Saingi Amerika Serikat, Ini 9 Orang Terkaya di Dunia Asal Cina

Bicara soal orang terkaya di dunia, ternyata diisi lebih banyak yang berasal dari Cina ketimbang Amerika. Lho, kok bisa?

Yap, untuk pertama kalinya, jumlah orang kaya asal Cina melampaui jumlah orang kaya asal Amerika. Setidaknya, itulah yang ditunjukkan oleh sebuah studi yang dilaksanakan oleh Credit Suisse.

Survei kekayaan tahunan yang dilaksanakan oleh Bank Swiss menemukan bahwa, setidaknya, 100 juta orang Cina berada di peringkat 10 persen teratas pada pertengahan tahun ini jika dibandingkan dengan orang-orang Amerika yang hanya 99 juta saja.

Dilansir dari Straitstimes, “Meskipun terjadi kompetisi ketat di antara kedua negara dalam perdagangan selama 12 bulan terakhir. Keduanya sama-sama berhasil mencetak kekayaan, masing-masing menyumbang USD 3,8 triliun dan USD 1,9 triliun,” ungkap Global Head of Economics and Research dari Credit Suisse, Nannette Hechler-Fayd’herbe.

Baca juga: Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi Dunia, Minat?

Orang terkaya di dunia asal Cina, siapa saja mereka?

orang terkaya di dunia

Dengan total 658 miliarder Cina memimpin dunia, dibandingkan dengan Amerika yang hanya memiliki total 584. Dan sumber kekayaan ini umumnya diisi oleh perusahaan-perusahaan teknologi, media dan industri telekomunikasi. Disusul oleh real estate, investasi, manufaktur dan ritel. Siapa saja mereka?

Orang terkaya di dunia asal Cina #1 Jack Ma – USD 39 Miliar

Ma Yun, atau yang kita kenal sebagai Jack Ma, founder dari perusahaan e-commerce raksasa Alibaba Group, telah menjadi salah satu orang terkaya di dunia dari Cina versi Hurun Global Rich List 2019.

Total kekayaan Jack Ma, mencapai 260 Miliar Yuan (USD 39 Miliar). Pria berusia 55 tahun ini berhasil mengklaim mahkota sebagai orang Cina terkaya di dunia. Lalu, siapa daftar berikutnya?

#2 Ma Huateng – USD 38 Miliar

CEO Tencent, Ma Huateng atau juga dikenal sebagai Pony Ma, yang berusia 48 tahun ini masuk ke daftar orang terkaya di dunia asal Cina dengan total kekayaan bersih sebesar USD 38 Miliar.

Salah satu platform messaging besutan Tencent yaitu WeChat kini telah memiliki 1 miliar pengguna.

#3 Xu Jiayin – USD 37 Miliar

Direksi Group Evergrande, Xu Jiayin menyusul menjadi orang terkaya dari Cina dengan total kekayaan bersih mencapai USD 37 Miliar.

Ia yang merupakan direksi dari Evergrande Group juga berhasil masuk dalam daftar teratas Filantropis asal Cina dengan total donasi setara USD 612 juta.

#4 Li Ka-Shing – USD 31 Miliar

Dengan kekayaan USD 31,6 Miliar, Li Ka-Shing merupakan orang Cina terkaya di Hong Kong dan Asia Timur. Dia adalah penasihat senior untuk perusahaan induk Hutchison, setelah ia pensiun dari jajaran direksinya.

Perusahaan induk konglomeratnya Cheung Kong berpengaruh di berbagai sektor di perekonomian Hong Kong. Portofolio bisnisnya meliputi industri transportasi, real estat, jasa keuangan, ritel, dan energi.

Baca juga: 10 Daftar Orang Terkaya di Dunia, Siapa Sih yang Paling Menginspirasi?

Orang terkaya di dunia asal Cina #5 Lee Shau-kee – USD 27 Miliar

Pengusaha properti asal Hong Kong ini menempati posisi ke-27 orang terkaya versi Forbes. Sebagian besar kekayaannya berasal dari perusahaannya Henderson Land Development yang bergerak di bidang properti, hotel, restoran, dan layanan internet.

Beberapa proyek besarnya di antaranya Henderson Metropolitan, Nanjing West Road, Shanghai, dan Miramar Hotel. Ia juga mengakuisisi perusahaan transportasi Hong Kong Ferries dan perusahaan gas Hong Kong, Towngas. Ia juga berhasil membangun bisnis energi melalui cabang usahanya, penyedia listrik Hong Kong dan Cina, dan memiliki saham di Petro China dan China Shenhua.

#6 Yang Huiyan – USD 23 Miliar

Perempuan ini mampu menerobos dominasi para miliarder pria, dengan 57 persen saham perusahaan induk Country Garden yang diwarisi oleh ayahnya pada 2007. Ayahnya, Yeung Kwok Kweung, memiliki kekayaan hingga USD 17,1 Miliar atau setara Rp259,9 T.

Yang juga masuk jajaran pimpinan perusahaan induk Bright Scholar Education Holdings, perusahaan yang berfokus pada edukasi, dan mencatatkan namanya di New York Stock Exchange 2007.

Orang terkaya di dunia asal Cina #7 He Xiangjian – USD 19 Miliar

Sebagai pendiri Midea, salah satu produsen peralatan listrik swasta terbesar di Cina yang berbasis di Shunde, Guangdong. Ia mengakumulasi estimasi kekayaan bersihnya sebesar USD 8 M ketika ikut mendirikan Midea.

Midea Group mengendalikan Welling Holding yang terdaftar di Hong Kong. Menurut situs web perusahaan, real estate Midea mengembangkan proyek di tujuh kota domestik. Mitra bisnis asingnya termasuk Carrier, unit dari United Technologies. Putra He Xiangjian, He Jianfeng, jadi anggota dewan Midea group.

#8 Yan Hao – USD 18 Miliar

Ayah Yan Hao, Yan Jiehe, adalah pendiri China Pacific Construction, salah satu pengembang properti terbesar di Cina. Kolaborasi Yan Hao dan ayahnya menjadikan mereka orang terkaya di Cina.

Mereka berencana membangun “smart city” di Cina yang menyaingi kebanyakan jenis properti yang sama di negara-negara lain. “Smart city”-nya ini akan jadi tempat tinggal hingga 250.000 orang. Megaproyek ini direncanakan dibangun di Shanwei, 140 km sebelah timur Hong Kong, berfokus pada pendidikan, pelatiha tenaga kerja, dan sektor medis.

#9 Wang Jianlin – USD 17 Miliar

Pemimpin Dalian Wanda Group ini memiliki investasi di bidang real estat, keuangan, dan bioskop. Sebagai salah satu pengembang real estat komersial terbesar di dunia dengan lebih dari 260 tempat di China, grup ini memang terbilang sukses.

Namun, Wang Jialin memutuskan mundur dan menjual portofolio hotel dan pariwisatanya senilai lebih dari USD 9 Miliar pada 2017. Pada 2018, ia jual saham di klub sepak bola Spanyol Atletico de Madrid dan mengumumkan rencana menjual sebagian saham jaringan bioskop Amerika Serikat AMC.

Sumber: Forbes, AsiaTime, South China Morning Post, CNBC Indonesia

Simak juga:

Dibanderol Rp1,5 Juta per Kg, Kinmemai Premium Jadi Beras Temahal di Dunia

Dibanderol Rp193 M, Majesty 140 Berhasil Jadi Yacht Termahal di Dunia

Jualan Drone, Frank Wang Berhasil Raup Keuntungan Hingga Rp27 Triliun

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here