Dari 6 Pilihan Investasi Ini, Mana Sih yang Paling Tepat Untuk Pemula?

Banyak manfaat didapatkan dari berinvestasi, salah satunya untuk menunjang masa pensiun kelak. Namun, untuk merasakan keuntungan investasi perlu waktu yang tidak cepat sehingga mulailah berinvestasi sedini mungkin. Lalu apa saja investasi terbaik  untuk pemula yang bisa kamu coba?

Berikut instrumen investasi terbaik untuk pemula yang bisa kamu coba

investasi terbaik untuk pemula

  • Investasi Emas

Investasi jenis ini sudah diyakini sebagai investasi terbaik secara turun temurun. Sebab, investasi jenis ini mudah sekali dijual dan diuangkan. Pastikan kamu mendapat sertifkasi resmi saat membeli emas.

Di samping itu, ada kemudahan lain apabila ingin berinvestasi emas. Dahulu ketika orang ingin berinvestasi emas, diperlukan tempat aman untuk menyimpannya seperti brankas.

Kini para investor bisa memilih investasi emas online yang tidak memerlukan budget penyimpanan. Tak hanya itu, mereka pun bisa berinvestasi dalam nominal kecil. Cukup download aplikasi Pluang, kamu bisa langsung membeli emas secara online.

Melihat harga pasar untuk emas pun tidaklah sulit, semua informasi bisa kamu dapatkan di Pluang. Pergerakan harga emas setiap hari selalu tersedia informasinya. Ada banyak diskon dan cashback yang bisa kamu manfaat saat membeli emas di Pluang.

  • Reksadana

Bagi yang belum memiliki banyak pengalaman di bidang investasi, reksadana bisa jadi pilihan untuk investasi terbaik.

Reksadana adalah mengumpulkan modal dari para investor untuk berinvestasi dalam instumen yang tersedia di pasar modal seperti saham, obligasi dan deposito. Ada manager investasi yang membantu mengelola akun investasimu.

Keuntungan pun didapat dari hasil kelola manager investasi tersebut. Reksadana juga bisa, lho, menjadi investasi terbaik bagi yang sudah berpengalaman di bidang investasi.

  • Saham

Jenis investasi ini juga terbilang investasi terbaik. Saham adalah surat berharga yang menunjukkan kamu merupakan bagian dari kepemilikan suatu badan usaha.

Investasi ini termasuk high risk dan high profit. Butuh kesabaran yang ekstra karena sifat investasi ini jangka panjang. Keuntungan yang kamu dapat dari investasi ini adalah deviden dari hasil keuntungan perusahaan.

Pelajari perusahaan yang akan kamu investasikan karena ketika perusahaan berjalan dengan baik maka keuntungan yang didapat pun semakin maksimal.

Artikel terkait: Atur Risiko Investasi Melalui Reksadana, Ini 5 Hal Dasar yang Wajib Kamu Pahami!

  • Peer to peer lending

Ini adalah investasi terbaik untuk semua orang karena terjangkau oleh semua pihak. Kamu bisa mencoba memberikan dana untuk pihak lain yang ingin mengembangkan usahanya.

Kemudian keuntungan yang didapat adalah bunga dari pengembalian pinjaman tersebut. Biasanya ada rasio keuntungan yang disepakati di awal. Pastikan kamu ikut pada pihak peer to peer lending terpercaya dan bersertifikasi OJK agar dana investasimu lebih aman. 

  • Investasi properti

Investasi properti adalah investasi untuk jangka panjang. Keuntungannya pun bisa didapat sebagai passive income kamu. Keuntungan yang didapat ada dua yaitu keuntungan sewa apabila properti kamu pergunakan untuk disewakan ke orang lain.

Yang kedua, kamu bisa mendapat keuntungan apabila menjualnya dengan harga yang lebih tinggi dibanding harga pembelian. Namun, sayangnya investasi ini bernilai sangat tinggi sehingga tidak semua pihak dapat mengaksesnya.

  • Pendidikan dan Kesehatan

Ini investasi terbaik yang harus dilakukan semua orang karena investasi tidak hanya berupa keuangan saja, tetapi juga pada diri sendiri. Seperti belajar skill baru dan mengikuti seminar/workshop dapat memperluas wawasan dan kemampuan.

Banyak kesempatan yang datang ketika kamu bisa menunjukkan potensi diri. Selain itu, investasi kesehatan juga sangatlah penting. Apabila memiliki banyak peluang namun terhalang kondisi kesehatan, maka kesempatan pun akan pupus.

Banyak hal yang bisa dilakukan saat berinvestasi kesehatan seperti rutin medical check up, berlibur, olahraga, meditasi dan sebagainya. Membangun pola pikir positif juga bisa menjadi salah satu bentuk invetasi.

Sumber: Forbes, MoneySmart, NerdWallet

Baca juga:

Tidak Kunjung Kaya? Ini 10 Alasan yang Menghambatmu Menjadi Orang Kaya

 

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here