Tetap Cuan dengan Menabung Emas Online Kekinian, Bagaimana Caranya?

Dahulu, orang tua kita membeli emas dan menyimpannya di rumah. Emas lazim dikenal dengan berbagai kelebihannya, di antaranya kebal inflasi, risiko minim, modal relatif kecil, dan barangnya yang mudah diperjualbelikan kembali. Tujuan menabung emas pada umumnya memang untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya.

Sayangnya, yang menyulitkan adalah membeli emas ke toko. Bagi sebagian besar dari kita, mengeluarkan effort untuk ke toko membeli emas merupakan pekerjaan kompleks, merepotkan, dan bahkan mungkin berbahaya dalam perjalanan pulang membawa emas fisik.

Mengikuti Perkembangan Zaman, Jadi Investor Cerdas dengan Menabung Emas Lebih Fleksibel dan Aman

Saat ini, industri keuangan berkembang pesat. Berbagai teknologi finansial (tekfin) menyediakan dompet digital dan bahkan saat ini menawarkan cara menabung emas dengan lebih mudah.

Bukan saja menyediakan fitur aplikasi untuk membeli emas, informasi tentang perkembangan harga emas pun tersedia dan mudah diakses hanya dengan klik aplikasi online.

Baca juga: Kenali Empat Jenis Emas Ini Sebelum Menabung Emas

Menabung Emas di Era Kontemporer

Saat ini, membeli emas bisa dilakukan semudah menabung uang. Dengan berbagai layanan aplikasi digital dari perusahaan startup yang berkembang saat ini, menabung emas bisa dilakukan hanya dengan mengunduh aplikasinya.

Emas bahkan bisa dibeli dengan angsuran. Nasabah yang telah membuka akun bisa menyediakan uang muka dengan besaran bergantung pada masing-masing aplikasi tekfin. Umumnya, dikenakan biaya sebesar 20% dari harga emas.

Setelahnya, nasabah bisa mulai mencicil setiap bulan dalam jangka waktu tertentu, apabila sudah memiliki rencana jangka panjang dari target investasi yang dikehendaki. Pluang adalah aplikasi yang juga menawarkan sarana mudah untuk menabung emas.

Produk emas dari Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang berlisensi dan diawasi oleh Bappebti sehingga transaksi yang dilakukan nasabah aman. Kamu bisa mulai menabung emas dengan mencicil dan terus mengawasi informasi harga emas harian dari grafik yang disediakan.

Emas Online dan Emas Fisik, Mana Lebih Baik?

Bank pada umumnya hanya membiayai cicilan emas yang diproduksi oleh negara atau emas yang diproduksi oleh lembaga yang bekerja sama dengan bank tersebut. Emas yang dibeli oleh nasabah perlu disimpan dalam jangka waktu tertentu. Ini ditujukan sebagai jaminan, disimpan oleh bank hingga waktu cicilan nasabah berakhir.

Demikian juga pembelian emas melalui pegadaian ataupun bank syariah. Tiga jenis fasilitas pembiayaan yang tersedia di antaranya perorangan, kelompok, dan arisan. Emas bisa dicicil dari 1 gram hingga 1 kilogram.

Selain itu, ada juga e-commerce yang memberikan voucher untuk memudahkan pembelian emas. Ada pula yang menyediakan fasilitas cicilan untuk tiap pembelian.

Menabung emas di masa sekarang memang jauh lebih mudah daripada di waktu lampau. Para nasabah dimungkinkan untuk menyelidiki tiap fasilitas yang ditawarkan oleh wadah menabung emas tadi, baik melalui aplikasi, mencicil di bank ataupun membeli emas di pegadaian.

Selanjutnya, yang perlu diperhatikan dalam menabung emas adalah syarat-syarat pembelian, persentase uang muka, pengenaan bunga, risiko gagal bayar, dll, karena fasilitas-fasilitas tertentu mestinya memerlukan kesesuaian dengan nasabah yang bersangkutan. Kamu perlu mengecek kembali risiko dari masing-masing fasilitas yang disediakan.

Baca juga: Investasi Emas atau Saham dalam Situasi Sekarang?

Langkah demi Langkah Mencicil Emas

Jadilah investor cerdas, dan telitilah dalam melakukan pembelian emas. Setelah punya tujuan investasi, kamu bisa cek harga emas batangan di pasaran, ataupun mengecek harga di internet. Beberapa situs seperti PT Antam, PT Pegadaian dan Orori.com menyediakan informasi ini.

Setelah menemukan harga pasaran yang pas, kamu dapat membuat rencana target mencicil emas. Dengan asumsi harga per gram emas sekitar Rp 700.000, maka untuk berinvestasi minimal 5 gram emas sebulan, maka kamu perlu mengeluarkan dana sebesar Rp 3.500.000 untuk investasi satu keping emas 5 gram tersebut.

Setelah kamu merencanakan jangka waktu, sekarang saatnya menentukan tempat pembelian emas. Seperti yang dijelaskan, kamu dapat memilih membeli emas dari kantor pusat Antam, membeli di bank atau PT Pos Indonesia, mencicil di pegadaian, atau membeli melalui aplikasi digital.

Kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi digital (pembelian emas online) adalah informasi yang dapat diakses kapan saja, sertifikat emas yang dapat diperoleh dengan mudah. Pluang, misalnya, menawarkan emas produksi Antam dengan sertifikat yang memungkinkan emas tersebut untuk dijual di luar negeri.

Rencana investasi emas dapat dijadwalkan misalnya selama 10 tahun (120 bulan), tergantung tujuan investasi tersebut. Jadi, dengan asumsi kamu menabung emas selama 120 bulan, nilai dari investasi emasmu akan sebesar Rp 420.000 dalam 10 tahun secara flat, ini belum menghitung dari nilai kenaikan harga emas. Nilai investasimu tentu akan menyesuaikan dengan harga emas terbaru.

Selamat menabung emas, semoga keuntungan investasi 10 tahun mendatang memberimu kemudahan-kemudahan untuk mencapai tujuan utamamu. Jangan lupa untuk unduh aplikasi pluang untuk info promo dan harga emas termurah setiap harinya!

Simak juga:

Yuk, Mengenal Produk-produk Investasi

Takut Investasi karena Istilah Rumit? Simak Kamus Investasi Emas Ini!

Gaji Pas-pasan? Pertimbangkan 4 Hal Ini untuk Mengambil Utang Produktif

Enam Cara Investasi Emas bagi Pemula

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here