangkat. 

Untuk penginapannya bisa memilih homestay atau resort. Kalau kamu ingin harga yang ekonomis bisa memilih penginapan homestay. Penginapan ini dominan terbuat dari anyaman kayu dan berataspkan daun yang sudah disusun.

Ciri khas lainnya adalah memiliki kasur yang ditutup kelambu untuk mencegah nyamuk menganggu saat tidur dan tidak memiliki kamar mandi di dalam. Sementara kalau punya extra budget, kamu bisa memilih resort yang fasilitasnya lebih lengkap dibanding homestay seperti AC, kamar mandi di dalam kamar dan perlengkapan mandi seperti standar hotel. 

Namun, itu semua impas terbayarkan dengan destinasi-destinasi cantik yang tidak bisa ditemui di tempat lain. Dimana saja destinasi favorit di Raja Ampat?

Paket Wisata Raja Ampat, Destinasi Favorit di Raja Ampat

#1 Kepulauan Wayag

Di Raja Ampat ada juga Halong Bay-nya Indonesia yaitu kepulauan Wayag. Destinasi ini dikenal dengan keindahan bahari dan bukit-bukit yang tersebar di sana.Kepulauan ini terdiri dari gugusan pulau-pulau karang kecil yang ditumbuhi banyak pepohonan.

Saat melintasi dengan kapal, kamy akan melihat birunya air laur, terumbu karang dan biota-biota laut yang terlihat jelas di bawah air. Ketika sampai di sini jangan melewatkan Pulau Karang. Dari puncak pulau ini, kamu bisa melihat keeksotisannya.

Namun, persiapkan stamina dan fisik karena rute pendakiannya bisa mencapai 90 derajat. Destinasi ini pun yang sudah sangat terkenal dan fotonya sering tersebar di internet oleh para wisatawan yang pernah ke sini. Namun kalau kamu memilih paket wisata Raja Ampat dua atau tiga hari, lebih baik memilih destinasi lain karena letak Wayag yang sangat jauh. 

#2 Piaynemo

Tak hanya satu pulau saja yang bagus di Raja Ampat. Biasanya paket wisata Raja Ampat juga memasukkan destinasi pulau Playnemo menjadi salah satu rute. Pulau ini dikenal dengan mini Wayag karena memiliki ciri khas bukit yang sama namun tidak sebesar di wayag. 

Cara naik ke puncak pulau ini pun bisa ditempuh dengan tangga kayu sekitar 15 menit. Agak curam namun aman didaki. Sampai di atas Puncak semua kelelahan pun segera terbayar karena sangat indah. Tak heran tempat ini menjadi ikonik di Raja Ampat.  Destinasi ini bisa kamu pilih kalau kamu memilih paket wisata Raja Ampat selama dua atau tiga hari. 

#3 Teluk Kabui

Kalau kamu memilih kapal cepat ke Wasai dari Pelabuhan Sorong, alternatif destinasi yang terdekat kamu bisa ke Teluk Kabui yang berjarak kurang lebih 30 menit dari Wasai.

Teluk ini dikelilingi dua pulau besar yang dihiasi bukit-bukit karang dengan berbagai ukuran. Teluknya cukup luas, salah satu spot terbaik untuk foto adalah Batu Pensil. Bagi pencinta snorkeling, Teluk Kabui bisa menjadi salah satu alternatif destinasi yang wajib kamu kunjungi sesampai di Raja Ampat. 

#4 Pasir timbul

Apa yang unik dari Pasir Timbul ini? Kamu harus menyesuaikan waktu pasang surut air laut karena ketika air pasang, hamparan pasir inipun tidak terlihat. Namun ketika surut, pasirnya pun terlihat dengan jelas.

Maka destinasi inipun dinamakan Pasir Timbul. Waktu pasang sutunya berlangsung dua kali sehari yaitu saat pagi hari sekitar jam 5 dan 9. Sedangkan untuk sore hari berkisar jam 4 hingga 6 sore. Untuk menempuh pulau yang memiliki luas sekitar 150 meter persegi ini, kamu cukup menempuh waktu sekitar 30 menit menggunakan kapal. Lokasinya pun dekat dengan Sorong atau Pulau Waisai. 

#5 Misool

Pulau ini merupakan salah satu dari empat pulau besar yang ada di Raja Ampat. Apa yang menarik dari lokasi destinasi ini? Berbatasan langsung dengan Laut Seram dan perairan lepas yang menjadi jalur dan perlintasan hewan laut bear seperti ikan paus. Jadi, jangan sampai melewatkan destinasi ini yah!

Namun, destinasi ini pun bisa kamu lihat sesuai paket wisata yang ditawarkan. Banyak travel agent yang menawarkan beberapa paket wisata Raja Ampat dengan berbagai harga dan destinasi yang ditentukan. Ada yang mulai dari harga Rp2,3 juta rupiah untuk dua hari semalam dengan tanpa menyertakan tiket pesawat dari domisili kamu, diving, pengeluaran pribadi dan tip.

Namun, ada juga yang menawarkan private tour paket wisata Raja Ampat senilai Rp22 juta selama 3 malam. Harga ini sudah termasuk private tour guide, akomodasi, transportasi dari bandara, kapal dari pelabuhan, snorkeling, tour guide lokal. 

Yang perlu diperhatikan sebelum mesan tiket ke Raja Ampat adalah waktu terbaik ke sana adalah September-April karena setelah ombak tinggi. Pilih juga penerbangan dini hari hingga sampai di Sorong saat pagi hari agar menghemat waktu.

Ada Sriwijaya dan Batik Air yang menyediakan fasilitas ini. Lebih baik memilih penerbangan siang hari saat perjalanan pulang karena biasanya relatif murah. Terakhir lebih baik minum obat penvegah malaria karena di Irian Jaya masih merupakan kawasan endemik nyamuk malaria. Pakai juga lotion anti nyamuk sebagai pencegah ekstra.

Sumber: Traveloka, Asia Wisata

Baca juga:

Hobi Travel atau Belanja, Pilih Keuntungan Kartu Kredit Sesuai yang Kamu Butuhkan

Sepekan Travel ke Vietnam? Ini 3 Destinasi Terbaik yang Tak Boleh Terlewatkan

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here