Keuntungan dan Kelemahan Menabung di Bank, Apa Saja?

Sedang mengatur keuangan? Coba cermati transaksi keuanganmu tiap bulan. Saldo rekening terpotong lebih banyak untuk biaya administrasi menabung di bank dibandingkan bunga yang diperoleh? Kok, bisa? Nah, potongan ini memang jadi kekurangan menabung di bank.

Menabung di bank dengan jumlah sedikit memang tidak akan untung. Besarnya biaya administrasi yang dibebankan bank kepada nasabah, termasuk administrasi rekening dan kartu, cenderung membebani nasabah.

Apalagi, suku bunga simpanan yang kecil tidak menutup besarnya potongan administrasi yang membebani itu.

menabung di bank

Dengan hitungan sederhana menabung di bank, jika saldo di tabungan tidak menyentuh angka tertentu, maka bunga yang diperoleh tidak akan menutup biaya administrasi bank.

Bank di Indonesia memang masih membebankan biaya administrasi kepada nasabah, dengan kisaran bervariasi, mulai dari Rp13.000-21.000.

Pihak perbankan beralasan biaya administrasi yang dibebankan ini adalah biaya pengelolaan rekening dalam rangka keamanan nasabah dan kemudahan bertransaksi.

Jadi, bagaimana, sih, tips dan trik menabung di bank supaya kekurangan menabung di bank berupa pemotongan biaya administrasi ini tidak tergolong “terlalu besar”?

Baca juga: Hadapi Disrupsi Fintech, Bank Rencanakan Berbagai Inovasi Teknologi Terkini

Merencanakan keuangan dengan menabung di bank

kekurangan menabung di bank

Menabung adalah salah satu pilihan dalam merencanakan keuangan untuk menghadapi kebutuhan di masa mendatang.

Dengan menyisihkan cukup uang dan berhemat, kita bisa memanfaatkan uang yang kita sisihkan itu untuk keperluan lebih urgen.

Menabung di bank adalah pilihan yang umum diambil oleh sebagian besar orang. Perkembangan zaman juga mendorong bank meningkatkan pelayanan dan melakukan inovasi pada produk dan fiturnya.

Peningkatan layanan finansial yang ditawarkan sejumlah bank ini di antaranya kemudahan fasilitas ATM, adanya fasilitas SMS banking, mobile banking, hingga internet banking.

Bank pun berlomba menawarkan pelayanan terbaik dengan tawaran tingkat suku bunga dan biaya administrasi yang beragam. Kita sebagai pengguna mesti jeli dalam memilih bank mana yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Sebagai modal menilai poin plus dan minusnya, berikut ini biaya dan administrasi dan bunga yang diterapkan oleh lima bank yang umum dipilih oleh nasabah:

Biaya dan bunga BNI BRI Mandiri BTN BCA
Biaya administrasi Rp11.000 Rp11.000-Rp12.000 Rp12.500 Rp12.500 Rp15.000-Rp20.000
Biaya administrasi Kartu ATM Bulanan Rp2.000-Rp10.000 Rp3.000-Rp6.500 Rp4.500-Rp8.500
Biaya penggantian Kartu ATM Rp15.000-Rp20.000 Rp15.000 Rp15.000 Rp10.000-Rp20.000
Saldo 0% Sebesar 0% 0% Sebesar 0% 0%
0,7% 0,6% 0,7% 0,25%-1% 0,35%

 

Baca juga: Pengin Akali Biaya Transfer Antar Bank, Sudah Coba 5 Aplikasi Ini Belum?

Sejumlah keuntungan yang bisa diperoleh saat menabung di bank

Berikut ini delapan keuntungan yang ditawarkan oleh bank bagi nasabahnya:

#1 Keuntungan bunga dan bagi hasil

Suku bunga tentu jadi pertimbangan utama sebagian besar nasabah. Dengan catatan, besaran suku bunga ini hanya akan menguntungkan jika kita menabung dalam jangka waktu yang lama dengan dana yang ditabung semakin besar dari waktu ke waktu.

Ada pula bank syariah yang menawarkan sistem bagi hasil, menggantikan sistem bunga dan sistem ini diberlakukan sesuai dengan aturan syariah.

transaksi brankas perbankan

#2 Keamanan

Faktor keamanan tentu jadi alasan utama orang menabung di bank. Dengan sistem keamanan berlapis, baik fisik maupun nonfisik, keamanan uang yang kita tabung dijamin oleh bank.

Perbankan juga bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga jika ada persoalan pada bank, uang nasabah dijamin tetap bisa diambil karena jaminan LPS ini.

#3 Kebebasan bertransaksi

Bank menawarkan berbagai fitur lengkap bagi nasabah. Selain menyimpan uang, kita punya kesempatan untuk melakukan berbagai transaksi finansial, seperti fitur ATM, SMS banking, dan internet banking. Belum lagi, fasilitas ini kerap bisa diakses selama 24 jam.

transaksi ATM

#4 Praktis dan sederhana

Laporan keuangan disusun oleh pihak bank dalam bentuk buku tabungan yang kita peroleh. Kamu bisa dengan praktis mengetahui jumlah uang yang masuk dan keluar.

Kini, kamu juga tidak perlu repot menuju bank cabang untuk melakukan penyetoran karena pada beberapa bank sudah tersedia fasilitas setor tunai lewat mesin ATM.

Baca juga: Jokowi: Tahun 2020 Ini Saatnya Lakukan Reformasi Lembaga Keuangan Non-Bank

#5 Pengelolaan keuangan bisa lebih terencana

Bank menawarkan berbagai produk. Kita bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan, seperti produk tabungan berjangka/deposito atau tabungan khusus. Ini menjadikan perencanaan keuangan kita lebih terarah dan konsisten.

transaksi kartu debit

#6 Mudah diambil jika ada kebutuhan mendesak

Dengan kemudahan transaksi yang disediakan, uang tabungan kita bisa diambil sewaktu-waktu, kecuali jika kamu memilih tabungan berjangka/deposito.

#7 Alternatif investasi

Menabung bisa jadi alternatif investasi selain berbagai pilihan investasi lainnya. Saham, obligasi, atau reksadana menawarkan high return tetapi juga disertai high risk. Sementara, menabung terbilang aman dengan risiko yang terpantau oleh nasabah.

#8 Ada kesempatan dapat hadiah!

Menabung di bank juga memberimu kesempatan untuk memperoleh hadiah. Tidak setiap nasabah, memang, dapat memperoleh hadiah ini. Umumnya, bank tertentu kerap mengadakan pengundian hadiah dengan tawaran berupa uang miliaran atau mobil mewah.

Semakin rajin menabung, semakin besar kesempatan untuk memperoleh hadiah, kan?

Baca juga: Terlengkap! Daftar Kode Bank di Indonesia agar Transaksi Perbankanmu Aman

Lalu, apa, nih, kekurangan menabung di bank?

Di luar demikian banyaknya kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan, berikut ini kekurangan menabung di bank yang perlu kamu pertimbangkan juga:

#1 Ada biaya administrasinya

Pada tabel biaya administrasi di atas, kamu sudah bisa melihat rincian biaya yang dikenakan setiap bank untuk administrasi bulanan.

#2 Nilai tabungan sulit berkembang

Tidak seperti investasi, uang yang kamu tabung di bank tidak bertambah begitu saja dengan suku bunga yang ditetapkan. Rata-rata bunga tabungan berkisar maksimum 1%. Karena itu, keuntungan yang diperoleh tentu tidak akan begitu terasa.

Jika kamu menginginkan imbal hasil yang lebih besar, menabung bukan pilihan yang bijak. Deposito berjangka, justru, bisa menjadi alternatif.

kekurangan menabung di bank

#3 Ada limit transaksi

Meski kamu memang bebas melakukan transaksi, tetapi itu ada batasnya sesuai yang diberlakukan bank. Ada saldo minimum yang harus tersedia di rekening serta limit penarikan tunai harian di ATM yang diterapkan bank.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan menabung di bank, menabung di bank tentu lebih baik daripada menyimpan uang dalam jumlah banyak di rumah.

Dana yang tersimpan dijamin oleh LPS dan kamu juga dapat melakukan berbagai transaksi dengan mudah, tergantung fasilitas yang disediakan oleh bank yang kamu pilih.

Sumber: Jakarta Globe, Tirto, Cermati

Simak juga:

Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

Emas atau Perak, Pilihan Investasi Logam Manakah yang Lebih Menguntungkan?

Nadiem Makarim sebagai Menteri Termuda dengan Ide Segar, Ini 5 Menteri Muda Lainnya dari Seluruh Dunia!

Laundromat, Film Netflix yang Bongkar Pengaruh Panama Papers pada Hidup Orang Kaya

Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here