Kenapa Investasi Emas Online Lebih Praktis dari Emas Fisik?

Generasi milenial kabarnya sudah mulai marak menabung emas. Tidak seperti generasi sebelumnya yang perlu datang ke toko dan beli emas, mereka langsung melakukannya dengan investasi emas online.

Investasi emas online yang dibeli hadir dalam bentuk virtual dan karenanya tersedia secara digital. Jika ingin menukar menjadi emas fisik, akses baru bisa didapat ketika sudah memenuhi jumlah tertentu dan membayar biaya cetak.

Ada platform investasi emas online yang perlu waktu 7 hari untuk proses cetak, juga ada yang hanya perlu 3 hari langsung agar emas fisik bisa dikirim. Semakin mudah memperoleh emas fisik tentu semakin baik.

Selain lembaga yang secara mandiri menawarkan platform, beberapa platform e-commerce  juga membuka kanal investasi emas online. Mengapa investasi ini menjadi begitu unggul? Berikut ini beberapa alasannya:

Kenapa investasi emas online lebih praktis dari emas fisik

1. Investasi Emas Online Karena Harga Lebih Murah

Harga jual emas online lebih murah dibandingkan harga emas antam karena tidak adanya ongkos cetak. Emas yang dibeli tidak langsung dicetak dalam bentuk emas.

Keuntungan dan kerugian terjadi berdasarkan fluktuasi harga pasar pada saat itu, jika pada saat itu harga tinggi, maka investasi akan untung, sementara bila sebaliknya, jika menjual pada saat harga rendah, akan mengakibatkan kerugian. Karena itu, keuntungan bisa diperoleh ketika kamu menjual lebih tinggi dari harga beli sesuai harga emas pada saat itu.

Dan ingat, bila hendak mencetak emas, ada biaya cetak dan minimum jumlah emas yang dikenakan.

Namun, perlu juga mengecek biaya lain-lain, seperti biaya administrasi bulanan, biaya titip emas, dan sebagainya.

2. Lebih Mudah Dijangkau

Hanya bermodalkan ponsel dan nomor HP, pengguna platform investasi emas daring dengan segera dapat membuka akun dan mulai membeli emas sesuai dengan dana yang dimiliki.

Emas bisa dibeli dengan cara mencicil rutin tiap bulan. Ini memungkinkan investor untuk membeli emas dengan modal lebih terjangkau.

Artikel terkait: Emas atau Perak, Pilihan Investasi Logam Manakah yang Lebih Menguntungkan?

3. Transaksi Praktis

Pembelian investasi emas daring umumnya dilayani 1×24 jam dari masa pembelian. Beberapa platform bahkan menyediakan kartu debit dan kartu kredit yang bisa digunakan, dengan cicilan gram emas sebagai saldo.

4. Harga Emas Bisa Dipantau

Aplikasi fintech yang menawarkan investasi emas juga hadir dengan pembaharuan harga jual dan beli, serta selisih harga jual-beli emas dari waktu ke waktu. Pengguna aplikasi investasi emas tertentu bahkan bisa mengecek grafik investasi emas online hingga setahun ke belakang.

 

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here