Berburu Kebahagiaan? Coba ke 10 Negara Paling Bahagia Ini, Yuk!

Jika kebahagiaan adalah hal yang relatif, apakah mungkin menentukan negara paling bahagia di dunia berdasarkan skala penilaian pusat riset tertentu? Apakah cara mereka menentukan negara paling bahagia sesuai dengan standar kita?

Kebahagiaan, dan upaya untuk mencapainya, berbeda bagi setiap orang. Mau tidak mau, penentuan skala pengukuran cenderung mustahil dilakukan.

negara paling bahagia

Memang, apa yang membuat bahagia di negara paling bahagia di dunia belum tentu membuat bahagia orang lain di sisi dunia yang lain. Tapi, tentu ada standar universal yang menentukan negara paling bahagia!

Happiness Research Institute merilis laporan kebahagiaan dunia tahunan dan memetakan tingkat dopamin, hormon yang lepas ketika kita merasa bahagia, di seluruh dunia.

Mereka dengan hati-hati mencari dan menentukan bagaimana peta kebahagiaan di setiap sudut dunia juga berubah-ubah selama sepuluh tahun terakhir.

Laporan menunjukkan bahwa kebahagiaan global saat ini sedang menurun, terlepas dari pertumbuhan ekonomi yang sedang berlanjut. Ada banyak faktor penting yang mempengaruhi hal ini, termasuk juga pertumbuhan populasi dunia.

Baca juga: Berpikir untuk Pindah Kewarganegaraan? Ini 7 Negara yang ‘Menjual’ Paspor Kedua untuk Warga Asing

Banyak faktor di era ini jadi penentu standar negara paling bahagia

negara paling bahagia di dunia

Laporan Happiness Research Institute yang rilis tahun ini menunjukkan 156 negara dengan peringkat berdasarkan seberapa bahagia warganya.

Bagaimana warga negara memandang diri mereka dan melakukan evaluasi atas kehidupan mereka mempengaruhi kedudukan negaranya.

Laporan itu juga menunjukkan evaluasi kehidupan serta emosi mereka, baik emosi positif maupun negatif, berkembang. Tak tanggung-tanggung, survei kebahagiaan ini telah dilakukan sejak 2012!

Kriteria peringkat negara paling bahagia tahun ini juga menunjukkan beberapa perubahan. Terutama, memperlihatkan bagaimana kebahagiaan berkembang selama 12 tahun terakhir dengan fokus pada perkembangan teknologi, norma sosial, konflik dan kebijakan pemerintah.

Ada bab-bab khusus dalam laporan survei kebahagiaan ini yang menunjukkan perilaku prososial warga negara. Dibarengi efek kebahagiaan pada perilaku mereka, hingga keterkaitan antara kebahagiaan dan penggunaan/kecanduan internet.

“Dunia hari ini berubah dengan cepatnya,” ujar Prof. John Helliwell, editor laporan tersebut. “Bagaimana masyarakat berinteraksi satu sama lain baik di sekolah, tempat kerja, lingkungan sehari-hari, hingga media sosial menentukan efek mendalam pada standar kebahagiaan dunia.”

Berikut ini 10 negara paling bahagia di dunia berdasarkan laporan tersebut:

#10 Negara paling bahagia – Austria

Negara paling bahagia - Austria

Austria mendapat nilai sangat tinggi dalam kategori dukungan sosial dan kebebasan warganya. Selain itu, tidak diragukan lagi, skor ini ditopang oleh ibu kotanya, Wina.

Wina kini secara luas dianggap sebagai kota yang paling layak ditinggali di dunia menurut Global Liveability Index.

#9 Kanada

kanada

Kanada jatuh dua peringkat dari posisi ketujuh negara paling bahagia pada tahun lalu. Negara terbesar kedua di dunia ini masih menempati peringkat tinggi di hampir setiap kategori dengan harapan hidup yang luar biasa dan tingkat pernikahan warganya.

Dengan populasi yang masih kecil dan lebih dari cukup ruang untuk menempati berbagai sudut kota dan menjadikannya surga bagi mereka sendiri.

#8 Negara paling bahagia – Selandia Baru

Negara paling bahagia - Selandia Baru

Bertahan sekali lagi di posisi kedelapan sebagai negara paling bahagia, Selandia Baru tetap merupakan negeri ajaib yang ramah yang tidak kehilangan daya tariknya.

Terlepas kamu sedang berlibur atau tinggal di sana secara permanen, negara ini menunjukkan dirinya juga sebagai satu-satunya negara dengan peringkat kedua dan tertinggi dalam sepuluh besar di luar Eropa.

Baca juga: Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

#7 Swedia

swedia

Bertukar tempat dengan Kanada sejak tahun lalu, Swedia sekali lagi mengisi 10 besar negara paling bahagia di dunia berdasarkan kategori dukungan sosial yang sangat baik dan harapan hidup yang tinggi.

#6 Negara paling bahagia – Swiss

Negara paling bahagia - Swiss

Negara paling bahagia di dunia ini. terkenal dengan arlojinya yang tepat waktu serta cokelatnya. Dengan memukau, Swiss duduk di daftar ini pada 2015 tetapi perlahan-lahan turun. Kini, berada di posisi keenam.

Namun, Swiss tetap menunjukkan ekonomi negara yang berkembang, harapan hidup yang luar biasa dan keringanan pajak yang menarik orang kaya dari seluruh dunia.

#5 Belanda

Belanda

Terkenal santai dan ramah, gaya hidup warga Belanda ini telah mendorong mereka ke posisi negara paling bahagia kelima di Bumi. Detak nadi kehidupan dan kebebasan adalah poin kuat yang memberikan senyum di wajah warga negara ini.

#4 Negara paling bahagia – Islandia

Negara paling bahagia - Islandia

Sejauh ini, sebagai negara yang paling mengagungkan perihal kesetaraan, Islandia yang terisolasi sebagai pulau kecil justru menerima keadaan ini sebagai anugerah daripada beban bagi populasi yang sama kecilnya.

Pajak rendah, perawatan kesehatan gratis, pendidikan luar biasa dan mudah diakses (satu dari sepuluh orang Islandia telah menerbitkan buku) dan lanskap yang membuat kamu merasa seperti sedang berada di nirvana!

Pada 2018, Islandia bahkan menjadi negara pertama di dunia yang memberlakukan upah yang sama bagi perempuan dan laki-laki.

Baca juga: Wujudkan Impianmu, Ketahui Biaya Kuliah di Luar Negeri dan Cara Mengakalinya

#3 Norwegia

norway

Turun satu skor dibandingkan tahun lalu dan dua skor dibandingkan 2017, Norwegia mengisi posisi ketiga sebagai negara paling bahagia di dunia.

Tetap saja, ini secara konsisten menggambarkan Norwegia sebagai negara paling indah di Eropa yang diuntungkan dari tidak adanya korupsi, dukungan sosial dan kebebasan yang fenomenal, serta posisi teratas secara berkala dalam indeks kemakmuran dunia.

#2 Negara paling bahagia – Denmark

denmark

Ah, efek Hygge. Denmark diuntungkan lantaran harapan hidup yang sangat baik dan salah satu dari kesenjangan kekayaan terkecil di dunia, tak mengherankan apabila negara ini bertukar posisi satu atau dua setiap tahunnya.

#1 Dan pemenangnya adalah… Finlandia! (lagi!)

negara paling bahagia finland

Sebanyak 5,5 juta penduduk Finlandia berhasil mempertahankan posisi negaranya sebagai negara paling bahagia! Kemurahan hati rakyat Finlandia serta kehidupan yang tanpa korupsi dengan angka PDB yang fenomenal menjadikan negara ini selayaknya… surga!

Kebebasan dan angka pernikahan yang baik, serta lanskap struktur sosial yang ciamik menjadikannya sebagai negara yang oke banget sebagai opsi tempat tinggal.

Dan negara-negara yang menjadi pecundang dari peringkat kebahagiaan ini adalah Venezuela, dengan penurunan terbesar dalam skala kebahagiaan selama sepuluh tahun terakhir, diikuti oleh Suriah, Botswana, Yaman, dan India. Hmm.. kira-kira Indonesia di urutan ke berapa ya?

Sumber: Forbes

Simak juga:

Perkara Saham hingga Krisis Ekonomi, Ini 7 Rekomendasi Film Terbaik Soal Keuangan

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Tertarik Membeli Saham Google? Ketahui Dulu Risikonya di Sini!

Perusahaan Incaranmu Melantai di Bursa Saham? Ini Tips dan Trik Membeli Saham IPO

Atur Risiko Investasi Reksadana, Ini 5 Hal Dasar yang Wajib Kamu Pahami!

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here