Dari 20 Juta Hingga 3,2 M, Ini Rentang Pilihan Harga Unit Pemakaman di San Diego Hills

Sudah bukan rahasia umum harga pemakaman San Diego Hills termasuk yang paling mahal di Indonesia. Biaya pemakaman memang semakin tinggi karena semakin lama tanah pemakaman semakin sempit dan tempat pemakaman menjadi semakin mahal.

Di luar negeri sana, biaya pemakaman malah sudah tergolong sangat tinggi. Pemakaman Marilyn Monroe di Westwood Village yang mencapai hingga Rp64,9 M, misalnya.

biaya pemakaman

Dengan lahan yang luas dan lingkungan yang “privat”, pemakaman mewah memang banyak diincar oleh kalangan menengah ke atas dan kelompok elite. Selain menyediakan tempat yang asri, umumnya pemakaman jenis ini dilengkapi berbagai fasilitas tambahan.

Harga pemakaman San Diego Hills yang tinggi, misalnya, disertai pula fasilitas yang mendukung biaya pemakaman ini seperti musala yang tersebar di berbagai area makam, restoran Italia, toko bunga, kolam renang, dan danau seluas 8 hektare bagi pengunjung dan pembeli unit makam.

Pemakaman San Diego Hills terletak di Kabupaten Karawang, Jakarta Barat dengan izin yang dipegang oleh PT Lippo Karawaci Tbk. Menurut keterangan perusahaan tersebut, San Diego Hills adalah pemakaman untuk umum.

Pemakaman elite ini menyediakan paket kuburan dengan banderol harga mulai dari Rp20 juta hingga Rp3,2 M.

Baca juga: Dari Melahirkan Hingga Pendidikan, Berapa Biaya Membesarkan Anak di Indonesia?

Harga pemakaman San Diego Hills

Di luar biaya pemakaman yang sudah dipatok, marketing pemakaman San Diego Hills menyebutkan bahwa masih terdapat biaya pemesanan lahan, biaya penguburan, dan biaya nisan yang mesti dipenuhi pembeli unit. Harganya pun bergantung pada lokasi atau mansion yang dipesan.

Kuburan dengan harga Rp20 juta menawarkan lahan seluas 1,6 m x 2 m tanpa pembatas yang terletak di Singaburial.

Ada pula yang seharga Rp90 juta hingga Rp180 juta dengan lahan seluas 3,6 m x 5,6 m untuk 2 sampai 6 orang, dilengkapi pembatas tembok dan dihiasi tanaman, serta meja dan kursi bagi pelawat yang berlokasi di Soferanty.

Adapun harga paling mahal ialah kuburan dengan biaya pemakaman Rp1,5 M, luas lahan 54 meter persegi, yang berlaku untuk 2-6 orang, berlokasi di Skyloun. Disediakan 5 unit pemakaman dengan tipe ini. Harga sudah termasuk biaya perawatan, keamanan, dan tidak ada biaya perpanjangan.

Untuk biaya penguburan dan nisan dipatok tersendiri. Penguburan seharga Rp4,2 juta hingga Rp120 juta. Harga Rp4.2 juta itu sudah termasuk fasilitas 30 kursi, bunga untuk ditaburkan, dan MC. Sementara harga Rp120 juta untuk tenda yang mempergunakan AC, dengan jumlah kursi lebih dari 30 tempat duduk.

Biaya untuk nisan dengan rentang Rp3,2 juta sampai Rp10 juta. Bahan dasar nisan dari garnish. Nisan umumnya dapat dilengkapi dengan nama almarhum dan foto.

Terdapat biaya berbeda untuk orang muslim dan non-muslim. Orang muslim dikenakan tarif lebih murah Rp30 juta dibandingkan non-muslim.

Baca juga: Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati, Berikut Biaya Tes Kesehatan di Jakarta

Tipe-tipe makam yang ditawarkan dengan harga pemakaman San Diego Hills

Pemakaman di San Diego Hills dapat dikategorikan berdasarkan jenis dan tipenya, di antaranya:

#1 Berdasarkan lokasi

Biaya pemakaman di San Diego Hills dikategorikan berdasarkan nuansa yang ditawarkan. Terdapat tiga jenis lokasi, yaitu lokasi dengan nuansa universal (umum), nuansa Islami, dan nuansa oriental (Tionghoa). Lokasi ini menentukan harga awal sebelum penentuan ukuran dan bangunan yang dikehendaki.

  • Nuansa universal: lokasi pemakaman ini diperuntukkan bagi semua aliran kepercayaan. Pembeli unit makam dapat memilih spesifikasi tipe universal, semi-privat, atau privat.
  • Nuansa Islami: San Diego Hills menawarkan taman dengan nuansa Islami, makam ditata sesuai dengan ajaran agama Islam, yakni dengan menghadap kiblat. Dalam taman bernuansa Islami, pembeli unit dapat memilih beberapa mansion, seperti Al Halim, Al Jamil, Mercy, atau Isya.
  • Nuansa Oriental: taman ini dipilih pembeli unit makam yang menyukai nuansa Tiongkok, pembeli dapat memilih Bong Pi, Chrysant, Jade, Lotus, Peony, Perl Mansion’s Private Pavilion, atau Willow.

#2 Harga Pemakaman San Diego Hills berdasarkan kelas

Berdasarkan kelasnya, San Diego Hills membedakan dalam kategori bentuk dan luas makam.

  • Single: kelas ini bisa dipesan secara satuan, ukuran bervariasi sesuai tubuh calon konsumen, seperti ukuran 1,1×3,0 m, 1,4×3,0 m, dan 1,5×2,6 m.
  • Semi-privat: kelas ini diperuntukkan bagi pasangan suami-istri yang ingin dimakamkan bersebelahan. Kapasitas untuk dua orang dengan bentuk makam yang diberi pembatas, ukurannya di antaranya 26 meter persegi, 18,3 meter persegi, 16,9 meter persegi, 16,7 meter persegi, dan 13,5 meter persegi.
  • Privat: makam ini dapat menampung 4 orang atau lebih. Ini adalah kelas tertinggi yang ditawarkan dalam biaya pemakaman San Diego Hills. Pemilik unit ini bahkan dapat juga membangun pondok atau gazebo yang mengelilingi makam untuk menambah kenyamanan berziarah. Ukurannya terdiri atas beberapa kategori yakni 104,9 meter persegi, 92,8 meter persegi, 39 meter persegi, 35,2 meter persegi, dan 26,2 meter persegi.

#3 Berdasarkan estimasi biaya

Estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk pemakaman akan menyesuaikan dengan tipe-tipe di atas. Berikut perhitungan untuk jenis yang dipilih:

  • Single: pada kelas ini, baik memilih nuansa universal, Islami, ataupun oriental, pembeli unit akan dikenakan biaya Rp99 juta per pembeli unit apabila membayar secara tunai. Beberapa biaya tambahan akan dikenakan jika mencicil atau kredit.
  • Semi-privat: dalam kelas ini, lokasi dan ukuran makam sangat mempengaruhi harga. Harga net pada makam di lokasi universal ialah Rp356.051.300 (Taman Bong Pi), Rp359.500.130 (Taman Serenity), dan Rp365.200.000 (Taman Willow), dan Rp399.300.000 (Taman Serenity Extension). Untuk kuburan bernuansa Islami, senilai Rp244.750.000 (16,9 meter persegi) dan Rp275.000.000 (18,3 meter persegi).
  • Privat: biaya makam pada kategori ini bervariasi tergantung pada ukuran dan lokasi makam, estimasinya ialah Rp627.566.610 (39 meter persegi), Rp774.950.000 (26,2 meter persegi), Rp1.106.050.000 (35,2 meter persegi), dan Rp3.147.000.000 (104,9 meter persegi). Sementara, untuk pemakaman dengan nuansa Islami, dikenakan estimasi biaya Rp1.439.156.950 (92,8 meter persegi).

Sumber: Liputan 6, Merdeka, Tagar

Simak juga:

Penebangan Liar hingga Prostitusi, Ini 5 ‘Barang’ Pasar Gelap Indonesia yang Hasilkan Triliunan Rupiah

Demi Nawacita, Jokowi Kembangkan Tol Laut untuk Pengembangan Daerah Terpencil

Nadiem Makarim sebagai Menteri Termuda dengan Ide Segar, Ini 5 Menteri Muda Lain dari Seluruh Dunia

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here