Sudahkah Kamu Mengenali 4 Jenis Emas Ini Sebelum Mulai Investasi?

Kita tentu sudah tahu, emas digunakan sebagai standar keuangan global, tersimpan dalam bentuk batangan, ataupun diolah sebagai perhiasan. Tapi apakah itu saja jenis emas yang ditemui di pasaran?

Dalam medium digital, pembelian emas bisa dibantu dengan keberadaan perantara, baik dalam platform e-commerce ataupun aplikasi investasi emas khusus. Kenali berbagai jenis emas ini sebelum kamu mulai mencoba #menabungemas!

Emas Perhiasan

Jenis emas ini umum ditemui sehari-hari, dalam bentuk kalung, gelang, cincin, anting, dll. Harga emas perhiasan ini selain ditentukan oleh berat dan kadar karatnya, juga dibebani biaya pengolahan emas menjadi perhiasan. Bila dijual kembali, umumnya toko tidak bersedia membayar ongkos pengolahan tersebut.

Untuk menyiasati supaya aman berinvestasi, sebaiknya memilih emas berdasarkan perhitungan yang harga jualnya tidak berbeda jauh dengan berat jenis emas batangan tanpa pengolahan.

Emas Batangan

1. Emas batangan (emas lantakan), diproduksi oleh beberapa perusahaan, di antaranya UBS Gold oleh PT Untung Bersama Sejahtera, King Halim oleh PT King Halim, HWT oleh PT Hartono Wira Tanik, dan Antam oleh PT Aneka Tambang.

Sebagai ilustrasi mengenai produksi emas batangan oleh perusahaan-perusahaan ini, emas bermerek logam mulia (LM) yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang (Antam) diproduksi dengan kadar emas 99,99 persen. Tanda keaslian emas dibuktikan dengan sertifikat emas dengan bubuh nomor seri terukir pada emas batangan. Selain kadar emas yang tinggi, Antam memiliki layanan penyimpanan yang baik dan lebih aman. Emas Antam memperoleh akreditasi internasional LBMA yang memungkinkan emas Antam untuk dijual di luar negeri.

2. Emas London, yakni jenis emas batangan dari luar negeri, dengan pecahan umumnya per 1 kilogram. Emas ini juga dibubuhi cap perusahaan pada batangnya.

3. Emas lokal, yakni jenis emas batangan tanpa adanya cap perusahaan ataupun sertifikat, biasanya berbentuk lonjong dan sedikit penyok, tersedia dalam ukuran gram hingga kilogram.

Jenis emas batangan ini umum menjadi mahar perkawinan di Indonesia. Beberapa perusahaan bahkan menyediakan emas dengan motif atau ukiran tertentu yang dilengkapi dengan filosofi seputar kelanggengan hubungan rumah tangga. Emas bermotif batik truntum, misalnya. Motif emas ini berasal dari motif batik yang diukirkan Ratu Kencono (Permaisuri Paku Buwono III) untuk menggambarkan rasa cintanya kepada sang suami ketika menatap bintang di langit yang memancarkan cahaya.

Selain diniatkan sebagai mahar pernikahan, emas batangan adalah jenis emas yang banyak disimpan oleh para investor sebelum adanya bursa emas online.

Koin Emas

Di pasar emas Indonesia, dua jenis koin emas diperdagangkan, yakni koin emas ONH (Ongkos Naik Haji) yang ditujukan bagi mereka yang melakukan persiapan untuk naik haji dan koin dinar emas. Jenis emas ini juga kerap dipilih sebagai garansi dari inflasi.

Jenis emas ini dipilih secara khusus untuk keperluan persiapan naik haji, dan dinar emas umumnya dianggap akan berguna dalam persiapan perjalanan haji.

Emas Online

Pembelian emas lewat perantara online, baik melalui media online ataupun Pialang, dikenal dengan nama Trading Emas Online. Umumnya transaksi jual-beli jenis emas ini memanfaatkan perhitungan margin, options, dan metode finansial lain yang dikenakan.

Pialang-pialang tersebut bekerja sama dengan penyedia emas batangan yang diproduksi oleh perusahaan tambang berbeda, dengan kadar kemurnian karat dan durabilitas yang juga berbeda.

Saat ini, pembelian emas Antam lewat jalur online yang dilengkapi sertifikasi dari PT Aneka Tambang adalah pilihan yang dinilai paling aman. Jenis emas batangan yang disediakan terjamin keaslian dan kemurniannya berdasarkan sertifikat LBMA (London Bullion Market Association). 

Baca juga:

Mulai dari Zaman Mesir Kuno, Telusuri yuk Sejarah Emas Hingga Hari Ini!

Takut Investasi Karena Istilah Rumit? Simak Kamus Istilah Investasi Emas Ini!

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here