Hadapi Krisis Ekonomi COVID-19, Intip Strategi Jitu dari 5 Investor Dunia

Pandemi korona berpotensi menyebabkan krisis ekonomi. Namun, hal tersebut tidak menghentikan investor dunia untuk tetap meraup keuntungan.

Krisis keuangan tahun 2008-2009 lalu cukup mengguncang dunia. Triliunan dolar hangus dari pasar keuangan dunia. Namun, dari sana, para investor dunia ini belajar untuk menghadapai pandemi kali ini.

investor dunia

Teguh pada satu perspektif adalah salah satu kunci sukses investor dunia memenangkan krisis ekonomi.

Investor yang cerdas adalah dia yang bisa melihat celah dalam masa krisis. Investor dunia melihat downturn sebagai masa diskon besar-besaran. Sebagai hasilnya, mereka bisa menikmati keuntungan yang sangat besar pasca-resesi.

Ingin tahu bagaimana investor dunia menghadapi krisis ekonomi?

Baca juga: FOMC: Pengaruhnya pada Kebijakan Moneter AS dan Pasar Keuangan Dunia

Strategi investor dunia di masa krisis

krisis ekonomi

Ada banyak tips yang bisa kalian dapatkan dari para investor dunia. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa kalian lakukan di masa krisis ekonomi.

#1 Pilih aset atau saham yang memiliki risiko rendah

Kuncinya, carilah perusahaan yang memiliki arus kas yang baik dan memiliki utang yang rendah.

#2 Berinvestasi pada kebutuhan pokok atau consumer staples

Pilihlah industri yang tetap akan dibeli orang, meski terjadi krisis ekonomi.

#3 Fokus pada industri non-siklus yang tahan resesi

Misalnya sektor bahan makanan, toko diskon, produsen alkohol, hingga industri kosmetik.

#4 Memastikan diversifikasi investasi kalian

Investor dunia menanam modal pada bermacam-macam industri bisa menyelamatkan modal kalian di masa krisis ekonomi.

#5 Investasi pada real estate

Sektor industri ini relatif aman dan kuat terhadap resesi.

#6 Saham berupa dividen

Dividen bisa memberikan passive income bagi kalian. Pakar menyarankan untuk memilih perusahaan yang memiliki rasio utang rendah terhadap ekuitas.

#7 Logam mulia

Emas dan perak sudah terkenal memiliki nilai yang stabil. Tidak ada salahnya menyisihkan sebagian investasi di bidang ini.

Banyaknya pilihan investasi tentu menjadi kabar baik tersendiri. Kalian bisa mulai menghitung dan menimbang investasi macam apa yang sesuai dengan kondisi kalian. Be well and invest wisely, ya!

Baca juga: Pada 2030 Perempuan Akan Kelola 30% Modal Dunia, Kok Bisa?

Lima investor dunia yang berhasil menaklukkan krisis ekonomi

krisis ekonomi

Beberapa investor dunia melihat penjualan besar-besaran sebagai momentum emas untuk meningkatkan posisi mereka di pasar. Kenali lima investor yang bisa memaksimalkan keuntungan di masa krisis ini.

#1 Warren Buffett

Warren Buffett sengaja membeli saham AS selama ekuitas jatuh akibat kemacetan kredit.

Itulah pengakuannya dalam The New York Times, bagian op-ed, pada Oktober 2008 lalu. Keahlian Buffett dalam menaklukkan masa krisis sudah tidak diragukan lagi. Di satu sisi, Buffett telah mendapatkan miliaran untuk dirinya sendiri. Slogannya adalah “menjadi takut ketika orang lain serakah, dan menjadi serakah ketika orang lain takut”.

#2 John Paulson

John Paulson dikenal dunia setelah berhasil memenangkan taruhan spektakuler melawan pasar perumahan AS selama krisis kredit. Kemasyhurannya membawa miliaran aset tambahan dan biaya manajemen investasi yang menguntungkan baik bagi dirinya dan perusahaannya.

Berkat kecerdasan investor dunia satu ini, perusahaan tempatnya bernaung bisa meraup sekitar $ 15 M selama krisis kredit pada tahun 2009.

#3 Jamie Dimon

Meski bukan seorang investor individu, Jamie Dimon berhasil menghasilkan keuntungan besar bagi JP Morgan. Dimon menggunakan kekuatan neraca banknya untuk mengakuisisi dua lembaga keuangan yang hancur, Bear Stearns dan Washington Mutual, pada krisis keuangan.

Saham JP Morgan sempat turun ke posisi terendah pada Maret 2009. Namun, jika dirata-rata, posisi terendah tersebut bernilai tiga kali lipat dibanding saham JP Morgan sepuluh tahun yang lalu. Posisi itu berhasil membuat investor dunia yang merupakan pemegang saham dan CEO JP Morgan ini menjadi jutawan.

#4 Ben Bernanke

Sama halnya dengan Dimon, Ben Bernanke bukan seorang investor melainkan seorang kepada Federal Reserve (Fed). Dia berhasil melindungi AS dan sistem keuangan global dari kehancuran. Di tengah ketidakpastian yang melanda di masa krisis, Fed tetap melanjutkan strateginya yang didasari oleh strategi pembayar pajak.

#5 Carl Icahn

Carl Icahn adalah salah satu legenda di dalam pasar keuangan. Icahn memili trackrecord yang sempurna dalam investasi sekuritas dan aset pada saat downturns.

Keahlian investor dunia satu ini adalah membeli perusahaan dan perusahaan gambling pada khususnya. Dia berhasil mengambil alih tiga aset di Las Vegas yang mengalami krisis. Kemudian, dia menjualnya dengan laba yang sangat menguntungkan ketika perekonomian sudah membaik. Kepekaan Icahn terhadap masa-masa penting pasar, berhasil membuat prediksinya selalu tepat.

Itulah beberapa investor dunia yang bisa menginspirasi kalian. Masa krisis bukanlah akhir pasar. Namun, masa itu bisa menjadi tambang emas jika kalian bisa memanfaatkannya.

Sumber: Investopedia, Enterprenuer

Simak juga:

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Recent Articles

Related Stories